10 Kolaborasi Unik Brand Makanan yang Keren Banget – Tasty Snack Indonesia

10 Kolaborasi Unik Brand Makanan yang Keren Banget

Kolaborasi antar brand merupakan strategi yang sering digunakan oleh industri makanan untuk meningkatkan daya tarik produk dan menjangkau pasar baru.

Dalam dunia kuliner, kolaborasi dapat dilakukan antar merek makanan yang berbeda atau antara merek makanan dengan merek lain yang berbeda sektor. Berikut adalah beberapa contoh kolaborasi brand makanan dengan brand lain.

1. Oreo x Blackpink 

oreo blackpink

Siapa tidak kenal Oreo? Biskuit dengan rasa khas yang terkenal di seluruh dunia ini pasti tidak asing lagi di telingamu. Pada akhir 2022, Oreo berkolaborasi dengan Blackpink, girl band populer asal Korea Selatan dengan mengeluarkan biskuit edisi khusus.

Oreo X Blackpink memiliki kemasan yang terlihat mencolok dengan logo Blackpink di depannya. Bila kamu membeli Oreo x Blackpink kemasan multipack isi enam yang berwarna pink, kamu juga bisa mengoleksi photo card dari para member Blackpink yaitu Jisoo, Rose, Jennie dan Lisa!

Dapatkan Oreo x Blackpink hanya di Tasty Snack!

2. Snickers x BTS 

snickers bts

Snickers meluncurkan cokelat edisi terbatas BTS x Snickers dalam kemasan berwarna ungu pada Agustus 2022 lalu.

Di setiap bungkus coklat tertera logo BTS serta judul lagu-lagu hits mereka seperti 'I'm Fine', 'Good Day', 'Never Mind', 'For You', 'Make It Right’, 'Life Goes On', 'Save Me' dan 'Spring Day'.

Sayangnya, Snicker x BTS ini tidak dirilis di Indonesia. Snicker edisi terbatas ini baru dirilis di Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, Taiwan dan Vietnam.

3. Yupi x Dear Me 

yupi dear me

Sumber: Yupiland

Inilah contoh kolaborasi produk makanan yang tidak biasa. Brand permen Yupi dengan brand kosmetik Dear Me bekerjasama dan menciptakan sebuah eyeshadow palette yang diberi nama Baby Bears Eyeshadow Palette.

Eyeshadow ini mempunyai bentuk kemasan beruang yang gemas dan dilengkapi cermin pada bagian tutupnya. Sementara untuk pilihan shade-nya pun juga sangat beragam.

Terdapat 25 variasi warna di eyeshadow palette ini yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Pigmentasinya juga sangat baik, lho!

4. Indomie x The Goods Dept 

indomie goods dept

Sumber: @thegoodsdept

Indomie adalah makanan yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Bagaimana tidak? Indomie sudah diekspor ke berbagai negara seperti Nigeria dan Australia.

Gimana ya jika Indomie berkolaborasi dengan brand fashion seperti The Goods Dept?

Hasilnya, terdapat kemeja, t-shirt dan tote bag dengan desain yang pasti langsung mengingatkan dengan Indomie. Desainnya cool dan bisa kamu kenakan saat hangout bareng teman-teman. 

5. Chitato x Indomie Goreng 

chitato indomie

PT Indofood Fortuna Makmur selaku produsen Chitato resmi meluncurkan kembali Chitato X Indomie Rasa Mi Goreng. Sebelumnya, produk ini pernah diluncurkan pada tahun 2016 secara terbatas.

Sejak April 2022, kamu bisa mendapatkan kembali Chitato X Indomie dengan rasa yang sama persis seperti tahun 2016. Rasa Indomie goreng yang gurih ditambah renyahnya Chitato tentu saja bikin varian ini digemari banyak orang.

6. Cheetos x KFC 

cheetos kfc

Sumber: @thetakeout

Kedai waralaba ayam goreng cepat saji, KFC di Amerika Serikat telah merilis Cheetos Fried Chicken Sandwich. Menu baru ini terdiri dari ayam goreng renyah, Cheetos, saus, dan mayones yang diapit dengan roti burger.

Pada awal peluncurannya saja, Cheetos Fried Chicken Sandwich sudah menarik perhatian dari masyarakat di negeri Paman Sam. Lagi-lagi, sayangnya menu ini tidak masuk Indonesia. Semoga kapan-kapan bisa masuk Indonesia ya! :(

7. Oreo x Supreme 

oreo supreme

Sumber: Supreme

Kolaborasi makanan dengan brand lain berikutnya adalah Oreo dengan Supreme. Adanya kolaborasi ini sempat bikin geger seluruh dunia.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Supreme merupakan brand streetwear yang dikenal mempunyai harga fantastis.

Otomatis, biskuit hasil kerja sama Oreo dan Supreme ini pun memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan varian Oreo lainnya.

Satu bungkus Supreme Oreo dihargai di eBay bisa mencapai 18.000 dollar AS atau setara Rp 269 juta. Dalam harga normal, satu bungkus Oreo hanya dijual tiga dollar AS atau setara sekitar Rp 45.000.

Wah, mahal baget ya? Ini sih namanya biskuit untuk sultan!

8. Mentos x Innisfree 

Sumber: Innisfree

Kamu si pecinta K-beauty pasti tahu brand Innisfree, bukan? Innisfree merupakan salah satu brand kosmetik dan perawatan wajah asal Korea Selatan dengan berbagai macam produk kecantikan.

Dalam merayakan anniversary produk dari Innisfree yakni No Sebum Mineral Powder yang ke-14, Innisfree bekerja sama dengan Mentos untuk menghadirkan No Sebum Mineral Powder. Loose powder ini mempunyai enam jenis varian yang terinspirasi dari rasa permen Mentos. Cute banget! 

9. KFC x Sandalboyz 

kfc sandalboyz

Sumber: Sandalboyz

Kamu enggak perlu berkecil hati karena KFC x Cheetos tidak masuk Indonesia. KFC di Indonesia pun juga punya kolaborasi brand makanan yang tak kalah keren.

​​Pada 2019 lalu, KFC Indonesia bekerja sama dengan Sandalboyz, sebuah brand alas kaki Amerika yang didirikan oleh orang Indonesia. 

10. Luxcrime x Tango 

luxcrime tango

Sumber: Luxcrime

Merek kosmetik lokal, Luxcrime merilis kolaborasi bersama merek makanan ringan Tango! Kerjasama ini dimulai pada tahun 2022.

Kolaborasi antara Luxcrime dan Tango menghasilkan face palette yang terdiri dari blush, bronzer, dan highlighter.

Yang lebih menariknya, kemasan dari face palette juga menyerupai wafer Tango dan baunya pun juga mirip cokelat.

Itulah ulasan singkat mengenai kolaborasi brand makanan dengan brand lain. Mana yang kamu sudah cobain?

Tasty Snack menyediakan pilihan camilan lainnya yang bisa kamu pilih untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Yuk, pilih snack kesukaanmu hanya di Tasty Snack!