Back to Work! Tips dan Trik Ngopi yang Bikin Semangat Kerja – Tasty Snack Indonesia

Back to Work! Tips dan Trik Ngopi yang Bikin Semangat Kerja

Kopi adalah bagian yang tak terpisahkan dari para pekerja. Ngopi menjadi kegiatan ‘sakral’ dan bagian dari rutinitas wajib di pagi hari. Ada yang menyeduh segelas kopi di rumah atau membelinya saat menuju ke tempat kerja.

Ketika liburan usai, hal pertama yang terlintas agar cepat kembali fokus adalah dengan menyeruput secangkir kopi hangat.  Tapi selain menghilangkan rasa kantuk, kopi memang punya banyak manfaat untuk kita.


Manfaat Minum Kopi Saat Bekerja

Berikut adalah 4 alasan mengapa secangkir kopi sangat berkontribusi di tempat kerja.

1 | Kopi Meningkatkan Produktivitas

Di luar manfaat menenangkan yang ditawarkannya, secangkir kopi dapat meningkatkan efisiensi karyawan di tempat kerja. Istirahat singkat untuk sekedar ngopi dapat membantu karyawan bersosialisasi dan bertemu dengan rekan kerja lain dalam obrolan yang menyenangkan dan santai. Hasilnya membuat karyawan lebih bahagia dan lebih semangat bekerja karena istirahat sambil ngopi dapat menjaga produktivitas sepanjang hari.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan ketika 80% karyawan diberi insentif seperti kopi dan teh gratis, mereka lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik di tempat kerja.


2 | Kopi Membantu Fokus dan Meningkatkan Fungsi Memori

Menurut sebuah studi, kopi dapat membantu karyawan fokus, meningkatkan fungsi motorik dan kognitif, meningkatkan memori jangka pendek, dan membantu meningkatkan akurasi reaksi. Namun, asupan kafein yang berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan seseorang. Oleh karena itu, tetaplah pada asupan kafein yang dianjurkan per hari yaitu maksimal 200 mg  per hari (setara 2 cangkir kopi).


3 | Kopi Menciptakan Budaya Kerja yang Positif

Tersedianya kopi di kantor tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, tetapi juga memfasilitasi kerja tim juga. Sebuah studi MIT menemukan bahwa coffee break memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kekompakan anggota tim di tempat kerja.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan kebiasaan ngopi juga bisa memupuk kepercayaan, kerjasama, dan kolaborasi yang lebih besar. Hasilnya membuat waktu ngopi bersama rekan kerja menjadi cara yang bagus untuk saling bertukar ide, pendapat, berbagi, dan menciptakan ide-ide baru.


4 | Kopi Meningkatkan Sosialisasi

Minum kopi di kantor adalah cara sederhana di lingkungan kerja yang bisa membantu meningkatkan suasana hati para karyawan bahkan perusahaan. Bertemu dengan rekan kerja saat minum kopi seringkali merupakan kesempatan terbaik untuk bertanya tentang kondisi mereka, bagaimana kabarnya, dll.

Coffee break seringkali memberi kesempatan kepada karyawan untuk menghabiskan waktu bersama daripada membahas pekerjaan mereka. Kopi membuka kesempatan pada seluruh karyawan untuk bersosialisasi. Setuju?


Tips dan Trik Memaksimalkan Manfaat Kopi

Ada langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan manfaat minum kopi dan menjadi lebih produktif saat bekerja. Berikut beberapa tips yang Tasty Snack himpun dari CNBC Make It tentang bagaimana mendapatkan manfaat maksimal dari kopi.


1 | Jangan langsung minum kopi saat bangun tidur

Membayangkan segelas kopi hangat mungkin menjadi satu-satunya motivasi kamu untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari. Namun minum kopi sesaat setelah bangun tidur dapat mengurangi tingkat energi alami tubuh kamu lho!

Pakar manajemen dan ilmu perilaku Daniel Pink dalam bukunya "When: The Scientific Secrets of Perfect Timing," Pink mencatat, berdasarkan penelitian dari beberapa studi menunjukkan waktu terbaik untuk minum secangkir kopi pertama kita adalah sekitar 60-90 menit setelah kita bangun tidur.

Kenapa? Karena kafein bisa mengganggu produksi kortisol, hormon yang memberi sinyal tubuh kita untuk bangun dan responsif. Menurut penelitian ini, tingkat kortisol biasanya mencapai puncaknya sekitar pukul 8:30 pagi.


2 | Pilih bahan yang tepat

Biji kopi memiliki tingkat kafein yang berbeda tergantung pada cara mereka dipanggang. Jika kamu merasa lesu dan mencari dorongan energi yang lebih kuat, pilihlah kopi yang berlabel "light roast". Semakin gelap warna biji kopi, semakin banyak kafein yang terbakar.

Juga penting untuk memperhatikan kopi mana yang sedang musim untuk mendapatkan rasa dan kandungan kafein terbaik. Serta pertimbangkan pula kualitas air yang kamu gunakan untuk menyeduh kopi, karena jika kualitas air buruk, akan mempengaruhi kualitas kopinya juga.


3 | Lakukan "nappucino"!

Kopi dan tidur siang adalah kombinasi sempurna untuk mengembalikan energi dan fokus yang hilang. Sebuah studi di Inggris dan Jepang telah menunjukkan bahwa jika kita minum kopi sebelum tidur siang dan tidur maksimal 20 menit, kita dapat fokus pada pekerjaan lebih baik dibandingkan melakukan salah satunya (minum kopi saja atau tidur siang saja).

Kenapa nappucino direkomendasikan? Sederhananya, tidur mengurangi jumlah adenosin, zat kimia yang membuat kita merasa lelah, di otak dan tubuh kita. Kafein membutuhkan sekitar 20 menit untuk mulai bekerja, membantu menghambat adenosin. Dengan tidur selama 20 menit, kita mengurangi jumlah adenosin dalam sistem dan memberikan lebih sedikit kafein, sehingga efeknya lebih efektif.


Selain menyediakan kopi instan yang bisa dinikmati langsung di pantry kantor, Tasty Snack juga bekerjasama dengan beberapa brand kopi ternama asli Indonesia yang bisa Anda nikmati langsung di meja kerja Anda dengan berlangganan pantry management service kami.

Untuk info lebih lanjut tentang pantry management service kami, Anda dapat langsung menghubungi kami disini