10 Snack Jepang Paling Laris di Indonesia – Tasty Snack Indonesia

10 Snack Jepang Paling Laris di Indonesia

Jepang adalah negara yang kaya budaya, termasuk soal makanan ringannya. Misalnya, saat upacara minum teh tradisional Jepang (sado), selalu disediakan permen tradisional Jepang yang disebut ohigashi. Permen ini sangat cocok disantap bersama dengan teh hijau khas Jepang.

Selain ohigashi, masih banyak jajanan Jepang lainnya, yang unik dan sangat disukai oleh warga Jepang. Sama seperti ohigashi, ada snack lain yang dikonsumsi memang untuk tujuan tertentu. Tapi apa arti sebenarnya cemilan bagi orang Jepang?

 

 

Arti Camilan bagi Orang Jepang

Sumber: Unsplash

Orang Jepang menyukai makanan manis seperti buah atau permen sebagai menu ngemil mereka. Jam ngemil orang Jepang adalah jam 3 sore dan menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Di saat-saat inilah banyak yang pergi ke toko swalayan, supermarket, dan toko-toko yang khusus menjual makanan ringan.

Permen dan makanan ringan di supermarket biasanya dipajang di rak-rak khusus. Sementara di warung biasanya hanya ditumpuk saja. Momen memilih snack ini adalah momen yang menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. Karena mereka seperti ‘berpetualangan’ mencari snack yang paling enak dengan harga murah.

 

 

Ciri Khas Snack Jepang

Sumber: Klook

Banyak makanan ringan di Jepang dijual dengan harga 10-100 yen, sehingga masih terjangkau oleh anak-anak. Meski harganya terjangkau, snack Jepang menawarkan banyak fitur menarik yang membuat anak-anak menyukainya karena ngemil jadi lebih menyenangkan.

Contohnya saja Nerunerunerune, permen handmade berbentuk bubuk yang harus dicampur dengan air. Warnanya akan berubah ketika sudah tercampur air dan proses pembuatannya ini memancing anak untuk berpikir kreatif dan menjadi sesuatu yang menyenangkan sebelum akhirnya mereka mencicipinya.

Ada pula snack Jepang berbentuk karakter lucu seperti hewan dan lainnya terinspirasi dari tokoh-tokoh anime. Selain itu, ada istilah ‘regional snack’ yang menandakan snack tersebut hanya dijual di daerah tertentu saja.

Misalnya, suatu daerah terkenal dengan buah apelnya, maka akan banyak snack yang berbahan dasar apel yang hanya dijual di daerah tersebut. Itulah kenapa snack Jepang sangat unik karena beberapa merek memiliki varian ‘limited edition’ yang tidak mungkin bisa ditemukan di daerah atau bahkan di negara lain.

 

 

Snack Jepang Terfavorit Orang Indonesia

Dikenal sebagai negara yang paling banyak ngemil, Indonesia juga dikenal menyukai cemilan asal Negeri Sakura. Ada banyak snack Jepang yang dijual di pasaran dan beberapa diantaranya menjadi snack favorit orang Indonesia. Berikut 10 daftar snack Jepang yang paling laris di Indonesia hasil investigasi tim Tasty Snack.


1 | KitKat

Sumber: Om Nom Nomad

Sejak diluncurkan pada tahun 1935, KitKat menjadi snack coklat paling menonjol di antara merek snack coklat lainnya di Jepang karena keunikan tiga lapis wafernya, yang dilapisi dengan cokelat lembut dan lezat. Kit Kat juga merupakan cokelat batangan pertama di dunia yang terbuat dari 100% sustainable cacao

Kemasannya yang berwarna merah terang selalu terpajang di rak depan kasir, membuat KitKat menjadi salah satu snack Jepang yang paling laris. Ditambah lagi banyak varian rasa unik yang semuanya enak dan bikin penasaran. Tak jarang wisatawan Indonesia membawa oleh-oleh KitKat selepas berlibur dari Jepang.

Tapi sekarang kamu tak perlu lagi pergi ke Jepang untuk menikmati KitKat yang hanya ada disana, karena di Tasty Snack kamu juga bisa mencobanya. Ada KitKat Mini Daifuku Flavor Chocolate dan KitKat Mini Chocolate Bar Whole Grain Flour!


2 | Chocobi

Jika kamu penggemar Anime Jepang, Crayon Shin Chan, pasti kamu sudah familiar dengan camilan favorit Shin Chan yaitu Tohato Chocobi. Banyak orang Indonesia yang penasaran dengan rasanya karena sebelumnya sudah menonton Shin Chan.

Snack ini adalah sereal berbahan dasar jagung berbentuk bintang yang diproduksi oleh Tohato dan Bandai pada tahun 2006. Sejak dirilis, biskuit ini sangat populer di Jepang. Hingga saat ini, sudah lebih dari 30 rasa berbeda telah dirilis. Namun, yang paling klasik dan menjadi favorit di Indonesia adalah varian coklat.

Rasanya manis dan coklatnya lembut, sangat disukai anak-anak. Yang menarik lagi, kemasan Chocobi berwarna hijau dengan karakter dinosaurus pink yang menggemaskan, sangat memanjakan mata anak-anak. Ditambah lagi ada bonus sticker di setiap kemasan yang bisa dikoleksi dari total 25 sticker.


