8 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik dari Korea – Tasty Snack Indonesia

8 Rekomendasi Kopi Instan Terbaik dari Korea

Jika kamu seorang penikmat kopi dan sangat terobsesi dengan K-pop, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kopi instan berbentuk stik, yang hampir selalu muncul dalam drama Korea. Kopi sendiri baru mulai populer lagi di Korea pada awal tahun 2000-an dan kopi instan menjadi pelopornya. Bahkan ada mesin penjual kopi instan di stasiun kereta bawah tanah dan di sudut jalan, menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke Korea.



Bagaimana popularitas Kopi Instan di Korea?

Berasal dari biji kopi, kopi instan dibuat dengan cara disangrai dan dihaluskan lalu dibekukan dan dikeringkan sehingga umur simpannya lebih lama. Menurut laporan The Korean Times, orang Korea tercatat mengonsumsi kopi rata-rata 377 cangkir per tahun.

Tidak hanya jadi penikmat, mereka juga belajar tentang kopi. Bahkan di Korea ada Sekolah Kopi hanya untuk mencicipi dan khusus untuk barista. Menurut data Korean Culture and Information Service, Korea Selatan memiliki jumlah coffee taster dan specialty coffee shop terbanyak di dunia. 

Ada ribuan warga Korsel yang berstatus "Q-graders" resmi dunia dan bersertifikat ‘coffee cuppers’. Sebagian besar dari mereka memiliki kedai kopi sendiri dan mengimpor biji kopi ke berbagai negara.

 

 

Kopi Instan Korea Terbaik

Ada banyak merek kopi instan yang bisa dipilih di Korea dan rasanya benar-benar enak. Bahkan tak jarang kopi instan diberikan sebagai hadiah saat berkunjung ke rumah teman atau rekan bisnis di Korea. Berikut adalah 10 rekomendasi kopi instan Korea paling populer dan wajib dicoba!



Maxim

Sumber: Korea Mart

Ini adalah salah satu merek kopi instan terlaris di Korea. Kamu bisa melihatnya bertebaran dimana-mana saat berkunjung ke Korea, mulai dari pantry kantor sampai ruang guru di sekolah-sekolah. Kopi ini benar-benar disukai banyak kalangan.

Menunjuk beberapa brand ambassador dari kalangan artis, salah satunya IU. Popularitas kopi ini semakin meningkat saat muncul dalam drama Vincenzo yang dibintangi oleh Song Joong-ki dan sempat pula menampilkan Park Seo Joon dalam iklan salah satu lini produknya.

Varian kopi Maxim paling favorit adalah Maxim Mocha Gold Mild yang sekarang sudah bisa kamu beli di Tasty Snack tanpa harus jauh-jauh ke Korea. Dalam sebungkus stik kopi Maxim, hanya mengandung 5 gram lemak, 2 gram gula, dan 50mg kafein. Rasanya ringan dan lembut, serta harganya pun affordable banget!



Ediya Coffee Beanist

Sumber: Trade Korea

Ediya adalah salah satu merek kopi yang memiliki jumlah kedai terbanyak di Korea di antara semua franchise kopi lokal dan internasional, termasuk Starbucks. Kopi Ediya sangat enak dan ada rasa hot chocolate yang tidak terlalu pahit.

Mereka awalnya adalah kafe, namun mulai merambah ke pasar kopi instan karena melihat antusias warga disana sangat tinggi. Kopi instan mereka dinamai Ediya Coffee Beanist yang merupakan kombinasi antara kata ‘bean’ dan ‘specialist’.



KANU Coffee

Sumber: BlueBasket

KANU Coffee adalah merek kopi instan di bawah naungan Maxim yang mengkhususkan diri pada kopi ala café sehingga konsumen dapat menikmati kopi spesial di rumah. Menunjuk Gong Yoo sebagai brand ambassadornya, kemasan KANU lebih premium dan ukurannya jauh lebih kecil dari kopi instan lain sehingga bisa pas di saku jika ingin dibawa bepergian.

Selain Latte dan Americano, KANU juga menawarkan mixed coffee seperti Tiramisu Latte, Vanilla Latte, Dolce Latte, dan Mint Choco Latte. Signature KANU terdiri dari 2 jenis kopi: dark roast dan medium roast. Kemasannya yang cantik membuatnya menjadi salah satu merek kopi instan premium di Korea yang banyak diberikan sebagai hadiah atau bingkisan.

