7 MAKANAN SEHAT INI BISA KURANGI RISIKO KANKER – Tasty Snack Indonesia

7 MAKANAN SEHAT INI BISA KURANGI RISIKO KANKER

Apa yang kita makan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara signifikan lho, termasuk risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Perkembangan sel kanker, khususnya, telah terbukti sangat dipengaruhi oleh pola makan kita. Tapi tenang saja, karena banyak makanan mengandung senyawa bermanfaat yang dapat membantu mencegah atau mengurangi pertumbuhan sel kanker. Berikut 7 makanan sehat yang bisa kurangi risiko penyakit kanker. Let’s check it out!



BROKOLI

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa tanaman yang ditemukan dalam sayuran dan memiliki sifat antikanker. Merujuk pada sebuah studi yang dibahas Healthline, sulforaphane berhasil mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%. Selain kanker payudara, mengonsumsi brokoli beberapa kali per minggu dapat membantu melawan kanker prostat, kanker kolon dan kanker mulut. Brokoli bisa disajikan dalam berbagai cara sehat dan lezat, termasuk dimakan begitu saja sebagai camilan yang sehat, enak dan praktis. 

 

 

WORTEL

Sayuran berwarna oranye yang sangat mudah kita jumpai ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, kanker prostat dan kanker paru-paru. Sayuran yang disukai berbagai kalangan ini mengandung beta-karoten, antioksidan yang diyakini para ilmuwan dapat melindungi membran sel dari kerusakan akibat racun dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, wortel juga mengandung vitamin dan fitokimia lain yang diyakini bisa mengurangi risiko kanker mulut, kerongkongan, dan perut. Jika kamu ingin memasak wortel, biarkan utuh saat dikukus atau direbus, dan potong setelah matang, untuk mencegah hilangnya nutrisi, termasuk falcarinol, dan juga membuat rasa wortel jadi lebih manis.

 

 

KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan dikenal sebagai pilihan makanan yang sangat sehat dan mengenyangkan, sehingga banyak yang mengkonsumsinya sebagai snack diet. Good news buat para pelaku diet! Kacang juga mampu mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh lho. Kacang tinggi serat dan mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan menetralkan zat-zat reaktif yang bisa merusak DNA sel dan memicu pertumbuhan kanker.

Banyak cara seru menikmati kacang, misalnya mencampurnya dalam sereal dan yogurt, salad, nasi merah atau buah kering. Ooh Mala dan East Bali Cashews adalah dua snack kacang yang bisa kamu jadikan cemilan sehat, terutama jika kamu mencari cemilan pedas. Baik kacang tanah maupun kacang mete, keduanya sama-sama camilan yang mengenyangkan, enak, sekaligus sehat. Don’t miss it!


 

BUAH BERRY

Dari semua buah dan sayuran yang diteliti, berry termasuk buah yang memiliki kandungan anti kanker yang paling tinggi, terutama berry yang berwarna gelap seperti raspberry, blueberry, dan cranberry. Antioksidan yang ada dalam buah berry yang disebut pterostilbene, banyak ditemukan di dalam blueberry, memiliki sifat anti kanker.

Jadi kalau kamu mengonsumsi satu atau dua porsi buah berry setiap hari, entah untuk camilan atau topping makananmu, kamu sudah benar! Karena cara ini bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Mau cari cemilan dari buah berry yang praktis dan daya simpan lama? Kamu wajib stok Forager Fruits - Freeze Dried Blueberries, snack yang terbuat dari 100% buah blueberry asli asal Australia yang dikeringkan dan dibekukan. Nutrisinya sama bagusnya lho!

 

 

TOMAT

Warna merah pada tomat, selain menggoda juga menjadi ‘senjata’ terbaik melawan kanker prostat dan penyakit jantung. Warna merah berasal dari fitokimia yang disebut lycopene, zat antioksidan yang kuat. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan kalau lycopene melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menurut American Institute for Cancer Research, lycopene menghentikan pertumbuhan tumor dengan mengganggu pertumbuhan sel yang tidak normal.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari lycopene, makanlah tomat yang sudah dimasak atau diolah, salah satunya jus tomat. Tomat yang sudah diproses membuat jumlah senyawa anti kanker menjadi lebih banyak. Mau lebih banyak lycopene? Ngemil semangka, anggur merah, atau paprika merah juga bisa!



BAYAM

Bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang menghilangkan radikal bebas sebelum merusak tubuh kita. Kedua zat ini banyak ditemukan dalam bayam dan sayuran berdaun hijau tua lainnya, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat-zat ini dapat melindungi kita dari kanker mulut, kerongkongan, dan perut.

Selain kedua zat tadi, folat juga merupakan kandungan dalam bayam yang mampu membantu tubuh memproduksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA, dan sangat penting bagi wanita hamil karena dapat mencegah penyakit bawaan pada janin yang sedang berkembang. Mau mendapatkan lebih banyak lutein? Makanlah bayam mentah atau setengah matang. Kamu bisa menyajikannya sebagai salad, dikukus, atau ditumis dengan bawang putih dan minyak zaitun, atau dijadikan sup.

 

 

WHOLE GRAIN

Whole grain atau lebih dikenal dengan gandum utuh adalah makanan sehat lainnya yang bisa menangkal penyakit kanker. Biji-bijian utuh mengandung banyak serat dan zat lain yang dapat melawan kanker, termasuk lignan, yang berfungsi sebagai antioksidan, dan saponin, yang dapat mencegah sel kanker berkembang biak.

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan saat membeli makanan berbahan gandum utuh adalah perhatikan labelnya. Jika kamu ingin membeli roti gandum, pilih yang tertulis "100% whole grain" dan untuk mendapatkan lebih banyak lignan, pilih roti gandum yang ditaburi biji wijen. Tapi kalau kamu gak mau ribet, kamu bisa cobain Verlin - Cranberry Almond Crunchy Granola yang terbuat dari bahan-bahan alami premium yang bisa membuat perut kenyang lebih cepat. Kamu bisa menambahkan susu non fat atau susu skim untuk efek kenyang yang lebih lama.



 

Bukan cuma harus memilih dengan benar makanan yang dikonsumsi, kamu juga harus konsisten dalam menerapkan pola makan yang sehat. Kamu bisa memulainya dari hal kecil, yaitu mengubah kebiasaan ngemil menjadi ngemil snack sehat yang bisa kamu beli disini. Ada banyak pilihan cemilan sehat yang bisa kamu pilih dan semuanya dijamin enak!