15 Jajanan Korea Paling Hits Ini Wajib Kamu Coba! – Tasty Snack Indonesia

15 Jajanan Korea Paling Hits Ini Wajib Kamu Coba!

Tak hanya terkenal dengan fashion, drama dan musik, rupanya Korea Selatan juga memiliki banyak sekali makanan serta jajanan yang bisa memanjakan lidahmu. Jajanan dari Korea Selatan biasanya mempunyai cita rasa yang khas dengan cerita unik di baliknya, lho! Hmmm, apa saja ya jajanan Korea yang hits banget saat ini? Simak ulasan berikut bersama-sama yuk! 

1. Pepero 

pepero

Pepero adalah biskuit berbentuk stik yang dicelup saus coklat. Snack ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1983 oleh Lotte, perusahaan asal Korea Selatan. Seiring dengan perkembangan zaman, kini Pepero memiliki berbagai varian rasa seperti green tea, white chocolate sampai strawberry. Saking populernya Pepero di Korea Selatan, terdapat perayaan ‘Pepero Day’ yang diperingati setiap 11 November tiap tahunnya. 

2. Choco Pie 

choco pie

Selain Pepero, ada juga Choco Pie yang cukup terkenal di Korea. Pada awalnya, Choco Pie terinspirasi dari snack asal Amerika Serikat lalu mulai dikembangkan di Korea Selatan pada tahun 1974. Choco Pie sendiri terdiri dari dua biskuit renyah yang di tengahnya terdapat marshmallow lembut, kemudian kedua biskuit tersebut dilumuri coklat. Lembut di luar, lembut juga di dalam! 

3. Ramyeon 

ramyeon

Ramyeon adalah mie instan versi Korea Selatan. Diciptakan pada tahun 1960an, Ramyeon awalnya diciptakan sebagai hidangan yang mengenyangkan dan terjangkau setelah Korea Selatan melewati Perang Korea. Soal rasa, Ramyeon memiliki rasa yang relatif lebih pedas dengan sentuhan bumbu tradisional Korea yang sangat kaya. Ramyeon bisa kamu nikmati saat jam makan siang atau pas lagi nonton drama Korea favoritmu. 

4. Odeng 

odeng

Odeng merupakan jajanan Korea yang hits di Indonesia karena banyak ditemukan di berbagai restoran atau kafe, sehingga kamu tak perlu pergi ke Korea untuk menikmati odeng. Bahan utama odeng adalah ikan, maka tak heran jika odeng sering juga disebut fishcake dalam bahasa Inggris. Rasanya odeng bakal semakin mantap dengan tambahan saus pedas dan kuah hangat. 

5. Tteokbokki 

tteokbokki

Bahan utama untuk membuat tteokbokki adalah tepung beras dan saus gochujang. Tteokbokki memiliki bentuk silinder dengan tekstur kenyal. Penambahan saus gochujang yang pedas pasti bikin spicy lovers semakin ketagihan. Kamu gak perlu repot bikin tteokbokki dari awal, karena Tasty Snack menyediakan Goodpoki - Topokki Hot Cup yang praktis. Cukup masak dalam beberapa menit, dan tteokbokki siap disantap!  

6. Mandu 

mandu

Selanjutnya, ada pula Mandu yang bentuknya mirip dengan dumpling. Mandu berisi campuran daging dan sayuran. Sehingga rasa yang paling dominan dari mandu adalah gurih dan asin. Mandu sedikit mirip dengan beberapa makanan lain di Asia, seperti gyoza dari Jepang dan kuotie dari Tiongkok. Snack ini cocok banget untukmu yang gemar cemilan asin dan ingin mengganjal perut tetapi tidak mau makan banyak. 

7. Corndog 

corndog

Memang, snack yang satu ini bukan asli dari Korea Selatan. Corndog baru mulai populer sejak muncul di berbagai macam drama Korea. Tak heran jika kepopuleran snack ini bisa membuat corndog mudah sekali ditemukan di sepanjang jalan di Korea. Proses membuat corndog sebenarnya cukup sederhana. Sebuah sosis berukuran besar akan dilumuri adonan dan potongan kentang, lalu digoreng sampai matang. 

8. Kimchi 

kimchi

Makanan asal Korea berikutnya yang tak boleh ketinggalan adalah kimchi. Hidangan ini dibuat menggunakan sayur yang difermentasikan dalam wadah khusus. Proses fermentasi lah yang menjadikan kimchi memiliki rasa asin, manis, pedas, dan umami. 

