5 Rekomendasi Makanan yang Bagus untuk Redakan Gejala Asma – Tasty Snack Indonesia

5 Rekomendasi Makanan yang Bagus untuk Redakan Gejala Asma

Kamu tentu tak asing dengan asma, penyakit yang kebanyakan merupakan penyakit bawaan. Menurut WHO, asma adalah penyakit yang bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. Penyakit ini terjadi ketika saluran udara di paru-paru menyempit akibat peradangan dan pengencangan otot di sekitar saluran udara kecil yang menimbulkan beberapa gejala asma seperti batuk, sesak napas dan sesak dada.

Gejala-gejala ini bersifat ‘kambuhan’ dan biasanya memburuk pada malam hari atau saat berolahraga. Menurut data Kementerian Kesehatan RI tahun 2020, jumlah penderita asma di Indonesia mencapai 4,5 persen dari total jumlah penduduk atau sebanyak 12 juta lebih jiwa dan menjadi salah satu jenis penyakit yang paling banyak diidap oleh masyarakat Indonesia hingga akhir tahun 2020

Untuk itu, bagi penderita asma, mereka memiliki pantangan terhadap makanan tertentu yang bisa memicu gejala muncul. Namun tenang saja, Tim Tasty Snack sudah merangkum lima daftar makanan yang bisa meredakan gejala asma. Apa sajakah itu? Let’s check it out!


1 | Apel

Cara sederhana untuk mengurangi gejala asma adalah dengan perbanyak konsumsi buah, terutama apel. Menurut Mayo Clinic, buah merupakan sumber beta karoten, vitamin C dan E yang bagus, yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di paru-paru.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa orang yang makan 2-5 apel seminggu memiliki risiko asma 32% lebih rendah daripada orang yang makan lebih sedikit apel. Flavonoid, antioksidan dalam apel sangat penting dalam membuka saluran udara.


2 | Kuning Telur

Orang yang mengidap asma parah memiliki kadar vitamin D yang rendah, untuk itu mereka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D, misalnya saja telur. Sumber vitamin D dari telur, khususnya kuning telur, dapat membantu tubuh mengendalikan peradangan.


3 | Ikan Salmon

Selain telur, makanan lain yang kaya vitamin D adalah ikan dan salmon adalah ikan yang mengandung banyak vitamin D, antioksidan dan lemak sehat. Seperti yang dikutip dari WebMD, asam lemak omega-3, terutama pada ikan berlemak seperti salmon, dapat membantu mengurangi jumlah Immunoglobulin E (IgE) yang dihasilkan tubuh. IgE yang menyebabkan masalah pernapasan pada beberapa penderita asma.


4 | Jahe

Sumber: FB Jahe & Co

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala asma. Terdapat sebuah penelitian tentang ‘rasa pedas’ jahe, terutama jahe mentah, dapat membantu membersihkan lendir di tenggorokan. Itulah mengapa banyak yang minum jahe hangat saat sedang batuk dan pilek, karena punya efek menenangkan untuk tenggorokan yang teriritasi dan gatal.

Dalam asthma.net dijelaskan kalau telah dilakukan sebuah penelitian tentang khasiat jahe yang berakhir pada Desember 2021. Hasilnya para peneliti menyimpulkan kalau konsumsi 2 gram jahe per hari akan mengurangi peradangan saluran napas dan akan mengurangi kadar serum penanda inflamasi terkait asma.

Agar lebih praktis, kamu bisa membawa permen jahe Bare Food kemanapun kamu pergi. Permen ini terbuat dari jahe asli Indonesia. Teksturnya chewy banget dan pas dimakan, langsung hangat di tenggorokan. Tersedia rasa original, jeruk dan mangga, permen jahe Bare Food bebas kolesterol dan natrium ya. Sangat praktis dibawa bepergian, untuk pertolongan pertama saat maag kambuh.


5 | Jus Tomat

Tomat kaya akan antioksidan dan rendah kalori, yang membuatnya menjadi cemilan paling baik untuk penderita asma. Yang paling penting, jus tomat dapat membantu saluran napas kita menjadi rileks. Antioksidan lycopene yang terkandung di dalam tomat juga diketahui mampu melegakan saluran udara setelah satu minggu konsumsi bagi penderita asma dewasa.

 

 

Asma memang penyakit yang cukup ‘tricky’, artinya banyak hal yang bisa memicu munculnya gejala. Lingkungan dan makanan adalah dua faktor utama. Untuk itu, dengan mengetahui makanan apa saja yang bisa meredakan gejalanya, kamu bisa stok makanan ini di rumah untuk jaga-jaga.

Temukan informasi tentang kesehatan, life style dan update seputar makanan terbaru di website dan media sosial Tasty Snack Indonesia.