Daftar Makanan yang Bisa Bikin Adem Saat Musim Panas – Tasty Snack Indonesia

Daftar Makanan yang Bisa Bikin Adem Saat Musim Panas

Saat cuaca panas, pasti bawaannya pengen minum atau makan yang seger-seger. Menurut Times of India, kecenderungan untuk minum yang dingin saat cuaca panas adalah hal yang sangat wajar. Itu adalah respons tubuh terhadap banyaknya kandungan air yang dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat.

Menurut cuitan @infobmkg, beberapa negara di Asia memang sedang mengalami gelombang panas atau heatwave selama seminggu terakhir. Akibatnya, cuaca di Indonesia pun terasa lebih panas dari biasanya. Apa yang biasanya kalian lakukan kalau lagi kepanasan?

 

 

Cara Mendinginkan Tubuh

Tubuh kita bisa menurunkan suhunya dengan cara berkeringat atau melepaskan panas ke udara atau air yang lebih dingin di sekitarnya. Kamu juga bisa membatasi aktivitas di luar ruangan yang langsung terkena sinar matahari, dan selalu gunakan sunscreen, topi atau payung jika harus keluar rumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi panas tubuh:


1 | Minum minuman dingin

Konsumsi air dalam jumlah banyak secara berkala dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menyejukkan. Minum minuman yang dingin, misalnya air putih, air kelapa, atau limun, dapat membantu menurunkan suhu tubuh.


2 | Mandi

Mandi dapat membantu kamu merasa segar dan sejuk. Ketika tidak memungkinkan untuk mandi berkali-kali, cukup dengan merendam kaki di dalam air dingin selama beberapa menit dapat memberikan rasa nyaman dan menenangkan.


3 | Hindari makanan pedas

Banyak bumbu dapur yang bisa menyebabkan panas, seperti jahe, cabai, bawang putih, merica dan bawang merah. Makanan pedas membuat tubuh lebih panas, akibatnya bisa menyebabkan banyak masalah, misalnya sakit perut. Pilihlah minuman dingin atau makanan ringan saat cuaca panas.


4 | Hindari makan gorengan

Konsumsi minyak yang berlebihan bisa meningkatkan panas dalam tubuh, hindari makan makanan yang digoreng. Ganti dengan makanan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, atau protein yang tidak digoreng.


5 | Hindari kafein

Kafein dan alkohol juga bisa meningkatkan suhu tubuh dan harus dihindari, terutama di musim panas. Seperti yang disebutkan dalam situs University of Michigan kalau kafein dapat meningkatkan tekanan darah, suhu tubuh, aliran darah ke kulit & ekstremitas, kadar gula darah, sekresi asam lambung dan produksi urin.


6 | Tidak Mengonsumsi Garam

Suhu tubuh yang tinggi juga disarankan untuk mengurangi konsumsi garam, karena kandungan natrium meningkatkan tekanan dalam tubuh, yang dapat membantu menaikkan suhu tubuh. Namun jika kamu punya riwayat tekanan darah rendah, kamu bisa mengonsumsi garam dalam jumlah yang direkomendasikan.


7 | Hindari daging merah

Daging merah seperti daging kambing, domba atau jenis daging lainnya jika dikonsumsi justru bisa meningkatkan suhu tubuh. Selama musim panas, kurangi konsumsi daging, terutama jika kamu sering pusing atau lemas saat cuaca terik dan gerah.


8 | Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran

Sayuran dan buah-buahan seperti bayam, mint dan jeruk yang kaya vitamin C terbukti bisa menurunkan suhu tubuh. Mentimun, alpukat dan semangka adalah beberapa contoh buah dan sayuran yang wajib kamu stok selama musim panas.

 

 

Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Mendinginkan Tubuh Saat Kepanasan

Ada banyak makanan yang bisa kamu konsumsi saat cuaca panas dan makanan ini wajib kamu stok di rumah. Yuk dicatat daftar makanannya!


Mentimun

Dalam sebuah studi dikatakan kalau mentimun mengandung 96% air, jadi bisa menghidrasi dan menurunkan suhu tubuh dengan cepat. Makan timun selama musim panas akan saat berguna, karena kita cenderung mudah dehidrasi jika kepanasan. Kamu bisa menikmati mentimun sebagai salad atau dibuat jus dengan jahe dan lemon.


Melon & Semangka

Kedua buah ini paling laku saat musim panas. Mengandung banyak air yang dibutuhkan tubuh, melon dan semangka bisa dimakan langsung maupun dibuat jus atau smoothies. Tidak hanya menghidrasi, tetapi juga penuh dengan nutrisi, seperti vitamin B, magnesium, potasium, dan serat.


Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau dikenal memiliki kandungan gizi yang melimpah, salah satunya kalsium. Mengonsumsi sayur juga punya efek mendinginkan tubuh yang bagus. Kamu bisa memasak sayur bayam, selada atau kangkung selama musim panas.


Mangga

Buah lain yang menjadi favorit saat musim panas adalah mangga. Mangga bagus untuk pencernaan, menurunkan suhu tubuh dan bisa meningkatkan energi. Kamu pun bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari smoothies, pudding, sampai mango sticky rice ala Thailand.


Lemon

Cara paling simple untuk menambah rasa pada segelas air adalah meminumnya dengan lemon. Lemon memiliki nutrisi yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun, membuat kulit glowing dan mengandung asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu minuman rasa lemon yang wajib kamu stok saat cuaca panas adalah NutriVille Collagen Drink Lychee Lemon. Minuman yang mengandung 500 mg kolagen ini bukan hanya bisa mendinginkan tubuh tapi juga bagus untuk kesehatan kulit kamu. Kulit jadi lebih kenyal dan terlihat awet muda, dengan tambahan Vitamin C yang membantu mempercepat penyerapan kolagen dalam tubuh.


Alpukat

Alpukat adalah buah serbaguna. Dilengkapi dengan asam lemak tak jenuh yang banyak, dapat membantu menghilangkan panas dan racun dari darah. Alpukat juga mudah dicerna, jadi tubuh kita tidak perlu bekerja keras untuk mencernanya.


Air Kelapa

Sudah banyak yang tahu kalau air kelapa adalah salah satu minuman yang paling banyak dicari saat cuaca panas. Air kelapa mengandung elektrolit yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan menjaga suhu tubuh tetap sejuk.


Ternyata ada banyak cara supaya gak kepanasan tanpa mengandalkan AC. Penasaran khasiatnya? Langsung cobain aja ya!