Karena rasanya yang menjadi ciri khas, tak jarang banyak makanan ringan Korea Selatan memiliki varian rasa kimchi. Makanan yang satu ini dipercaya mempunyai beberapa khasiat, lho! Manfaat kimchi yang paling terkenal adalah mampu mencegah kanker dan sembelit. 

9. Permen Dalgona 

permen dalgona

Jika kamu pernah menonton drama Squid Game, kamu pasti pernah melihat permen yang satu ini. Permen dalgona bisa dibilang adalah permen jadul di Korea Selatan. Anak-anak sering kali menggunakan permen dalgona sebagai mainan, yakni dengan memotong permen sesuai pola yang dibentuk menggunakan tusuk gigi. Bahan utama untuk membuat permen dalgona adalah baking powder dan gula. 

10. Jajangmyeon 

jajangmyeon

Jajangmyeon adalah mie khas Korea dengan tampilan yang gak biasa, yakni dengan saus hitam. Saus hitam yang digunakan dalam jajangmyeon adalah pasta dari kedelai hitam. Karena pasta hitam inilah jajangmyeon mempunyai rasa manis dan asin. Jajangmyeon sebenarnya tercipta dari makanan asal Tiongkong, tetapi kini berkembang dan rasanya disesuaikan dengan kuliner Korea. 

11. Bungeoppang 

bungeoppang

Bungeoppang adalah jajanan khas korea selatan yang diisi pasta kacang merah. taiyaki. Bungeoppang memiliki bentuk ikan yang mudah sekali dikenali. Cemilan ini merupakan adaptasi dari hidangan asal Jepang, yaitu taiyaki. 

Karena cukup legendaris, ada salah satu brand es krim asal Korea Selatan yang mengadaptasi bungeoppang menjadi salah satu varian es krim. Yang membedakan hanyalah isiannya saja. Bungeoppang dalam versi es krim berisi es dengan beraneka rasa, bukan pasta kacang merah. 

12. Hotteok 

hotteok

Hotteok adalah sebuah cemilan asal Korea Selatan yang terbuat dari tepung ketan. Bentuk hotteok menyerupai pancake yang dijual di pasaran. Isian dari hotteok sangat beragam, mulai dari coklat, kacang merah, atau madu. Hmmm…. Rasanya manis dan lumer di mulut! 

13. Kklutarae 

kkultarae

Jika kamu lihat sekilas, kkultarae mirip sekali dengan arum manis asal Indonesia. Bahan baku pembuatan kkultarae adalah madu yang dipanaskan selama beberapa hari, lalu setelahnya dicampur dengan tepung terigu. Setelah itu, campuran madu dan tepung ditarik-tarik sampai menjadi benang putih yang akan dipintal. Jika sudah selesai dipintal, isian kacang tanah cacah akan dimasukkan ke dalam kkultarae. 

14. Yakgwa 

yakgwa

Yakgwa merupakan sejenis kue tradisional Korea yang terbuat dari tepung gandum, madu, dan minyak bunga matahari. Yakgwa biasanya dibuat dalam bentuk bulat atau segi empat dan diberi corak yang indah dengan menggunakan cetakan. Kue ini biasanya disajikan dalam acara-acara khusus, seperti pernikahan atau sebagai hadiah untuk tamu yang sedang berkunjung. Selain rasanya yang manis dan gurih, Yakgwa juga terkenal karena bentuk dan corak yang indah. 

15. Dakgangjeong 

dakgangjeong

Dakgangjeong adalah sejenis makanan Korea yang terbuat dari daging ayam yang dipanggang dan dicelupkan ke dalam adonan tepung yang digoreng. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan saus pedas atau saus asam manis, yang memberikan rasa gurih dan pedas yang khas. Makanan ini sangat populer di Korea Selatan dan sering dikonsumsi sebagai cemilan saat bersantai. 

Demikianlah ulasan jajanan Korea yang hits, mana nih yang sudah pernah kamu cobain? Kalau kamu mau merasakan jajanan Korea yang lain, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Korea. Tasty Snack menyediakan snack Korea yang pastinya bisa kamu konsumsi sambil nonton drakor atau waktu santai. Tinggal pesan dan tunggu sampai snack-mu sampai di rumah!