10 Cemilan Ini Bisa Kembalikan Energimu Setelah Olahraga! – Tasty Snack Indonesia

Lapar Setelah Olahraga? 10 Cemilan Sehat Ini Bisa Kembalikan Energimu Lagi!

Saat kita berolahraga, otot menggunakan glikogen, sumber bahan bakar tubuh, terutama saat olahraga berat. Maka setelah berolahraga, tubuh kita mencoba mengembalikan cadangan glikogen serta memperbaikinya. Caranya bagaimana? Makan makanan atau cemilan sehat dengan nutrisi yang tepat setelah berolahraga bisa membantu tubuh mengembalikan stok glikogen lebih cepat.

Tapi apakah semua makanan bisa dimakan setelah olahraga tanpa mengganggu diet kamu? Tentunya tidak, dong! Kamu juga gak perlu konsumsi makanan berat, karena rekomendasi cemilan sehat berikut ini aman dimakan setelah olahraga dan dijamin gak akan merusak diet kamu.

1. Oatmeal 

Kamu mungkin menganggap oatmeal sebagai menu sarapan saja, tapi pernahkah kamu mencobanya sebagai makanan setelah olahraga? Oatmeal adalah sumber karbohidrat yang sangat baik dicerna secara perlahan untuk menggantikan simpanan glikogen otot dan hati yang terpakai saat berolahraga.

Setelah olahraga berat, terutama jika jenis atau gerakan olahraganya bukan yang biasa kamu lakukan, otot bisa meradang lho. Nah, oatmeal mengandung fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi (peradangan). Mau dapat lebih banyak antioksidan, serat, dan lemak sehat, campurkan chia seed atau kacang cincang.

Gak perlu pusing lagi kalau cari cemilan sehat setelah olahraga, kamu cukup stok Verlin Cranberry Almond Crunchy Granola saja. Granola yang terbuat dari bahan-bahan alami premium yang bisa membuat energimu kembali lebih cepat. 

Tekstur granola yang renyah banget, berpadu dengan chia seed yang tinggi serat dan almond cranberry. Kamu bisa langsung mengonsumsinya tanpa harus menambahkan apapun lagi. Tapi kalau kamu mau efek mengenyangkan yang lebih lama, kamu bisa tambahkan susu tanpa lemak atau susu skim.

2. Dried Fruit 

Butuh cemilan sehat yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana setelah berolahraga? Dried fruit atau buah kering adalah pilihan makanan habis olahraga yang tepat. 

Saat kita berolahraga, tubuh mulai menggunakan simpanan glukosa dalam darah, karena perlu diubah menjadi glikogen, yakni karbohidrat yang disimpan di hati dan jaringan otot agar bisa maksimal dalam bergerak. Sebagai gantinya, kamu harus mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan sedikit protein. Buah kering memenuhi persyaratan itu semua.

Kamu tidak perlu takut gula darah naik, karena ada cemilan buah kering yang bebas pengawet dan pemanis tambahan. TYU dengan tiga varian rasa patut kamu cobain, ada TYU - Dragon Fruit Chewy, TYU – Kiwi Chewy Fruit, dan TYU – Pineapple Chewy Fruit

Rasa manis buah kering dari TYU 100% alami dan menggunakan 100% buah asli, jadi aman buat kamu yang lagi diet juga nih. Apalagi kemasannya yang menarik, berwarna cerah dan tidak terlalu besar, jadi enak buat dibawa bepergian. Simple dan praktis. Itu kan yang kamu cari?

3. Pisang 

Makan pisang setelah berolahraga dapat membantu meningkatkan produksi glikogen otot, mengurangi peradangan, dan membantu tubuh menggunakan protein secara lebih efektif, sehingga energi yang hilang bisa kembali lebih cepat. 

Pisang menjadi cemilan sehat yang enak untuk dinikmati setelah berolahraga karena kandungan kalium dan magnesium dalam pisang dapat mencegah dan meredakan kram otot. 

Kalau kamu malas stok pisang segar, kamu bisa stok Neo – Grainvege Roll Banana di rumah. Simple dan praktis! Cemilan sehat asal Korea ini terbuat dari 29 bahan alami: 21 biji-bijian dan 8 sayuran dengan rasa pisang, pasti kaya akan nutrisi dan bisa mempercepat pemulihan pasca olahraga.

4. Kacang Almond 

 

Memilih almond sebagai cemilan sebelum dan setelah olahraga adalah pilihan yang tepat karena dapat membantu kamu mendapatkan hasil maksimal dan menangkal rasa lapar setelah berolahraga. Dikemas dengan serat, vitamin B dan kalsium, almond adalah menjadi teman ngemil yang praktis dan lezat yang bisa dibawa kemanapun kamu berolahraga tanpa ribet.

Dalam segenggam almond (30g) mengandung 15 nutrisi penting, termasuk 65 persen kebutuhan harian kita yang kaya vitamin E dan antioksidan. Tapi kalau kamu butuh cemilan sehat dari almond yang gak bikin seret, kamu harus cobain Ladang Lima – Blackmond! Cookies sehat yang terbuat campuran kacang almond, coklat bubuk, margarin, gula aren, tanpa menggunakan telur, gluten free, tanpa MSG, dan bebas bahan pengawet. Jadi aman ya buat kamu yang lagi diet sehat.

