10 Makanan Mood Booster Anti Galau yang Patut Kamu Coba – Tasty Snack Indonesia

10 Makanan Mood Booster Anti Galau yang Patut Kamu Coba

Makanan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan mood seseorang. Beberapa jenis makanan kaya akan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan mood dan mengatasi masalah emosional seperti depresi atau kecemasan.

Supaya kamu gak gampang galau, Tasty Snack akan merekomendasikan beberapa makanan mood booster untuk sehari-hari.

1. Chia Seed 

chia seed

Tahukah kamu jika mengonsumsi chia seed mampu meningkatkan mood? Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 yang tinggi dalam chia seed. Bagi kamu yang mencari alternatif omega-3 selain makan daging, maka chia seed bisa menjadi solusi. Kamu bisa mencampurkan chia seed dengan minuman atau puding favoritmu.

Oliva - Chia Seed adalah pilihan praktis untuk mengonsumsi chia seed. Kemasan pouch membuat Oliva - Chia Seed mudah dimasukkan ke tas. Sehingga kamu bisa membawanya untuk pendamping bekal makan siang di kantor. 

2. Ikan Salmon 

ikan salmon

Makanan yang bikin mood naik berikutnya adalah ikan salmon. Berdasarkan sebuah penelitian, ikan salmon kaya akan omega-3 yang dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Kandungan omega-3 juga dapat membantu perkembangan sel otak. Di samping omega-3, ikan salmon juga mengandung protein, Vitamin B12 dan Vitamin D yang cukup tinggi dalam tubuh.  

3. Oat 

oat

Sebuah studi menjabarkan bahwa konsumsi 1,5 - 6 gram serat dari oat saat sarapan dapat meningkatkan energi dan suasana hati. Sebab, konsumsi serat bisa membuat kadar gula darah menjadi lebih stabil, sehingga mampu mengendalikan perubahan suasana hati.

Makanan untuk mood booster yang satu ini bisa dikonsumsi langsung dengan susu atau dipanggang menjadi oat bar.  

4. Bayam 

bayam

Sayur-sayuran hijau seperti bayam mengandung asam folat. Kandungan asam folat memainkan peran yang cukup penting dalam produksi dopamin, yakni sebuah zat yang mampu menjaga suasana hatimu tetap tenang.

Riset menunjukkan jika kekurangan asam folat akan menimbulkan beberapa gangguan mental dan otak, seperti demensia dan depresi.  

5. Anggur 

anggur

Buah anggur yang selama ini sering kamu konsumsi ternyata memiliki kandungan triptofan, yakni salah satu jenis asam amino yang mampu memproduksi melatonin.

Adanya melatonin ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Ketika waktu tidurmu berkualitas, kamu akan bangun lebih segar dan bugar keesokan harinya. Tidak ada lagi istilah bad mood di pagi hari karena masih ngantuk! 

6. Dark Chocolate 

dark chocolate

Dark chocolate merupakan makanan penghilang bad mood yang mudah sekali kamu dapatkan di mana saja.

Penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University Adventist Health Sciences Center mengungkapkan bahwa konsumsi dark chocolate dapat mengurangi stres dan peradangan, sekaligus meningkatkan daya ingat, kekebalan, dan suasana hati.  

7. Makanan Fermentasi 

makanan fermentasi

Siapa sangka jika makanan fermentasi seperti kimchi, yogurt, kefir dan kombucha adalah makanan penambah mood yang juga baik untuk kesehatan usus?

Hal ini disebabkan oleh proses fermentasi yang merangsang bakteri hidup berkembang biak dalam makanan dan pada akhirnya menghasilkan prebiotik. Mikroorganisme hidup ini mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus serta meningkatkan kadar serotonin yang akan mempengaruhi suasana hatimu. 

8. Jeruk 

jeruk

Jeruk memiliki rasa manis yang cukup khas dan paling enak dikonsumsi saat cuaca panas.

Selain itu, buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang merupakan sumber antioksidan untuk menghasilkan dopamin dan serotonin dalam tubuh. Kedua zat tersebut mampu menstabilkan suasana hati. 

9. Biji Bunga Matahari 

biji bunga matahari

Mengonsumsi biji bunga matahari saat waktu ngemil tidak ada salahnya. Cemilan ini mudah sekali didapatkan dan mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu kandungan biji bunga matahari adalah selenium. Adanya selenium mampu berperan aktif untuk menjaga kinerja otak serta melawan stress. Bahkan, kekurangan selenium cenderung membuatmu menjadi bad mood. 

10. Makanan Pedas 

makanan pedas

Siapa yang suka makanan pedas? Bagi kamu penggemar makanan pedas, maka ini adalah berita baik. Makan makanan pedas menyebabkan otak memproduksi hormon serotonin untuk melawan depresi dan stres.

Bisa dibilang, mungkin ini sebabnya kenapa para spicy lovers terlihat sangat bahagia padahal sedang kepedasan saat makan makanan pedas.

Bagaimana? Yang mana makanan mood booster favoritmu? Cek koleksi cemilan Tasty Snack untuk pilihan snack lainnya yang lebih beragam. Mau manis sampai asin, semua ada! Tinggal pilih mana yang kamu suka dan tunggu cemilan dikirim sampai ke rumahmu.