SAMBUT HARI GURU, 5 NEGARA INI PUNYA CARA UNIK MERAYAKANNYA

SAMBUT HARI GURU, 5 NEGARA INI PUNYA CARA UNIK MERAYAKANNYA

Hari Guru adalah kesempatan sempurna bagi siswa untuk memberikan penghormatan kepada guru mereka. Meskipun Hari Guru dirayakan oleh berbagai negara di dunia, namun perayaannya tidak jatuh pada hari yang sama. Misalnya di Indonesia, Hari Guru ditetapkan pada tanggal 25 November sementara di India dirayakan setiap tanggal 5 September.

Di beberapa negara, Hari Guru dianggap sebagai hari kerja, sementara di negara lain, Hari Guru menjadi hari libur nasional. Meskipun masing-masing merayakan Hari Guru dengan cara yang berbeda, tujuan utama dari Hari Guru tetap lah untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pendidik. Penasaran negara mana saja yang punya cara unik rayakan Hari Guru? 

 

 

INDIA

Sumber: Outlook India

Dalam budaya India, guru diposisikan sebagai perantara Tuhan atau urutannya berada tepat di bawah Tuhan. Masyarakat India percaya bahwa gurulah yang membentuk masa depan suatu negara dan proses belajar adalah jalan menuju pencerahan. Pada tanggal 5 September setiap tahun Hari Guru dirayakan untuk menunjukkan rasa terima kasih atas jasa para guru. 5 September juga hari kelahiran Dr. Sarvepalli Radhakrishnan, yang pernah menjabat wakil presiden pertama India dan presiden kedua India.

Pada tahun 1962, Hari Guru resmi ditetapkan di India. Meskipun bukan hari libur, para murid di India merayakan Hari Guru dengan memenuhi ruang kelas dengan kartu ucapan, cokelat, bunga, dan berbagai pertunjukan ungkapan rasa terima kasih mereka kepada para guru yang berperan penting dalam membentuk masa depan mereka.

 

 

CINA

Sumber: People Daily

Para murid di Cina merayakan Hari Guru setiap tanggal 10 September dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya tergantung pada keputusan Menteri Pendidikan. Pelajar dari segala usia, terutama yang masih anak-anak, biasanya memberikan hadiah buatan tangan sendiri kepada guru mereka untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka atas kerja keras para guru.

Pada Hari Guru, para alumni juga akan mengunjungi sekolah lama mereka untuk bertemu dengan mantan guru mereka. Dulunya Hari Guru di Cina ditetapkan pada tanggal 27 Agustus, hari ulang tahun Konfusius, namun pemerintah Republik Rakyat China membatalkannya pada tahun 1951. Baru pada tahun 1985, Hari Guru berubah menjadi 10 September.

 

 

RUSIA

Sumber: foma.ru

Pada Hari Guru yang jatuh setiap tanggal 5 Oktober, murid-murid di Rusia tetap masuk sekolah. Pada hari itu, akan ada lomba, pertunjukan khusus dari para murid, seperti paduan suara dan upacara ‘penyerahan hadiah’ dari para murid kepada guru, contohnya award guru 'paling menyenangkan' atau 'paling modis'. Tidak hanya murid, orang tua murid pun ikut membantu memeriahkan acara, dengan menyediakan berbagai macam makanan seperti kue, pai dan salad untuk perayaan Hari Guru.

Biasanya para murid akan berbaris untuk memberikan bunga dan hadiah kepada guru mereka. Guru menerima ucapan selamat tidak hanya dari siswa, tetapi juga dari orang tua dan kolega. Hadiah bisa berupa sekotak coklat atau permen, namun paling sering hadiah untuk guru berupa hadiah buatan tangan atau hadiah yang sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ajar. Selain itu, para murid juga memberikan kartu ucapan kepada guru mereka, baik berisi puisi, lagu, atau kutipan.

 

 

THAILAND

Sumber: Thailand Foundation

Hari Guru Nasional di Thailand merupakan hari libur nasional yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 16 Januari. Pada hari ini, para siswa berusaha untuk menunjukkan kepada guru mereka ความเคารพ (khwaam khao-róp) atau ‘rasa hormat’. Orang Thailand percaya bahwa guru adalah salah satu sosok paling berharga bagi masyarakat, dan karena itu, pantas untuk diakui dan dihargai atas pengabdiannya. Tidak terbatas hanya pada guru sekolah, tetapi untuk guru di bidang kehidupan apa pun. Guru dipandang sebagai jalan menuju masa depan.

Di Thailand, perayaan Hari Guru dimulai sehari sebelumnya. Setiap sekolah di negara ini menyelenggarakan acara khusus untuk menghormati guru. Kegiatan pertama adalah mempersembahkan makanan kepada para bhikkhu. Setelah itu, siswa menghormati guru mereka dengan membawakan mereka พานไหว้ครู (phaan wâai khruu) atau ‘nampan bunga dengan lilin dan dupa’, lalu bersimpuh di kaki guru mereka.

Ada empat simbol yang sangat penting dalam perayaan Hari Guru di Thailand: 1. Bunga Ixora melambangkan pikiran yang tajam; 2. Bunga Terung melambangkan kerendahan hati siswa terhadap gurunya dan kesediaan mereka untuk belajar; 3. Rumput Cynodon melambangkan pertumbuhan pengetahuan siswa; dan 4. Nasi Tok melambangkan kemampuan siswa untuk berkembang dan bersinar terang dengan disiplin.

 

 

KOREA

Sumber: korea.net

Orang Korea merayakan Hari Guru setiap tahunnya pada tanggal 15 Mei atau pada hari sekolah terdekat sebelum tanggal 15 Mei. Baik murid yang saat ini masih diajar atau pernah diajar oleh guru tersebut, akan pergi ke kelas untuk menghormati guru favorit mereka dan memberi mereka sebuah bunga anyelir merah. Ada pula murid yang memijat kaki guru mereka sebagai bentuk terima kasih.

Selain apresiasi dari murid, para guru juga diapresiasi oleh pemerintah lewat Kementerian Pendidikan yang mengeluarkan penghargaan terhadap guru-guru yang berprestasi. Mereka dinilai dari metode pembelajaran dan seberapa kuat pengaruh mereka terhadap murid-murid dan pekerjaan mereka secara keseluruhan dalam memberdayakan masyarakat. Para alumni biasanya melaksanakan ‘acara syukuran’ di sekolah lama mereka sebagai bentuk rasa terima kasih kepada mantan guru mereka.

 


Seperti kata pepatah yang sudah sering kita dengar, ‘guru adalah pahlawan tanda jasa’. Jadi wajar saja jika Hari Guru di berbagai negara dirayakan sangat spesial. So, kalau kamu gimana? Sudah tahu hadiah apa yang cocok untuk diberikan pada guru kamu? Kamu bisa baca rekomendasi Tasty Snack selengkapnya disini ya!