PERBEDAAN CARA UNGKAPKAN TERIMA KASIH DARI BERBAGAI NEGARA. MANA YANG – Tasty Snack Indonesia

PERBEDAAN CARA UNGKAPKAN TERIMA KASIH DARI BERBAGAI NEGARA. MANA YANG KAMU BANGET?

Mengucapkan "terima kasih" ketika seseorang membantu kita mungkin bagi beberapa orang sudah cukup, tetapi bagi beberapa orang di belahan bumi lain punya cara berbeda dalam mengungkapkan rasa terima kasih. Jika kamu punya banyak teman dari beberapa negara yang berbeda atau berniat untuk mengunjungi negara lain, mungkin kamu perlu mempelajari cara mengungkapkan rasa terima kasih dengan benar.

Karena ternyata, beberapa negara justru menganggap mengucapkan "terima kasih" merupakan tindakan yang tidak sopan. Nah, supaya kamu gak salah ucap atau berperilaku, baiknya baca artikel ini dulu sampai habis yuk!



JERMAN

Di Jerman, orang-orangnya relatif formal, sopan, dan lugas. Jika seseorang membantu atau memberi kita sesuatu, kita harus mengucapkan terima kasih atau dalam bahasa Jerman disebut "danke". Kamu bisa menambahkan kata "schön" untuk mengubahnya menjadi "terima kasih banyak" supaya lebih formal.

Pengucapannya pun berbeda-beda tergantung usia, karena jika kita ingin berterima kasih kepada atasan, orang penting, atau orang yang lebih tua, kita harus mengucapkan “ich danke Ihnen” yang artinya "Saya mengucapkan terima kasih" secara formal dan penuh hormat. Namun bagi orang Jerman, mengungkapkan rasa terima kasih juga sepatutnya diikuti oleh tindakan juga. Misalnya, kita bisa memberikan bunga sebagai tanda terima kasih.

 

 

INDIA

Bahasa yang paling banyak digunakan di India adalah bahasa Hindi, dan meskipun masing-masing negara bagian dan wilayah mungkin menggunakan bahasa yang berbeda, lebih dari 691 juta orang di India mengetahui bahasa Hindi. Ketika berlibur ke India atau bertemu dengan orang India yang menolong kita, kita bisa gunakan ucapan terima kasih formal “धन्यवाद्” (dhanyavaad), sementara ucapan informalnya adalah “शुक्रिया” (shukriyaa) yang biasanya digunakan untuk keluarga dan teman.

Yang perlu diingat, budaya India sering memandang ungkapan “terima kasih” sebagai kata yang menyinggung karena merasa pertolongan mereka dianggap pamrih. Jadi mengucapkan terima kasih justru dianggap basa-basi dan tidak bersungguh-sungguh. Gunakan kata “terima kasih” sejarang mungkin supaya mereka tidak menganggapnya hanya ucapan biasa.

 

 

JEPANG

Orang Jepang biasanya mengucapkan terima kasih dengan membungkuk atau memberikan hadiah. Cara kita menunjukkan rasa terima kasih bergantung pada seberapa baik kita mengenal orang tersebut dan status sosialnya. Berterima kasih dengan cara membungkuk sangat umum di Jepang. Tidak hanya ungkapan terima kasih, membungkuk juga digunakan ketika kita ingin meminta maaf. 

Konsep pemberian hadiah di Jepang untuk mengungkapkan rasa terima kasih satu sama lain juga ada aturannya lho! Zaman dulu, pemberian hadiah sebaiknya dilakukan secara langsung atau tanpa perantara, dengan cara mengunjungi penerima dan menyerahkan hadiahnya secara langsung. Nah, penerima hadiah juga tidak boleh langsung membuka hadiahnya. Sebaliknya, mereka meletakkan hadiah tersebut di depan kuil rumah sebagai bagian dari penghormatan. Tapi karena sekarang orang Jepang sudah banyak yang merantau, maka pemberian hadiah lewat perantara bisa dimaklumi. 



FILIPINA

Utang na loob adalah prinsip budaya orang Filipina yang bisa berarti hutang budi dan timbal balik. Artinya, bantuan yang kita terima menjadi hutang seumur hidup kepada orang yang membantu kita. Dalam budaya Filipina, mereka selalu ingat untuk memberikan hadiah sebagai ungkapan terima kasih, mulai dari asisten rumah tangga sampai tukang kebun. Karena mereka percaya, setiap orang yang mereka temui punya andil dalam kehidupan mereka dan sudah kewajiban mereka untuk menunjukkan rasa terima kasih.

Ucapan terima kasih yang paling populer di Filipina adalah “salamat”, yang merupakan ucapan terima kasih yang paling mendasar dan informal. Tapi jangan sampai salah ucap ya! Karena kalau kamu berbicara dengan orang yang lebih tua, kamu harus mengatakan “salamat po”, ucapan terima kasih yang lebih formal.

 

RUSIA

Ucapan terima kasih di Rusia lebih tradisional dan sering dikaitkan dengan mitos setempat. Jika seseorang ramah, kamu bisa berterima kasih dengan memberikan bunga atau coklat. Namun, hindari memberikan bunga berwarna kuning karena melambangkan nasib buruk. Dan jangan memberikan bunga dalam jumlah genap karena angka genap biasa digunakan untuk pemakaman.

Ucapan terima kasih Rusia yang paling sederhana adalah “спасибо” (spa-see-ba). Namun jika kamu ingin mengucapkan terima kasih kepada kolega atau orang yang lebih tua, kamu bisa menggunakan kata “Большое спасибо” (bal-shoye spa-see-ba), yang artinya “terima kasih banyak”.



Belajar tentang bagaimana orang-orang dari budaya yang berbeda mengungkapkan terima kasih merupakan sesuatu yang penting lho. Apalagi setiap hari kita bertemu dengan banyak orang. Nah, kalau kamu lagi cari hadiah ungkapan terima kasih, kamu bisa temukan banyak pilihan thank you gift di www.tastysnack.id. Happy hunting!