CATAT 7 TIPS INI SAAT BELANJA MAKANAN

CATAT 7 TIPS INI SAAT BELANJA MAKANAN

Makanan adalah produk yang wajib masuk daftar belanja bulanan. Belanja makanan memang terlihat mudah, tapi jika kita tidak teliti, bisa jadi makanan yang kita beli sudah tidak layak konsumsi. Ada beberapa tips yang harus kamu ingat jika ingin berbelanja makanan, mulai dari persiapan belanja sampai makanan tiba di rumah.

Meskipun sederhana, langkah-langkah ini sangat penting dan harus kamu terapkan saat berbelanja makanan. Supaya kualitas makanan saat dibeli dan saat kamu makan di rumah sama bagusnya. Let’s get started!

 

SELALU BUAT DAFTAR BELANJA

Jangan pernah berpikir kamu mampu mengingat semua makanan yang akan kamu beli, karena pasti di tengah berbelanja kamu jadi mudah lupa. Sebelum meninggalkan rumah, periksa lagi stok makanan yang ada di dapur dan pastikan kamu membeli bahan makanan pokok yang wajib stok setiap bulannya. Dengan membawa daftar belanja, kamu jadi tahu apa yang harus kamu ambil, jadi tidak perlu berlama-lama di satu tempat.

 

JANGAN PERNAH BERBELANJA SAAT LAPAR

Selain membuat kamu sulit berkonsentrasi, lapar saat berbelanja bisa menyebabkan banyak pengeluaran tak terduga. Yang seharusnya tidak kamu beli, justru kamu masukkan ke dalam troli. Jadi berbelanjalah setelah makan atau bawalah cemilan yang bisa kamu nikmati saat berbelanja. 


MASUKKAN DAGING DAN PRODUK SUSU KE TROLI PALING TERAKHIR

Jika kamu akan berbelanja banyak makanan dan menghabiskan waktu lebih lama, kamu harus memilah mana makanan yang harus dimasukkan terlebih dulu ke troli dan mana yang paling terakhir. Produk susu atau daging harus dimasukkan terakhir karena produk tersebut dapat rusak jika dibiarkan terlalu lama di udara panas.

 

SELALU AMBIL PRODUK DI RAK PALING BELAKANG

Saat berbelanja makanan, kamu harus ingat bahwa petugas toko pasti sudah mengatur posisi makanan dengan sistem FIFO (first-in, first-out). Kamu justru harus berpikir sebaliknya, karena mereka pasti menyimpan makanan dengan expired date terdekat di posisi depan. Untuk itu, kamu harus mengambil makanan yang berada di rak paling belakang, misalnya susu, telur, dan makanan segar lainnya agar mendapatkan makanan dengan tanggal kadaluwarsa yang paling lama.

 

JANGAN PERNAH MEMBELI MAKANAN YANG KEMASANNYA RUSAK

Sumber: ABC News

Ketika berbelanja makanan, kamu harus sangat teliti saat mengecek kondisi kemasan. Pastikan kemasan makanan yang kamu beli masih dalam keadaan tersegel dan tidak rusak. Meskipun terlihat baik-baik saja, makanan kaleng dengan kondisi kaleng yang sudah penyok pun bisa berisiko terkontaminasi. Beberapa makanan sangat berisiko tumbuh bakteri dan jamur jika disimpan dengan cara yang salah, misalnya daging, produk berbahan dasar susu, telur, makanan yang mengandung produk seafood, dan makanan siap saji.

 

CEK TANGGAL DI KEMASAN

Selalu periksa tanggal yang tertera pada makanan yang mudah rusak, terutama makanan yang didinginkan atau dibekukan. ‘use-by’ date dan expired date menunjukkan tanggal dimana makanan aman dikonsumsi sampai tanggal yang tertera di kemasan. Best before date menunjukkan jangka waktu maksimal makanan akan memiliki kualitas terbaiknya, jadi jika kamu ingin dapatkan semua nutrisi yang ada pada label makanan, maka sebaiknya konsumsi sebelum best before date berakhir.

 

PRIORITASKAN MAKANAN YANG RENTAN RUSAK UNTUK DIBAWA PULANG TERLEBIH DULU

Jika kamu membeli makanan yang panas, dingin, atau beku, kamu harus membawanya pulang secepat mungkin. Kalau jarak tempuh dari supermarket ke rumah lebih dari 30 menit, atau pada hari itu cuaca sangat panas, sebaiknya masukkan makanan dingin atau beku ke dalam cooler bag. Begitu sampai di rumah, segera masukkan makanan dingin atau beku ke dalam lemari es atau freezer.


Di Tasty Snack, kamu tidak perlu khawatir ketika berbelanja cemilan secara online karena snack yang kami jual adalah produk premium yang sudah lulus quality control, karena kami ingin memastikan kamu mendapatkan manfaat terbaik dari setiap snack yang kamu makan. Happy shopping!