3 | Koala’s March

Sumber: Blippo Kawaii Shop

Koala's March mirip seperti Hello Panda, biskuit yang bergambar karakter koala yang ceria berisi pasta coklat. Awalnya Koala’s March hanya tersedia dalam dua rasa: coklat dan stroberi, namun sekarang sudah ada total 8 varian rasa.

Dalam setiap kotak, tidak ada gambar koala yang sama. Total ada 210 karakter Koala March yang bisa kamu temukan setiap menikmati biskuit Jepang ini. Pantas saja snack Jepang ini paling banyak diburu anak-anak saat berbelanja ke supermarket.


4 | Tokyo Banana

Sumber: Ginza Sweets

Tokyo Banana adalah sponge cake berbentuk pisang yang lezat dan manis. Ukurannya kecil dan tersedia dalam beberapa varian rasa, namun yang paling populer adalah varian original. Sponge cake berisi krim pisang ini sering banget dijadikan oleh-oleh dari Jepang. Itulah mengapa banyak orang Indonesia yang sangat akrab dengan rasanya.

Bentuknya yang unik, rasanya yang enak, ditambah kemasannya yang sangat aman karena masing-masing produk dibungkus satu per satu jadi cocok untuk dibagi-bagi. Sudah pernah coba?


5 | Pocky

Sumber: Bokksu

Ada banyak alasan kenapa Pocky begitu populer di Indonesia. Diantaranya praktis dan tersedia dalam berbagai rasa, mulai dari cokelat klasik hingga pilihan yang lebih unik seperti sakura matcha dan keju. Pocky juga asik buat dibagi-bagi, karena dalam sekotak Pocky lumayan banyak isinya. Sangat cocok dibawa traveling dan gak berantakan pas dimakan.

Di Indonesia, Pocky sudah mulai tersedia dalam beberapa rasa. Salah satu varian Pocky yang jarang kamu temukan di Indonesia adalah Pocky Blueberry & Strawberry Korea Edition. Kamu gak perlu jauh-jauh ke Korea untuk cobain varian ini, karena di Tasty Snack sudah tersedia. Penasaran gimana rasanya? Cus langsung order aja ya!


6 | Pretz

Sumber: OMG Japan

Mirip seperti Pocky, bedanya biskuit stik ini tidak dilapisi coklat. Pretz sudah menjadi snack stick yang populer sejak tahun 1962 bahkan sebelum Pocky ada di pasaran. Kotak hijau di sebelah kiri pada gambar di atas adalah rasa salad. Bedanya dengan Pocky adalah varian rasa Pretz yang menawarkan rasa asin, seperti rasa original, ayam BBQ dan pizza.


7 | Calbee Jagabee

Sumber: Just Food

Salah satu produsen makanan ringan ternama asal Jepang, Calbee, memproduksi stik kentang Jagabee panggang. Stik kentang ini, diperkenalkan pertama kali pada tahun 2006. Menjadi satu-satunya keripik berbentuk stik, Calbee Jagabee mirip seperti kentang goreng.

Rasa dan aroma keripik kentang premium, dilengkapi bumbu yang lezat dan sangat renyah. Jagabee cukup sulit ditemukan di Indonesia, karena biasanya hanya tersedia di supermarket khusus menjual makanan-makanan impor. Meskipun begitu, bagi yang sudah pernah mencicipi pasti ketagihan.


8 | Meiji Almond / Macadamia

Sumber: Tokopedia

Buat penggemar coklat, pasti sudah kenal betul dengan kelezatan Meiji Almond Macadamia. Snack kacang berlapis cokelat Meiji ini memiliki lapisan coklat yang tebal. Kombinasi rasa manis dan gurihnya benar-benar sempurna.


9 | Bourbon Alfort

Sumber: Traveloka

Masih untuk pecinta coklat, Bourbon Alfort adalah salah satu snack Jepang yang paling banyak disukai. Jika biasanya coklat diapit oleh biskuit, ini justru sebaliknya, biskuit yang diapit oleh coklat. Tersedia dalam beberapa varian rasa: original, milk tea, premium black sesame, premium strawberry, vanilla latte, dan black.

Bourbon menjadi snack Jepang yang cukup laris di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak. Dan kabar baiknya, kamu bisa memesannya di Tasty Snack! Tersedia dua pilihan rasa yaitu Rich Chocolate dan Rich Chocolate Vanilla yang bisa kamu pilih.


10 | Royce Potatochip Chocolate

Sumber: ROYCE’ Chocolate Malaysia

Mungkin kamu terbiasa dengan keripik kentang berbumbu asin atau pedas, tapi justru inilah yang membuat Royce Potatochip Chocolate banyak diburu. Kombinasi antara keripik kentang asin dan cokelat manis justru membuat snack Jepang ini berhasil menarik hati pasar, termasuk konsumen Indonesia.

Kombinasi rasa manis dan asinnya, menghasilkan rasa yang unik dan bikin ketagihan. Meskipun kamu tidak tinggal di Jepang, sudah banyak supermarket dan toko-toko snack import yang menjual snack lezat asal Jepang ini. 


Ingin jajan snack Jepang favorit dan lezat lainnya? Kamu bisa pesan disini. Jika mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi kami via WhatsApp atau email ke askus@tastysnack.id. Happy Snacking!
Tags: snack jepang