15 Jajanan Kaki Lima Korea yang Bikin Kamu Ngiler Banget – Tasty Snack Indonesia

15 Jajanan Kaki Lima Korea yang Bikin Kamu Ngiler Banget

Selain aktris dan aktor yang menawan, drama Korea memiliki daya tarik lain yang tak kalah menarik, yakni hidangan street food yang menggoda lidah. Tak jarang banyak orang mulai tertarik untuk mencoba jajanan kaki lima Korea ini.

Apa saja ya jajanan kaki lima khas Korea Selatan yang menggoda lidah dan pastinya bisa bikin kamu ngiler? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

1. Tteokbokki 

tteokbokki

Tteokbokki adalah jajanan kaki lima yang sering muncul di drama Korea. Jajanan ini terdiri dari tteok (gulungan dari tepung beras) dan saus pedas.

Kamu bisa dengan mudah menemukan tteokbokki di banyak kaki lima di seluruh Korea, bahkan di Indonesia pun sudah banyak yang jual menu ini juga lho!

2. Hotteok  

hotteok

Hotteok adalah jajanan kaki lima yang terdiri dari roti pipih dan diisi dengan gula, cinnamon, dan biji-bijian.

Kemudian, hotteok akan dipanggang sampai matang. Makanan ini paling enak disantap selagi masih hangat. 

3. Eomuk 

eomuk

Eomuk adalah sejenis cake ikan yang terbuat dari campuran ikan yang dicincang halus, tepung terigu, dan bumbu-bumbu lainnya.

Umumnya eomuk akan digoreng atau direbus, kemudian dihidangkan dalam kaldu pedas yang terbuat dari bubuk cabai, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya.

Nama lain dari eomuk adalah odeng, yang merupakan istilah dari Jepang. 

4. Mandu 

mandu

Mandu adalah salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang bentuknya seperti jajanan pangsit. Isian yang paling sering digunakan untuk mandu adalah daging cincang, sayuran, atau ikan.

Tetapi kini, ada juga varian Mandu isi kimchi, keju, atau bayam. Penyajian mandu pun juga cukup beragam, mulai dari direbus, dikukus, atau digoreng.

Rasa gurih dan nikmat dari mandu membuat snack yang satu ini cocok untuk disajikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. 

5. Twigim 

twigim

Twigim adalah gorengan yang berasal dari Korea yang terbuat dari berbagai jenis bahan makanan yang digoreng dengan adonan tepung.

Bahan-bahan tersebut berupa sayuran seperti kentang, bawang bombay, cabe hijau, atau jagung, tetapi ada juga yang menggunakan seafood seperti udang atau cumi-cumi.

Setelah dicelup ke dalam adonan tepung, twigim digoreng dalam minyak panas hingga kecoklatan dan disajikan dalam keadaan hangat.

6. Kimbap  

kimbap

Sering dibilang mirip dengan sushi, si kimbap asal Korea ini mempunyai bentuk lebih besar dan lebih tebal.

Kimbap terdiri dari nasi yang dicampur dengan cuka, dibalut dengan rumput laut panggang serta diisi dengan berbagai bahan seperti irisan daging, telur dadar, wortel, acar, dan lain-lain.

7.Kimchi 

kimchi

Kimchi adalah makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang putih, jahe, dan garam.

Sayuran yang biasa digunakan adalah sawi putih, tetapi ada juga yang menggunakan lobak, mentimun, atau wortel. Kimchi memiliki rasa yang asam dan pedas serta aroma yang sangat kuat.

Selain rasanya yang enak, kimchi juga kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Kimchi menjadi semakin populer di seluruh dunia, dan bahkan dijuluki sebagai "superfood" karena manfaat kesehatannya.

8. Sundubu-Jjigae  

sundubu jjigae

Selanjutnya ada sundubu-jjigae yang pernah muncul sekilas di drama Itaewon Class. Sundubu-jjigae adalah hidangan sup pedas Korea yang terbuat dari tahu segar yang lembut dan kenyal (disebut sundubu dalam bahasa Korea).

Sup ini biasanya diisi dengan irisan daging babi, kerang, udang, atau cumi-cumi, serta sayuran seperti bawang daun, jamur, dan wortel.

Bumbu sup-nya terdiri dari gochujang (pasta cabai Korea), bawang putih, jahe, dan bahan-bahan lain yang memberi rasa pedas dan gurih.

