ALASAN INI YANG BIKIN JAJANAN KOREA POPULER DI INDONESIA – Tasty Snack Indonesia

ALASAN INI YANG BIKIN JAJANAN KOREA POPULER DI INDONESIA

Demam K-Pop di Indonesia memang sedang tinggi-tingginya. Segala hal yang berbau Korea, mulai dari musik, drama, fashion, sampai makanan menjadi sangat populer di Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, mereka semua seperti terhipnotis dengan apapun yang berhubungan dengan Negeri Gingseng ini.

Khususnya makanan Korea, hampir di setiap pusat jajan di kota-kota besar di Indonesia pasti menjajakannya. Ini sangat unik karena tidak semua kuliner Internasional bisa cocok dengan lidah orang Indonesia. Kira-kira kenapa ya jajanan Korea bisa sangat diterima oleh masyarakat Indonesia? Yuk simak analisis versi Tasty Snack!

 

 

EFEK KOREAN WAVE

Sumber: Tokopedia

Popularitas K-Pop di Indonesia meningkat pada akhir tahun 2000-an, dan semakin besar pada tahun 2010-an ketika serial drama dan musik Korea mendominasi acara hiburan di tanah air. Tanpa ragu-ragu, platform e-commerce di Indonesia menyambut antusiasme publik dengan menunjuk artis-artis  Korea sebagai brand ambassador mereka. Misalnya, Shopee Indonesia menunjuk BLACKPINK sebagai brand ambassador mereka pada tahun 2018, sedangkan Tokopedia memilih BTS pada tahun 2019. Hasilnya, exposure terhadap platform mereka sangat tinggi dan para fans idol K-Pop pun turut andil dalam meningkatkan penjualan di masing-masing e-commerce.

 

 

IDOL K-POP SERING SHARE MAKANAN FAVORIT MEREKA

Sumber: Youtube

Pada tahun 2019, sebuah Lembaga milik pemerintah Korea memperkirakan jumlah penggemar K-wave (sebutan lain untuk Budaya Korea) secara global sekitar 89 juta yang tersebar di 113 negara. Semua yang berbau Korea telah menarik perhatian dunia, begitu pula semua yang dilakukan para artis Korea. Baik itu musik, fashion, film, produk kecantikan atau makanan, penggemar di seluruh dunia selalu ingin tahu lebih banyak.

Salah satu hal yang menarik bagi penggemar K-Pop adalah makanan yang disukai idola mereka. Idol K-Pop sering share makanan favorit mereka dan seketika para penggemarnya langsung berbondong-bondong ingin mencoba. Karena fans K-Pop juga cukup banyak, jajanan Korea pun menjadi favorit banyak orang Indonesia.

 

 

TERGIUR SAAT LIHAT MAKANAN KOREA DI DRAMA

Sumber: Viu

Makanan memainkan peran penting dalam budaya Korea dan selalu hadir dalam setiap drama. Meski sebagian besar penonton terpesona oleh karakter utama atau cerita yang menarik, namun tak sedikit pula yang terpikat dengan makanan Korea yang disantap oleh para karakter dalam drama. Rasa penasaran yang membuat jajanan Korea populer dan banyak restoran yang sengaja memodifikasinya sehingga cocok di lidah orang Indonesia, tanpa menghilangkan ciri khasnya.

 

 

BANYAK VARIETY SHOW BERTEMA MAKANAN KOREA

Sumber: Channel Korea

Selain drama dan musik, Korea juga terkenal dengan variety show yang bermacam-macam jenisnya. Dan variety show yang mengangkat tema memasak dan makan bukanlah hal baru di industri hiburan Korea Selatan. Tidak hanya di televisi, tapi acara-acara bertema makanan juga tersedia di berbagai platform streaming online. Mulai dari mempelajari resep baru, melihat artis atau idol K-Pop makan, atau acara mukbang host bersama tamunya. Acara-acara ini membuat para fans K-Pop penasaran dengan makanan Korea dan itulah alasan kenapa jajanan Korea mudah disukai banyak kalangan.

 

 

SELERA PEDASNYA SAMA SEPERTI ORANG INDONESIA

Makanan Korea terkenal dengan rasa pedasnya. Gochugaru adalah bubuk cabai yang terbuat dari cabai kering yang telah dibuang bijinya, jadi sebenarnya tidak pedas seperti yang dipikirkan banyak orang. Bisa dibilang, cabai yang digunakan untuk membuat gochugaru masih kalah dengan cabai rawit yang dipakai orang Indonesia.

