7 PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI LAPAR

7 PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI LAPAR

Siapa yang sering merasa lapar padahal sudah makan banyak? Atau maunya makan terus padahal tidak lapar? Jika kamu selalu merasa lapar, sepertinya ada yang salah ketika kamu memilih makanan. Untuk mengatasi rasa lapar, kamu membutuhkan makanan yang mengandung protein dan serat, karena keduanya bisa mengurangi rasa lapar dan membuat kamu kenyang lebih lama.

Di sisi lain, merasa lapar tidak selalu "mau makan", bisa jadi karena nafsu makan kamu memang sudah tinggi jadi selalu merasa lapar. Nah, Tim Tasty Snack punya beberapa cara yang bisa membantumu mengatasi lapar yang terus datang. Mau tahu apa saja yang harus dilakukan? Let’s get started!

 

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat terbukti bisa mengurangi nafsu makan. Jadi solusi ketika lapar melanda adalah lebih banyak makan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini juga memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu kita cepat merasa kenyang.

Kalau kita makan salad sayur dalam porsi besar, sama saja kita sudah mengonsumsi makanan rendah kalori (100 kalori) sebelum makan siang. Sehingga saat jam makan siang, kita justru akan lebih sedikit makannya. Kita bisa membuat salad sayur dari campuran selada, wortel, tomat, seledri, dan mentimun, lalu tambahkan dengan dressing sauce yang rendah lemak atau bebas lemak.

 

Makan Makanan Berkuah atau Sup

Sebelum masuk menu utama, cobalah untuk makan sup bening dulu (bisa panas atau dingin). Pilihlah sup yang rendah kalori tapi tinggi serat, seperti sup sayuran dan kacang. Dengan makan sup bisa membuat kita merasa kenyang lebih cepat dan lama berkat kandungan airnya yang banyak.

 

Jangan Terlalu Banyak Variasi Makanan

Menambahkan sedikit variasi dalam makanan itu bagus, bahkan menyehatkan. Tetapi terlalu banyak variasi makanan yang dihidangkan saat makan justru bisa membuatmu makan lebih banyak dan tidak terkontrol. Karena banyaknya makanan yang disuguhkan membuat kita penasaran untuk mencoba setiap makanan. Rasa penasaran inilah yang berujung jadi makan berlebihan.

 

Makan Jeruk

Banyak penelitian menunjukkan kalau kita mengonsumsi makanan rendah kalori namun kaya serat yang cepat larut, seperti jeruk, bisa membantu kita merasa lebih cepat kenyang dan menjaga gula darah tetap stabil. Manfaat lainnya adalah nafsu makan bisa terkontrol lebih baik. Jeruk Bali adalah pilihan buah terbaik!

 

Minum Susu Rendah Lemak

Meningkatkan asupan susu rendah lemak atau low fat milk dan produk susu lain yang rendah lemak adalah cara terbaik untuk menekan nafsu makan karena kandungan dua jenis protein: whey dan kasein. Selain susu, kamu bisa konsumsi yogurt atau cottage cheese juga. Namun hati-hati ya, karena sebenarnya kalau kita terlalu sering konsumsi makanan atau minuman rendah lemak bisa membuat kita kekurangan leptin (hormon yang ada di dalam sel lemak), yang akan berpengaruh pada meningkatnya nafsu makan. Jadi, kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi lemak sesekali namun frekuensinya harus tetap lebih banyak konsumsi makanan rendah lemak.

 

Konsumsi Kacang Kedelai

Kacang membantu kita merasa kenyang karena kandungan protein dan seratnya. Lemak sehat yang dimiliki kacang sangat dibutuhkan otak kita untuk bekerja dan mencegah rasa lapar. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan adalah kacang kedelai, yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat, yang bisa membantu kita mengendalikan nafsu makan. Bukan hanya mengatasi lapar, konsumsi kacang kedelai juga meningkatkan asupan serat kita. Serat membuat kacang kedelai lebih mengenyangkan dan bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah, yang mencegah penurunan gula darah yang memicu rasa lapar.

Selain kacang kedelai, kacang mede juga mengandung lebih sedikit kalori, namun kaya serat dan protein, sehingga bisa mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Kamu butuh cemilan kacang mede yang praktis, enak dan sehat, kamu harus cobain East Bali Cashews - Sweet & Spicy Cashew Nuts! Snack kacang asli Indonesia yang dipanggang menggunakan coconut oil, menghasilkan rasa manis, gurih dan pedas yang pas banget, pertolongan pertama saat lapar datang.

 

Makan dengan Perlahan

Dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak untuk mendapatkan pesan bahwa perut kita sudah "nyaman" dan kita harus berhenti makan. Jika kita makan dengan perlahan, otak memiliki kesempatan untuk ‘mengejar’ perut, sehingga kita tidak makan berlebihan. Dengan makan perlahan, kita akan mengunyah makanan lebih baik, sehingga makanan lebih mudah dicerna oleh lambung.


Temukan lebih banyak pilihan cemilan mengenyangkan yang bisa mengusir rasa laparmu lebih cepat dan kenyang lebih lama hanya di www.tastysnack.id