Konsumsi 7 Camilan Sehat Penambah Darah Ini Setelah Donor Darah – Tasty Snack Indonesia

Konsumsi 7 Camilan Sehat Penambah Darah Ini Setelah Donor Darah

Setelah melakukan donor darah, tubuh kita membutuhkan waktu untuk pulih dan menggantikan darah yang hilang. Makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mempercepat proses pemulihan.

Memilih camilan sehat yang dapat meningkatkan produksi darah adalah pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Darah yang sehat dan cukup dapat membantu memelihara fungsi organ, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mencegah anemia. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 camilan sehat yang dapat kamu konsumsi setelah donor darah untuk membantu meningkatkan kadar darah kamu.


1 | Almond

Almond adalah camilan yang bagus untuk menambah darah karena mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk zat besi. Zat besi adalah mineral yang penting untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah mengandung hemoglobin, protein yang berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, almond juga mengandung vitamin B, seperti vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niasin), yang membantu dalam metabolisme sel darah merah. Vitamin B2 berperan dalam konversi nutrisi menjadi energi, sementara vitamin B3 membantu dalam sintesis DNA, yang penting untuk produksi sel darah merah yang sehat.

Kamu bisa ngemilin almond dari Nutify dan Springdale yang bebas MSG dan tanpa tambahan perasa buatan. Kalau kamu mau almond dengan rasa yang unik, bisa cobain snack almond HBAF dari Korea rasa tteokbokki, cookie & cream dan starlight pangpang. 


2 | Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, dan lentil, kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral penting yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, kamu dapat meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh, membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Biasanya camilan yang disajikan setelah donor darah adalah bubur kacang hijau. Bikin stamina kamu balik lagi sekaligus ngenyangin!


3 | Kurma

Kurma mengandung zat besi, jadi dengan mengonsumsinya maka kamu bisa meningkatkan produksi sel darah merah setelah donor darah. Kurma juga mengandung asam folat, atau vitamin B9, yang penting untuk produksi dan pertumbuhan sel darah merah. Asam folat membantu dalam sintesis DNA dan RNA, yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat.

Kalau kamu tidak suka ngemil kurma, ada snack yang mengandung kurma dan bahan-bahan bergizi lainnya yaitu Chiareal Dates & Honey dari Nutify. Selain kurma, snack sehat ini juga terbuat dari 15% chia seed organik dari Mexico, 45% oat, almond, dan madu, serta dilengkapi dengan gula kelapa dan santan. Camilan sehat dan super enak ini bisa menjadi makanan ringan mengenyangkan yang praktis disantap setelah donor darah. Bye bye lemes!


4 | Buah-buahan Kaya Vitamin C

Sumber: Forager

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, dan paprika merah mengandung vitamin C yang membantu tubuh dalam menyerap zat besi dengan lebih baik. Mengonsumsi buah-buahan kaya vitamin C setelah donor darah dapat membantu meningkatkan efektivitas penyerapan zat besi dan mempercepat pemulihan.

Jika tak memungkinkan membawa buah segar, kamu bisa membawa buah kering sebagai cemilan. Lebih praktis dan tahan lama, dengan nutrisi yang sama baiknya. Misalnya saja stroberi kering dari Forager. Produk asal Australia ini menggunakan 100% buah asli tanpa bahan tambahan, jadi semua manfaat buah stroberi bisa kamu dapatkan disini.


5 | Biji Selasih

Biji selasih atau chia seed selama ini dikenal sebagai pelengkap dessert. Dibalik ukurannya yang kecil, ternyata ia punya nutrisi yang begitu banyak, misalnya saja zat besi, asam folat dan omega-3, yang semuanya bagus dalam mendukung produksi sel darah merah. Membuat proses pemulihan pasca donor darah jadi lebih cepat.

Kini sudah banyak camilan sehat yang menggunakan biji selasih sebagai bahan utama, yang biasanya dipadukan dengan biji-bijian atau buah kering, sehingga rasanya pun lebih bervariasi. Kamu bisa mencoba Chia Shot Coconut & Lemon dari Nutify yang terbuat dari chia seed import asal Meksiko, air kelapa dan lemon, sehingga rasanya lebih segar. Camilan sehat yang sangat bagus untuk detoks tubuh kamu!


6 | Dark Chocolate

Dark chocolate yang mengandung setidaknya 70% kakao adalah sumber flavonoid dan zat besi. Flavonoid adalah suatu jenis senyawa fitokimia yang ditemukan dalam kakao. Flavanol memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan sel darah merah dan meningkatkan kesehatan sirkulasi darah.

Dibantu dengan adanya zat besi, mengonsumsi dark chocolate dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah juga. Tapi jangan asal pilih coklat ya, karena coklat yang bagus untuk jadi camilan setelah donor darah adalah coklat yang memiliki kandungan kakao minimal 70%. 


7 | Greek Yogurt

Greek yogurt mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Kamu bisa mencampurnya dengan buah segar atau kacang-kacangan yang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan vitamin B12 dalam tubuh. Selain tiga nutrisi tadi, Greek yogurt juga kaya protein dan asam folat, yang merupakan bahan dasar untuk membangun sel darah merah. 

 


Setelah melakukan donor darah, penting untuk memberikan tubuh kita asupan nutrisi yang tepat agar pulih dengan cepat dan mengembalikan stok darah yang hilang. Jangan lupa untuk minum banyak air putih dan istirahat yang cukup untuk memastikan pemulihan yang optimal. Temukan lebih banyak pilihan snack sehat disini yuk!