Selain Pisang Goreng, Ini Daftar Gorengan Asli Indonesia yang Gak Kala – Tasty Snack Indonesia

Selain Pisang Goreng, Ini Daftar Gorengan Asli Indonesia yang Gak Kalah Enak

Baru-baru ini pisang goreng menjadi perbincangan banyak orang karena menempati posisi pertama best deep-fried dessert di dunia. Sebagai salah satu gorengan favorit di Indonesia, ternyata ada banyak gorengan asli Indonesia yang gak kalah enak lho dari pisang goreng.

Gorengan sendiri adalah nama yang sering digunakan untuk menyebut makanan ringan yang digoreng di Indonesia dan biasanya dibuat dengan berbagai bahan. Gorengan ada yang rasanya gurih, asin, manis, sampai pedas. Biasanya gorengan dibuat dari adonan tepung atau telur yang dicampur dengan bahan lain, seperti pisang, tempe, tahu, ubi, nangka, hingga sayuran. Kira-kira apa saja gorengan Indonesia favorit lainnya?

 

 

Bakwan

Bakwan atau bala bala adalah gorengan yang terbuat dari campuran sayur yang sangat populer di Indonesia. Biasanya bakwan dibuat dengan adonan tepung terigu atau tepung beras, namun ada juga yang mencampur kedua jenis tepung tersebut. Biasanya bakwan dijual oleh pedagang kaki lima dan disajikan dengan saus sambal, saus kacang, atau cabai rawit segar.

 


Piscok

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan pisang goreng, tetapi piscok atau pisang cokelat adalah varian lain dari pisang goreng yang tak kalah populer. Jajanan yang manis, berminyak, dan lezat ini bisa kamu nikmati sebagai camilan santai di sela waktu makan atau sebagai hidangan penutup. Penjual piscok biasanya menjajakan dagangannya di sore hari dan semua piscok digoreng saat itu juga, karena piscok paling enak dimakan saat masih hangat.



Cimol

Cimol sangat mirip dengan cilok karena merupakan cemilan yang sama-sama terbuat dari tepung kanji. Bisa dibilang keduanya seperti ‘kembar, namun bedanya hanya cara pembuatannya. Kalau cilok dikukus, cimol justru digoreng kemudian disajikan dengan bumbu atau saus. Adonan cimolnya sendiri memang tidak berbumbu dan tidak beraroma, jadi kelezatannya justru dari bumbu tambahan yang bisa kita pilih sendiri sesuai selera.

 

 

Cireng

Cireng adalah jajanan kaki lima khas Indonesia lainnya yang terbuat dari tepung tapioka atau kanji. Mirip dengan cimol, yang berbeda hanyalah bentuk dan saus yang disajikan dengannya. Cireng konon singkatan dari aci digoreng, namun tak sedikit pula yang menggunakan nasi sisa kemarin yang dicampur dengan tepung bumbu khusus cireng lho!



Cilor

Sumber: Orami

Cilor bisa dibilang masih ‘saudara’nya cilok dan cimol nih, karena sama-sama terbuat dari tepung kanji. Bedanya justru dari proses pembuatannya dimana cilor digoreng bersama dengan balutan telur orak-arik seperti telur gulung. Biasanya orang Indonesia suka menikmati cilor dengan bumbu kacang pedas. Enak dan bikin nagih!

 

 

Tahu Bulat

Sumber: Kompas

Gorengan Indonesia yang sempat viral karena cara jualannya yang unik beberapa tahun ke belakang adalah tahu bulat. Mayoritas pedagang tahu bulat menjual makanan mereka dari truk mobil ‘losbak’ lengkap dengan alat penggorengan sambil memutar jingle khas mereka ‘tahu bulat digoreng dadakan’. Bentuknya bulat dan tipis, biasanya kamu bisa request bumbu untuk penambah rasanya.

 

 

Sempol

Banyak macam gorengan Indonesia identik dengan tepung kanji dan sempol adalah salah satunya.  Sangat populer di Jawa Timur dan Jawa Tengah, sempol dibuat dengan cara menggulung tepung kanji dengan tusuk bambu atau tusuk sate. Karena rasanya hambar, banyak pedagang kaki lima yang menambahkan daging ayam atau ikan ke dalam campuran tepung kanji. Sempol memiliki tekstur kenyal dan rasa yang gurih.

 

 

Tape Goreng

Sumber: Cookin.Id

Tape atau tapai adalah singkong yang difermentasi dan menjadi salah satu bahan dasar gorengan khas Indonesia. Tape manis dicampurkan ke dalam adonan tepung terigu lalu digoreng. Tape goreng cocok dijadikan camilan sore bersama secangkir teh hangat. Nama populer lainnya dari tape goreng adalah Rondho Royal.

 

 

Tempe Goreng

Salah satu negara dengan produksi tempe terbesar di dunia, aneh rasanya jika tidak memasukkan tempe goreng sebagai jajanan khas Indonesia.  Tempe biasanya diiris tipis dan dicampur dengan adonan tepung yang sudah dibumbui. Adonan tepung ini membuat tempe goreng memiliki lapisan yang renyah.

 

 

Mendoan 

Mirip seperti tempe goreng, tapi mendoan punya teksturnya lebih lembut dari tempe biasa. Mendoan dicelupkan ke dalam adonan tepung berbumbu yang dicampur dengan daun bawang lalu digoreng. Berbeda dengan tempe goreng, mendoan diiris lebih tebal dengan lapisan yang tebal dan lembut.

 

 

Tahu Isi

Sumber: Sajian Sedap

Salah satu gorengan Indonesia favorit lainnya, terutama di bulan Ramadhan adalah tahu isi. Gorengan ini terbuat dari tahu yang diisi dengan beberapa jenis sayuran, seperti wortel, kol, atau tauge. Tahu isi paling enak dimakan dengan cabe rawit hijau atau sambal pedas. Variasi lain dari tahu isi adalah Tahu Jeletot yang punya level pedas lebih ekstrim dari tahu isi biasa.

 

 

Singkong Goreng

Sumber: Finna Food

Singkong goreng adalah gorengan yang banyak ditemukan di Pulau Jawa. Aslinya singkong goreng hanyalah singkong yang digoreng polosan, tapi semakin kesini banyak dimodifikasi dengan dibumbui bawang putih sampai diberi topping keju parmesan. Singkong goreng memang sudah tidak sepopuler dulu, namun masih banyak pedagang gorengan yang menjualnya untuk teman ngopi.


Dari daftar gorengan Indonesia di atas, adakah gorengan favoritmu?

Lagi pengen ngemil gorengan tapi yang sehat? Bisa banget! Kamu bisa coba snack eksklusif dari Tasty Snack ada Yum! Emping Chips, Yum! Tempe Chips dan Yum! Shrimp Crackers. Dijamin enak, sehat dan yang pasti gak berminyak.