Sundubu-jjigae disajikan dalam pot yang masih mendidih, dan biasanya disantap bersama nasi hangat dan beberapa lauk tambahan. Rasanya yang pedas dan hangat sangat cocok untuk menghangatkan badan di hari-hari yang dingin. 

9. Bungeoppang 

bungeoppang

Bungeoppang adalah makanan ringan Korea yang dibentuk seperti ikan.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang dipanggang hingga kecoklatan dan diisi dengan pasta kacang merah, krim keju, atau cokelat.

Ada juga yang diisi dengan potongan buah-buahan. Bungeoppang enak dimakan saat masih hangat. Rasanya manis dan renyah, cocok banget buat camilan di kala bosan atau lagi pengen ngemil. 

10. Corn Dog 

corn dog

Asal mula Corn Dog sendiri sebenarnya berasal dari Amerika Serikat, dan terdiri dari sosis yang dilapisi dengan adonan tepung jagung, kemudian digoreng hingga kecoklatan.

Di Korea Selatan, Corn Dog seringkali diolah dengan tambahan bahan-bahan lain seperti keju, kornet, atau kentang goreng yang dihias di atasnya. 

11. Ramyun 

ramyun

Ramyun adalah jenis mie instan yang berasal dari Korea Selatan. Mie ini terbuat dari adonan tepung terigu, minyak sayur, dan bumbu-bumbu yang berbeda tergantung pada varian rasa yang diinginkan, seperti pedas atau gurih.

Mie ini biasanya dimasak dengan air mendidih selama beberapa menit dan disajikan dalam mangkuk.

12. Jeon 

jeon

Jajanan Korea yang sering muncul di drakor berikutnya adalah jeon yang terbuat dari bahan-bahan seperti daging, ikan, sayuran, atau kacang-kacangan dan dicampur dengan adonan tepung dan telur.

Lalu, jeon akan digoreng dengan minyak panas. Makanan ini biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan pembuka dalam hidangan utama di Korea Selatan. 

13. Chapaguri 

chapaguri

Gimana rasanya dua jenis mie instan dicampur jadi satu? Chapaguri adalah jawabannya. Chapaguri adalah hidangan populer yang berasal dari Korea Selatan, yang terdiri dari campuran dua jenis mie instan, yaitu Jjapaguri (ramyun dengan rasa jajangmyeon) dan Neoguri (mi instan dengan rasa udang pedas).

Rasa Chapaguri dikatakan memiliki rasa yang gurih, sedikit pedas dan asin, dengan tekstur mi yang kenyal dan empuk.
Kombinasi antara rasa jajangmyeon yang kaya dengan rasa udang pedas yang kuat, memberikan citarasa yang unik dan menggugah selera.

Chapaguri juga dapat diperkaya dengan tambahan bahan lain seperti potongan daging sapi atau ayam, sayuran, dan telur, sesuai selera dan keinginan.

Chapaguri sering dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan di Korea Selatan, dan saat ini semakin populer di luar negeri karena kemunculannya dalam film "Parasite" yang memenangkan Academy Awards pada tahun 2020. 

14. Jajangmyeon 

jajangmyeon

Selain ramyun, mie asal Korea yang terkenal berikutnya adalah jajangmyeon.

Mie yang satu ini mempunyai bumbu saus kacang hitam yang difermentasi. Sehingga akan menciptakan rasa sedikit asam dipadukan dengan kekenyalan dari mie tersebut. 

15. Permen Dalgona 

dalgona

Jika kamu pernah menonton drama Korea “Squid Game”, maka kamu tak asing dengan bentuk permen yang satu ini.

Permen dalgona dijadikan salah satu tantangan permainan yang harus dilewati oleh peserta di drama tersebut.

Nah, di kehidupan nyata, kamu tidak perlu takut kehilangan nyawa jika ingin makan permen ini. Permen dalgona aslinya merupakan permen yang dijual di pinggir jalanan Korea. Biasanya sih yang paling sering membeli permen dalgona adalah anak-anak.

Jadi, yang mana jajanan kaki lima Korea yang menjadi favoritmu? Kalau kamu ingin menikmati snack Korea, tidak perlu repot beli tiket pesawat untuk ke sana.

Tasty Snack menyediakan koleksi snack Korea dengan berbagai macam varian. Ada yang pedas, manis, asin, semua komplit di Tasty Snack!