6 KEGIATAN YANG BAGUS UNTUK KESEHATAN MENTAL KAMU

6 KEGIATAN YANG BAGUS UNTUK KESEHATAN MENTAL KAMU

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. Kondisi kesehatan mental sangat mempengaruhi pikiran kita dan ketika sudah terpengaruh, akan berdampak pada hubungan personal hingga produktivitas di tempat kerja.

Sebenarnya menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan mengatasi tanda-tanda gangguan mood, stres dan penyakit mental lainnya sebelum akhirnya berdampak serius pada kualitas hidup kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental, antara lain istirahat atau tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Berikut adalah daftar kegiatan yang sudah terbukti bagus untuk kesehatan mental kita. Yuk mulai peduli dengan kesehatan mental kita dengan rutin lakukan aktivitas ini!


MEMBUAT JURNAL HARIAN

Terapi membuat jurnal harian adalah salah satu cara sederhana untuk membantu mengendalikan gejala dan memperbaiki suasana hati. Dengan rutin menulis tentang peristiwa yang memunculkan kemarahan, kesedihan, kecemasan, atau kegembiraan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa mengenali pemicu dan mempelajari cara untuk mengendalikannya dengan lebih baik. Yang bisa mengontrol suasana hati dan pikiran kita adalah diri kita sendiri, jadi semakin kita mengenal diri sendiri maka semakin mudah untuk menjaga mental kita tetap sehat.


OLAHRAGA TERATUR

Rutin berolahraga dapat membantu meringankan depresi dan kecemasan dengan melepaskan hormon endorphin, sehingga kita merasa lebih baik. Olahraga teratur dapat memberikan perasaan bahagia, merasa lebih bersemangat sepanjang hari, tidur lebih nyenyak di malam hari, ingatan jadi lebih tajam, lebih rileks dan positif dalam melihat kehidupan.

Tidak peduli usia atau sebagus apapun kondisi fisik kita, olahraga adalah alat yang ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Tidak perlu olahraga berat, cukup 15-30 menit berjalan kaki setiap hari saja bisa membantu menjernihkan pikiran sehingga kita bisa lebih fokus. Berjalan-jalan dapat membantu meredakan stres, rasa cemas dan depresi. 


MAKAN MAKANAN SEHAT DAN MINUM YANG CUKUP

Sama pentingnya dengan olahraga, makan dan minum pun sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan makan makanan sehat dapat membantu kita lebih fokus dan bisa mengurangi stres. Makan makanan sehat juga mendorong pertumbuhan bakteri "baik", yang bisa meningkatkan produksi neurotransmitter sehingga pesan positif yang sampai ke otak bisa sejalan dengan suasana hati kita.

Masukkan buah, sayuran, biji-bijian dan makanan rendah lemak (utamakan yang mengandung lemak tak jenuh) dalam daftar menu diet, karena makanan-makanan ini mampu membantu melindungi kesehatan mental kita. Kamu bisa mulai memasukkan cemilan sehat untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi, seperti cemilan sehat rasa buah Neo GrainVege Roll atau cemilan yang terbuat dari granola seperti Verlin Mixed Berry Clusters. Kedua snack sehat ini adalah pilihan sempurna untuk cemilan kamu. Masih banyak snack sehat lainnya yang bisa kamu pilih disini.


TIDUR YANG CUKUP

Tidur adalah proses penting yang tidak bisa kita lewatkan setiap harinya agar bisa beraktivitas secara maksimal. Tidur membantu memperbaiki dan memulihkan otak, bukan hanya tubuh kita. Tidur yang cukup, terutama tidur yang masuk fase REM (Rapid Eye Movement) atau fase terakhir dan terdalam, dimana kita mulai bermimpi, itu akan sangat mempengaruhi kemampuan kita dalam mengingat dan mengendalikan diri. Jadi jangan heran, kalau kamu kurang tidur, pasti kamu lebih cepat marah dan stres.


SELF-CARE

Self-care atau perawatan diri artinya kita bersedia meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membantu kita hidup lebih baik serta mampu meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita. Self-care bisa membantu mengelola stres, menurunkan risiko penyakit, dan meningkatkan energi kita. Selain itu, self-care bisa mempengaruhi cara kita berpikir dan berbicara tentang diri kita sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri kita. Setuju?


NGEMIL

Siapa disini yang suka ngemil? Tahukah kamu kalau ngemil ternyata bagus lho buat menjaga mood kita bagus sepanjang hari. Apalagi kalau kamu ngemil cemilan manis, karena kandungan gulanya mampu melepaskan dopamin yang membuat kita lebih bahagia dan bersemangat. Dopamin adalah neurotransmitter penting yang berperan dalam mengendalikan respon emosional. Jadi dengan ngemil coklat, permen, donat dan makanan manis lainnya bisa membuat kita jadi lebih rileks saat menghadapi masalah dan bawaannya happy terus!

Cemilan manis gak harus yang tinggi gula, karena sekarang sudah banyak cemilan low sugar yang aman untuk kamu konsumsi. Kamu bisa cobain Verlin - Dark Choco Cluster, snack sehat tanpa gula tambahan, bebas pengawet, gluten free, terbuat dari granola yang dilapisi kacang almond dan dark chocolate yang kaya serat dan tinggi protein. Atau kamu lagi pengen cemilan manis yang crispy? East Bali Cashews - Krispi Puffs Cokelat menggunakan sorgum, pemanis pengganti gula yang kandungan kalorinya setengah kali lebih rendah dari gula pasir biasa. Krispi Puffs bebas bahan pengawet, teksturnya renyah, dilapisi potongan kacang mete dan coklat, perpaduan rasa gurih dan manis yang sempurna.


Karena untuk menjaga kesehatan mental kamu butuh ngemil, terutama cemilan sehat, sekarang kamu tidak perlu pusing lagi harus mencarinya dimana. Kamu bisa mendapatkan cemilan sehat di www.tastysnack.id. Ada banyak snack sehat dengan berbagai varian rasa dari berbagai negara, jadi kamu gak akan kehabisan stok makanan sehat. Fyi, ngemil adalah bentuk self-care juga lho. Happy tummy is happy me!