Makan 8 Cemilan Malam Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak – Tasty Snack Indonesia

Makan 8 Cemilan Malam Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Tidur adalah kegiatan favorit semua orang, namun tak banyak orang yang bisa menikmati tidur nyenyak. Padahal, tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita lho! Kabar baiknya, beberapa makanan dan minuman mengandung senyawa yang membantu mengontrol siklus tidur, artinya dapat membantu kita untuk tertidur dan tidur nyenyak.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan ringan terbaik untuk membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas dan yang pastinya aman dikonsumsi saat malam hari. Let’s check it out!

 

 

Almond

Almond kaya akan magnesium, mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tidur juga kesehatan tulang. Berdasarkan hasil salah satu penelitian, orang dewasa yang mengalami insomnia lalu mengonsumsi suplemen magnesium sebelum tidur setiap hari dapat tertidur lebih cepat, tidur lebih berkualitas di malam hari, dan dapat bangun tepat waktu dengan lebih mudah. Tapi kenapa harus minum obat kalau sekarang banyak snack kacang almond yang enak bisa dikonsumsi setiap saat, salah satunya snack kacang almond dari HBAF.

Ada 4 varian rasa yang bisa kamu pilih: Tteokbokki Almond, Starlight Pangpang Almond, Cherries Jubilee Almond dan Cookie & Cream Almond. Semuanya asli dari Korea dan kamu bisa mencoba semua rasanya di Tasty Snack. Stok yang banyak di rumah untuk teman ngemil malam yang bisa bikin kamu cepat tidur!

 

 

Keju

Sumber: Forager Fruits

Mungkin gak asing di telinga kamu jika dulu orang tua sering menyuruh kita minum susu hangat sebelum tidur supaya cepat mengantuk, dan ternyata itu terbukti benar lho! Sebuah studi menemukan bahwa banyak produk dari susu yang bisa membantu kita tidur lebih cepat. Tryptophan dalam keju adalah asam amino yang mendorong pelepasan melatonin. Hormon melatonin membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, meningkatkan rasa kantuk, dan juga dapat meningkatkan jumlah waktu tidur.

Kalsium dalam keju juga membantu mengatur pergerakan otot, artinya kamu juga terhindar dari kram saat tidur. Keju, terutama jenis swiss atau cheddar, adalah dua jenis keju dengan sumber triptofan yang baik. Tapi menyimpan keju agar tetap awet cukup tricky, jadi daripada ribet, kamu bisa stok Forager Freeze Dried Tasty Cheddar aja! Terbuat dari 100% susu dari Australia, tanpa pengawet dan bahan tambahan lainnya, keju kering ini bisa tahan 2 tahun dalam suhu ruangan lho meskipun disimpan dalam zipper pouch. Praktis kan?

 

 

Pretzel

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan ringan seperti pretzel dan keripik jagung memiliki indeks glikemik yang tinggi. Setelah memakannya, kadar gula darah dan insulin akan melonjak, sehingga membuat kamu cepat tertidur.

Kini pretzel tebal dan besar yang biasa kamu lihat ada versi mininya lho dan ini lebih praktis dibawa kemana saja. Olly’s Pretzels Thins bisa jadi cemilan malam saat insomnia kambuh. Pretzel super tipis yang diproses dengan cara oven-baked, sehingga kandungan kalorinya pun cukup rendah. Dijamin gak bikin gemuk deh!



Buah Ceri

Sumber: Forager Fruits

Sama halnya dengan keju, ceri juga mengandung banyak melatonin, hormon utama yang mengatur siklus tidur kita. Mengonsumsi buah ceri segar atau jus ceri bisa meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh, yang membantu kita lebih cepat tidur. Kalau kamu terlalu malas untuk membuat jus atau malas stok ceri di rumah karena takut busuk, solusinya adalah dengan mengonsumsi buah ceri kering.

Forager sebagai salah satu merek snack ternama asal Australia terkenal dengan berbagai jenis cemilan yang dibuat melalui proses freeze-dried, seperti keju dan juga buah. Forager Fruits Freeze Dried Cherries adalah cemilan malam terbaik untuk kamu yang tetap mau makan buah tapi gak mau ribet!

 

 

Greek Yogurt

Dairy product lainnya yang kaya melatonin adalah yogurt. Yogurt mengandung melatonin, yang meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi risiko terbangun di tengah malam. Selain kaya melatonin, yogurt juga sumber protein yang kaya, yang baik dalam mengontrol lonjakan gula darah.

Namun kamu harus lebih teliti, karena plain yogurt dan Greek yogurt meskipun serupa dan terbuat dari bahan yang sama tetapi nutrisinya berbeda. Plain yogurt cenderung memiliki lebih sedikit kalori dan lebih banyak kalsium, sementara Greek yogurt mengandung lebih banyak protein, lebih sedikit gula dan konsistensi yang jauh lebih kental.

 

 

Popcorn

Popcorn adalah sumber karbohidrat rendah kalori berkualitas tinggi yang terbuat dari biji-bijian kaya serat. Jadi selama kamu gak menambahkan mentega atau garam, popcorn sangat recommended sebagai cemilan sehat dan aman dikonsumsi sebelum tidur. Dalam sebuah studi dijelaskan jika karbohidrat membantu proses pembentukan tryptophan, asam amino yang menyebabkan kantuk dan membuat durasi tidur jadi lebih lama dibandingkan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya seperti burger dan pizza.

 

 

Oatmeal

Identik dengan sarapan, oatmeal menjadi pilihan cemilan malam yang aman dikonsumsi. Ada alasan mengapa oatmeal direkomendasikan sebagai menu sarapan untuk mengawali hari, karena oatmeal kaya karbohidrat kompleks dan serat, nutrisi yang membuat kita kenyang dan bertenaga sepanjang hari. Tapi yang lebih spesial lagi, oatmeal juga tinggi melatonin, yang membantu kita lebih rileks ketika tidur. Unik kan? Oatmeal bisa bikin kita cepat kenyang, tapi juga bisa bikin kita cepat mengantuk.

Oatmeal juga mudah disiapkan dan bisa membuat tidur nyenyak jika dimakan sebelum tidur. Kaya akan magnesium, silikon, kalsium, fosfor, dan potasium, yang semuanya bisa meningkatkan kualitas tidur. Tapi ingat, jangan konsumsi lebih dari 200 kalori dan jangan menambahkan banyak gula atau manisan ya! Bukannya ngantuk, kamu justru bisa melek semalaman.

 

 

Teh Chamomile

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Medicine Report, menyeruput secangkir teh chamomile penghilang stres akan membantu kamu tidur lebih nyenyak. Kegiatan minum teh dipercaya bisa meningkatkan glisin, zat kimia yang melemaskan saraf dan otot serta bertindak sebagai obat penenang.

Kandungan super lainnya, apigenin, merupakan antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak kita yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia. Gak percaya? Cobain sendiri deh!

 

 

Ada banyak snack sehat yang bisa kamu stok di rumah sebagai cemilan malam pengantar tidur. Banyak diantaranya snack rendah kalori, jadi kamu gak perlu takut gemuk meskipun ngemil malam hari. Perut kenyang, hati senang, tidur pun tenang deh. Semoga informasinya bermanfaat ya!