Varian kopi KANU yang paling populer adalah KANU Dark Roast Americano. Warnanya sangat pekat, tanpa tambahan gula dan susu, sehingga rasanya pahit banget. Cocok untuk kamu pecinta kopi hitam!



Jardin Café Mori

Sumber: GobizKorea.com

Jardin merupakan merek kopi instan di Korea Selatan yang sudah ada sejak tahun 1988. Mereka sering mengikuti pameran atau pop-up di pusat perbelanjaan yang memberikan kesempatan pada konsumen untuk mencicipi kopinya.

Merek kopi instan dari Jardin diberi nama Cafe Mori, yang memungkinkan pelanggannya bisa membuat kopi ala café sesuai selera mereka di rumah. Ada beberapa varian yang ditawarkan, seperti Couque d'Asse Cafe Latte, Hazelnut, Cafe Mocha, Caramel Macchiato, French Vanilla Latte, Hot Choco, Green Tea Latte, dan Cafe Latte.



Namyang French Cafe

Sumber: Timely Basket

Salah satu merek kopi instan Korea yang mengusung campaign untuk kesehatan di Korea ini menggunakan susu non-fat dan hanya sedikit gula, dimana kompetitor kebanyakan menggunakan krimer. Rasanya sama enaknya dengan Maxim Mocha Gold, ringan dan lembut, namun kalau kamu suka lebih suka susu non-fat, merek ini bisa jadi alternatif.

Menjadikan Kim Tae-hee sebagai brand ambassadornya, Namyang French Cafe juga memiliki produk kopi instan lainnya bernama Lookas9 dan “Drip in stick” yang sangat menarik karena kamu bisa menggunakan bungkusnya sebagai pengaduk. Cukup masukkan stik ke dalam cangkir, tambahkan air panas, lalu aduk dengan stik.



Caffe Bene MANO

Sumber: Shopee

Merek kopi instan asal Korea ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang karena memiliki beberapa franchise di beberapa negara, seperti Taiwan dan Malaysia. Untuk lini kopi instan, Caffe Bene menamainya MANO, yang terdiri dari beberapa varian seperti MANO Africa Mild, MANO Amerika Latin Mild, dan MANO Columbia Mild. Kopi sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba kopi dari berbagai negara.

Tak ingin kalah dengan kompetitornya, Caffe Bene juga memiliki brand ambassador yang berasal dari dunia entertainment yaitu Kang Ha-neul. Aktor yang populer dalam beberapa drama Korea seperti Lovers: Scarlet Heart Ryeo, When the Camellia Blooms, dan The Heirs ini menjadi brand ambassador pada tahun 2016.



Hollys Coffee

Sumber: TheSmartLocal

Franchise kopi lainnya yang paling terkenal di Korea Selatan adalah Hollys Coffee. Lini kopi instan mereka terdiri dari Ice Cold Brew, Vanilla Delight, Real Belgian Chocolate Latte, Cafe Latte, Signature Americano, dan Hazelnut Americano.

Ice Cold Brew mereka unik, karena kopi instan biasanya dibuat panas, tapi mereka justru menawarkan kopi instan dingin. Sangat cocok buat kamu yang ingin minum kopi saat cuaca panas.

 

 

Twosome a-List Stick Coffee

Sumber: Inspire Me Korea

A Twosome Place adalah franchise kopi favorit lainnya di Korea Selatan dan café ini sering muncul dalam banyak K-drama, termasuk Master's Sun, yang dibintangi oleh So Ji Sub dan Gong Hyo Jin. FYI, So Ji Sub bahkan memiliki salah satu cabangnya, A Twosome Place by 51k yang berlokasi di Gangnam.

Seperti Ediya dan Hollys Coffee, A Twosome Place juga memiliki lini kopi instan sendiri. Namanya Twosome a-List Stick Coffee yang menawarkan beberapa varian seperti Black Ground, Dark Blend, Mild Blend, Decaf, Vanilla Latte dan Chocolate Latte.

 



Kopi instan Korea bukan hanya enak untuk dinikmati sendiri, tapi bagus juga diberikan sebagai hadiah unik untuk teman-teman penggemar kopi dan K-pop. Temukan lebih banyak produk minuman dari Korea dan gift box unik untuk para fans K-pop disini.