10 Takjil Khas Indonesia yang Selalu Dicari Saat Bulan Puasa – Tasty Snack Indonesia

10 Takjil Khas Indonesia yang Selalu Dicari Saat Bulan Puasa

Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh. Setiap hari dari fajar hingga senja, mereka tidak makan dan minum apa pun, bahkan merokok sekalipun tidak. Sehingga momen iftar atau berbuka puasa menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu.

Biasanya, orang pertama-tama berbuka dengan minum minuman hangat atau dingin dan makan camilan manis agar perut perlahan menyesuaikan diri dengan makanan lagi setelah pantang lebih dari 12 jam, dan minum minuman manis untuk mengisi kembali energi. Berikut 10 takjil khas Indonesia yang selalu dicari untuk berbuka puasa.

 

1 | Kolak

Banyak yang menyarankan jika berbuka puasa dimulai dengan makanan manis. Selain iklan sirup yang sering kita lihat di iklan TV, kolak merupakan jenis makanan yang kerap menandakan datangnya bulan Ramadhan. Jika mendengar kata kolak, pasti yang pertama kali terlintas di benak kita adalah Ramadhan, bukan?

Di Indonesia, dessert berbahan dasar santan ini memiliki banyak variasi. Namun hampir di seluruh wilayah Indonesia, pisang selalu menjadi andalan dalam menciptakan cita rasa kolak yang nikmat. Namun demikian, kamu juga bisa memvariasikan isian kolak favorit dengan nangka atau singkong untuk rasa yang beda! 


2 | Kurma

Kurma sangat mudah ditemukan di sebagian besar supermarket atau pasar tradisional selama Ramadhan. Makanan khas Timur Tengah ini dianggap makanan terbaik untuk berbuka puasa, karena rasanya sangat manis dan bergizi. Kurma dipercaya punya manfaat kesehatangyhyhu seperti mengatasi anemia, menjaga kekuatan gigi dan tulang, mencegah stroke, serta mencegah penyakit jantung koroner.

Kamu bisa membeli kurma di supermarket terdekat karena biasanya stoknya banyak saat menjelang Ramadhan. Rasanya yang manis membuat buah ini cocok untuk menjadi starter menu buka puasa. Cukup makan dua buah kurma dan segelas air, sudah bisa membuat kamu kenyang lho!


3 | Es Pisang Ijo

Salah satu dari sekian banyak minuman khas Ramadhan yang populer adalah minuman dari Makassar yaitu Es Pisang Ijo. Es ini terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung yang sudah diwarnai hijau. Disajikan dengan santan, sirup coco pandan dan es serut membuat minuman ini semakin menyegarkan.

Bayangkan setelah seharian berpuasa, rasa manis dan segar tentu akan membuat buka puasa Anda terasa lebih nikmat. Jadi enak!


4 | Kicak

Kicak adalah salah satu makanan berbuka puasa paling populer ketika kamu menjalani puasa Ramadhan di Yogyakarta. Terbuat dari beras ketan yang dihaluskan, dicampur dengan parutan kelapa dan irisan nangka sebagai pelengkap. Rasa manis dan aroma buah nangka akan menggugah selera, apalagi jika dibungkus dengan daun pisang. Jajanan ini bisa kamu temukan di daerah Kauman, Yogyakarta, tempat asalnya. Sudah pernah coba?

 

5 | Es Teler

Hampir mirip dengan es buah, es teler memiliki ciri khas menggunakan potongan buah alpukat di dalamnya. Selain itu di es teler biasanya juga menggunakan kelapa muda, nangka, dan sirup, susu kental manis atau gula cair untuk pemanisnya. Es teler juga memiliki banyak variasi di beberapa daerah di Indonesia. Di Jawa Barat, es teler dikenal dengan nama es doger yang kadang ditambah isian tape, ketan hitam, dan beberapa buah lainnya.

 

 

6 | Sotong Pangkong

Sumber: Tribun Travel

Meskipun mayoritas Kalimantan Barat adalah keturunan Tionghoa, tak sedikit pula yang menjalani puasa. Mereka punya makanan khas sendiri yang “muncul” hanya saat Ramadhan yaitu Sotong Pangkong. Terbuat dari sotong, yang dipanggang di atas api arang. Setelah dipanggang, lalu sotong ditumbuk agar lebih empuk dan kenyal.

Sotong pangkong gurih ini disajikan dengan dua macam saus: saus udang dan saus kacang. Jika kebetulan sedang berada di Pontianak saat Ramadhan, sajian lezat nan menggugah selera ini bisa ditemukan di sepanjang Jalan Merdeka. Beli yang banyak ya buat oleh-oleh!

 

7 | Sate Susu

Sumber: Travel Kompas

Bagi umat Islam di Bali, Sate Susu menjadi makanan wajib saat berbuka puasa. Terbuat dari ampela sapi, dibumbui dengan bumbu tradisional yang dipanggang di atas arang, Sate Susu digemari bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga karena manfaatnya bagi tubuh yaitu meningkatkan stamina saat berbuka puasa. Untuk menikmati seporsi sate susu, kamu cukup membayar sekitar Rp 10.000 saja. Datanglah ke Kampung Jawa di Denpasar jika kamu penasaran untuk mencicipinya!

 

8 | Es Timun Suri

Es Timun Suri adalah minuman khas Ramadhan yang fenomenal karena kebanyakan orang salah mengira bahwa buah ini hanya tumbuh pada bulan Ramadhan. Padahal faktanya, buah timun suri sebenarnya bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun, tetapi biasanya petani mulai menanam sebelum Ramadhan untuk memenuhi permintaan tahunan.

Timun Suri berbentuk seperti melon dan mengandung banyak sari buah. Biasanya disajikan dengan sirup coco pandan, madu atau susu kental manis. Mau tambah segar? Tambahkan sedikit air jeruk nipis untuk rasa segar asam manis. Meski aslinya berasal dari Cirebon, Jawa Barat, kini buah ini banyak dijual di sepanjang jalan selama bulan puasa.

 

 

9 | Es Buah

Baik di rumah, pasar, atau bahkan di kantor, yang namanya es buah akan selalu menjadi menu buka puasa favorit yang digemari saat Ramadhan tiba. Dengan berbagai jenis buah di dalamnya, menu es buah ini benar-benar bisa mengembalikan kesegaran yang hilang sepanjang hari. Apalagi ditambah sirup dan susu kental manis, dessert berbuka puasa ini pasti menggugah selera.

 

 

10 | Gorengan dan Jajanan Pasar Lainnya

Indonesia memiliki banyak gorengan yang sering dijajakan oleh pedagang kaki lima. Menu ini populer juga sebagai cemilan buka puasa, pertolongan pertama untuk mengobati rasa lapar dengan cepat. Gorengan selalu menjadi menu wajib yang tidak pernah ketinggalan saat berbuka puasa, meskipun ada banyak takjil unik dari berbagai daerah di Indonesia.

Bersamaan dengan jajanan pasar lainnya seperti lontong dan lemper, gorengan sukses menjadi salah satu menu buka puasa populer yang mudah didapat dan cukup ringan untuk disantap. Pasti siapapun gak akan bisa menolak gorengan selama Ramadhan!



Jadi, mana menu buka puasa favorit kamu? Pastikan untuk tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan ya! Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan banyak minum air putih sebelum memulai puasa. Banyak pilihan snack manis dan enak untuk berbuka puasa yang bisa kamu order disini untuk persiapan berbuka puasa di jalan. Happy hunting!