5. Keju 

Keju mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan otot, yang sangat dibutuhkan saat kita berolahraga. Kamu dapat menikmati keju setelah berolahraga tanpa rasa bersalah, karena keju mengandung banyak nutrisi, diantaranya kalsium dan protein pembentuk tulang. Keju swiss, cheddar, dan mozzarella adalah jenis keju yang mengandung 7 - 8 gram kalsium dan protein per 100 gram, yang dapat membantu mengencangkan otot.

Dan sekarang ngemil keju jadi lebih praktis dan simple, karena ada Forager – Mild Cheddar! Cemilan keju yang terbuat 100% di Australia. Bentuknya seperti kubus kecil, punya tekstur crunchy, tanpa bahan tambahan dan bebas pengawet, bisa dinikmati sekali lahap. Yang lebih kerennya lagi, cemilan sehat ini bertahan sampai 2 tahun tanpa perlu dimasukkan ke dalam lemari es lho. Wow! Jadi penasaran ya gimana rasanya?

6. Edamame 

edamame

Edamame memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sebab Edamame mengandung tinggi protein sehingga kamu bisa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Edamame juga mengandung serat, vitamin K, protein dan asam amino yang tinggi. Berbagai kandungan tersebut bagus untuk kesehatan jantung dan kekuatan tulang.

Maka, tak heran jika edamame termasuk jenis cemilan yang sehat dan dapat dikonsumsi setelah olahraga. Cara mengolah edamame sangat mudah, kamu cukup mengukusnya lalu menaburi edamame dengan sea salt. Tinggal ngemil, deh!

7. Granola 

granola

Makanan manis selalu identik dengan makanan yang kurang sehat. Padahal, ada granola yang memiliki rasa manis namun tetap sehat. Granola cocok kamu konsumsi kapan saja, baik sebagai cemilan ketika bekerja atau malam hari.  Kamu yang sering olahraga di pagi hari dapat menyantap granola untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. 

Kemasan granola pun juga beragam. Contoh varian granola yang paling umum adalah granola bar dan granola bite dengan kemasan yang lebih kecil namun lebih mudah dikonsumsi. 

Tasty Snack punya rekomendasi granola yang enak buatmu, nih! East Bali Cashews - Granola Bites Chocolate Vanilla bisa kamu cobain apabila kamu suka kombinasi granola dengan kacang mete yang crunchy ditambah dengan rasa dark chocolate dan vanilla yang khas. Dijamin gak bikin bosan.

8. Smoothie 

smoothie

Kamu sudah berkeringat cukup banyak saat berolahraga dan membutuhkan pengganti dari tenaga yang terkuras. Mengonsumsi smoothie setelah olahraga dapat memberikan asupan energi, cairan serta mineral. Smoothie bisa menjadi asupan pengganti yang cepat dicerna dan kaya zat gizi.

Smoothie tanpa kandungan gula adalah contoh cemilan sehat lainnya yang kamu bisa buat sendiri di rumah. Sebaiknya smoothie tidak perlu diberi gula tambahan. Sebab, buah-buahan seperti strawberry dan pisang yang biasa dijadikan smoothie sudah memilih rasa yang cukup manis. Jika pun kamu masih merasa kurang manis, gunakanlah pemanis alami seperti madu yang lebih sehat.

Kamu dapat menggunakan satu buah saja atau memadukan dengan beberapa jenis buah lain. Selain dapat mengganjal perut sementara, kandungan serat dari buah-buahan juga membuat saluran pencernaan semakin lancar.

9. Kurma 

kurma

Buah kurma adalah salah satu jenis buah yang kamu sering temukan saat bulan Ramadhan ketika umat muslim sedang berpuasa. Rasanya yang manis membuat buah ini sering disajikan sebagai hidangan berbuka puasa. 

Siapa sangka ternyata buah mungil ini juga cocok dijadikan cemilan setelah berolahraga? Kurma mengandung potasium yang tinggi dan mampu membantu merevitalisasi tubuh pasca olahraga. Tak hanya itu, dalam 100 gram buah kurma mengandung 7 gram serat yang bagus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

10. Konnyaku Jelly

tarami

Siapa yang suka jelly? Makanan yang satu ini sering dikonsumsi dingin ketika cuaca sedang panas-panasnya. Salah satu contoh cemilan sehat yang dapat kamu konsumsi setelah berolahraga untuk menurunkan berat badan atau hanya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah konnyaku jelly. Makanan yang satu ini bisa jadi pengganti minuman soda pelepas dahaga setelah kamu berkeringat. 

Biasanya konnyaku jelly tersedia dalam varian rasa buah yang manis dan menyegarkan. Kamu bisa mencoba Tarami - Konjac Hokkaido Melon. Kemasan yang praktis berbentuk pouch akan memudahkanmu mengonsumsinya. Ditambah lagi dengan rasa melon Hokkaido menjadikan konyaku jelly dari Tarami ini memiliki rasa yang enak. 

Aneka camilan sehat yang dapat kamu konsumsi setelah olahraga di atas dapat ditemukan dengan mudah. Memulai hidup sehat tidak begitu sulit, bukan? Selama ada kemauan, kamu pasti bisa memulai gaya hidup sehat bagus untuk perkembangan tubuhmu. Tasty Snack punya koleksi cemilan sehat lainnya dengan berbagai variasi rasa, mulai manis sampai pedas, lho! Temukan snack favoritmu di Tasty Snack!