Namun yang membuat makanan Korea terasa lebih pedas adalah metode memasaknya, seperti fermentasi, yang menyebabkan rasa pedas menyebar lebih cepat, sehingga rasanya lebih pedas. Makanan pedas Korea seperti ‘fire noodle’ menjadi populer karena tantangan yang viral. Nah, rasa penasaran dan rasa tertantang membuat jajanan Korea menjadi populer di banyak negara, termasuk Indonesia.

 

 

TAMPILAN DESSERT YANG UNIK

Sumber: Kompas

Salah satu hal menarik dari jajanan Korea yang membuat orang Indonesia terpikat adalah ciri khas dessert mereka. Dessert Korea memiliki ciri khas yang unik, seperti yang beberapa tahun terakhir populer di antara pecinta makanan manis adalah bento cake. Kue tart mini, seukuran lunch box mendadak sangat populer, karena tampilannya estetik banget! Menggunakan krim berwarna pastel, lalu dibubuhi quote, karakter hewan atau orang yang berulang tahun ini sangat unik. Banyak yang menjadikan bento cake sebagai hadiah ulang tahun, anniversary, bingkisan hari spesial, atau sekedar untuk self-reward.

 

 

BAHAN MAKANANNYA SIMPLE, GAMPANG DITEMUKAN

Sumber: Shopee

Selain karena rasa dan penampilan yang menggoda, yang membuat jajanan Korea banyak digemari adalah penggunaan bumbu-bumbu yang sederhana, sehingga mudah untuk membuatnya sendiri di rumah. Kecap asin, gochujangs (pasta cabai Korea), doenjang (pasta kedelai Korea), jahe, bawang putih adalah beberapa bumbu wajib yang selalu ada dalam masakan Korea. Banyak makanan Korea juga tidak akan lengkap tanpa daun bawang, biji wijen, dan gim (lembar rumput laut kering), yang memberikan rasa unik pada makanan Korea.

 

 

DIKLAIM BAGUS UNTUK KECANTIKAN

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa kebanyakan orang Korea memiliki kulit indah seperti porselen dan glowing? Karena skincare? Bisa jadi. Tapi di Indonesia juga banyak produk skincare yang bagus tapi tidak bisa mendapatkan kulit sebagus orang Korea. Pernah dengar pepatah kalau ‘kecantikan itu dimulai dari dalam’? Artinya, jika kita hidup sehat maka kulit kita pun juga sehat. Orang Korea Selatan memiliki pola makan yang baik dan seimbang sejak mereka masih kecil, itulah alasan mereka punya kulit yang mulus. Banyak jajanan Korea yang sehat dan menjadi semakin populer karena banyak yang percaya makanan Korea bisa membuat kulit makin bagus.

 

 

TREN MUKBANG, ASIK BUAT MAKAN RAME-RAME

Sumber: Youtube

Salah satu budaya Korea yang menjadi fenomena global adalah mukbang. Mukbang berasal dari dua kata Korea yaitu meok-ja/ muk-ja (먹자), yang artinya ‘ayo makan’ atau ‘makan’, dan bang song (방송) yang berarti ‘menyiarkan’. Jadi bisa diartikan mukbang sebagai acara makan yang disiarkan langsung oleh pembawa acara mukbang. Di Indonesia, mukbang lebih diartikan sebagai makan dalam porsi besar secara bersama-sama. Sangat erat dengan budaya orang Indonesia yang senang kumpul sambil makan.

 

 

CARA PENYAJIAN MAKANAN KOREA SANGAT ESTETIK

Pepatah Korea lama mengatakan "what looks good tastes good”. Singkatnya, orang Korea zaman dahulu percaya bahwa selain rasanya, penampilan makanan juga sangat penting. Salah satu makanan Korea yang merepresentasikan pepatah lama ini adalah bibimbap dan tangpyeongchae. Keduanya mewakili keseimbangan antara estetika dan cita rasa. Jadi jangan heran kalau banyak jajanan Korea dengan penampilan yang menarik dan rasanya juga enak.

 

Nah, penasaran gimana rasanya jajanan Korea? Kamu bisa cek koleksi lengkap snack Korea disini. Ada banyak snack baru 100% asli dari Korea lho. Jadi kamu gak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipi kelezatan cemilan mereka. Happy Korean Snacking!