Resep Cemilan Anak yang Terbuat dari Susu, Praktis dan Sehat! – Tasty Snack Indonesia

Resep Cemilan Anak yang Terbuat dari Susu, Praktis dan Sehat!

Ada satu rasa yang disukai hampir semua anak: rasa manis. Tak heran jika cemilan manis adalah snack yang paling dinanti anak saat masuk jam ngemil. Sayangnya tak banyak camilan manis yang menggunakan bahan-bahan yang sehat, seperti buah segar, gandum utuh, dan susu yang kaya nutrisi.

Susu sendiri mengandung banyak kalsium, potassium, vitamin D, dan protein berkualitas tinggi. Selain itu, semua nutrisi tersebut akan membuat anak kenyang, sehingga mereka tidak membutuhkan camilan tambahan sebelum makan malam. Berikut beberapa resep cemilan anak berbahan susu yang enak, praktis dan sehat.



Chia Seed Pudding

Sumber: Pop Sugar

Daripada menggunakan puding instan, kamu bisa membuat puding sendiri hanya dengan modal susu dan biji selasih atau chia seed. Puding ini bisa membuat si kecil kenyang hingga waktu makan malam. Kamu cukup mencampur 2-3 bungkus Nutify Chia Shot (tergantung selera) yang dicampurkan dengan 3 cangkir susu murni dan 2 sendok maple syrup atau madu dalam mangkuk besar. Dinginkan selama 3 jam, lalu beri taburan granola, buah segar atau buah kering dari Forager Fruits untuk tambahan nutrisi.


Peaches and Cream Popsicles

Anak-anak sangat suka desert manis, terutama es krim. Kamu bisa berkreasi dengan susu dan buah persik untuk membuat es loli. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu cukup blender 2 buah persik hingga halus, lalu tambahkan 2 cangkir susu. Tuang adonan ke dalam cetakan es loli dan bekukan selama 4-6 jam di freezer.

Tak berhenti disitu, kamu bisa tambahkan coklat putih sebagai topping yang dilelehkan menggunakan microwave setiap kali ingin menikmati es loli. Teksturnya sangat lembut dengan kombinasi rasa manis dan asam khas buah persik. Anak-anak dijamin suka, apalagi saat cuaca panas!


Carrot-Apple Oat Muffins

Muffin dari sayuran dan buah, apa bisa? Bisa banget! Jika anak susah makan sayuran, kamu bisa membuatkan resep cemilan sehat ini untuk si kecil. Bahan-bahannya cukup banyak, tapi semuanya mudah ditemukan, diantaranya tepung terigu, oat, apel, wortel, susu, telur, baking powder dan soda kue. Untuk penguat rasanya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu manis bubuk, jahe, pala dan gula merah.

Semua bahan dicampur menjadi adonan muffin, lalu dituang ke dalam cetakan muffin. Panggang dalam oven dengan suhu 350 derajat selama 15 menit. Biarkan dingin selama 10 menit dan muffin sudah siap disantap! Untuk resep selengkapnya kamu bisa lihat disini.


Strawberry Chocolate Banana Smoothie

Sumber: Elizabeth Rider

Tidak ada yang bisa menolak kombinasi coklat dan stroberi. Untuk membuat smoothie sederhana ini, kamu cukup mencampurkan 1 cangkir frozen strawberry, 1 cangkir susu cokelat, dan 1 buah pisang. Kamu bisa menggunakan almond milk dan bubuk kakao untuk nutrisi yang lebih bagus.

Blender semua bahan sampai halus. Resep ini bisa menghasilkan 2 porsi smoothie yang bisa dinikmati si kecil saat rasa lapar melanda. Snack sehat dan praktis yang bikin kenyang!


Banana Pancake

Sumber: Ambitious Kitchen

Pancake pisang ramah bayi dan anak ini dibuat hanya dengan empat bahan sederhana yang pasti kamu miliki di dapur: pisang, telur, tepung kelapa dan susu (ASI juga bisa jika masih menyusui). Pertama, haluskan pisang menggunakan garpu. Jika sudah halus, masukkan telur dan aduk sampai rata. Lalu masukkan tepung kelapa dan susu, aduk lagi hingga merata. Tuang di cetakan pancake, masak hingga berwarna kecoklatan, jadi deh!

Banana pancake ini tidak hanya ramah anak, tapi juga bagus untuk orang dewasa. Rasanya sangat lezat dan penuh gizi. Proses pembuatannya pun mudah dan menyenangkan, jadi kamu bisa libatkan si kecil untuk membuatnya bersama-sama.


Jika kamu tak punya banyak waktu, gak masalah! Kamu bisa stok banyak cemilan sehat untuk anak dengan belanja disini. Happy shopping!