10 Snack Korea yang Mirip dengan Snack Jepang – Tasty Snack Indonesia

10 Snack Korea yang Mirip dengan Snack Jepang

Asia dikenal sebagai surganya makanan yang lezat. Dua negara, Korea dan Jepang, terkenal dengan budaya makanan mereka yang kaya rasa dan inovatif. Mereka tidak hanya mempunyai hidangan utama yang enak, tetapi juga makanan ringan yang tak kalah menggugah selera.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi 10 snack Korea yang mirip dengan snack Jepang. Let’s get started!


1 | Choco Pie

Sumber: Amazon

Choco Pie adalah salah satu cemilan paling terkenal di Korea dan rasanya lezat. Ini sangat mirip dengan "Wagon Wheel" yang biasa ditemukan di Jepang. Choco Pie terbuat dari marshmallow yang diapit di antara dua lapis biskuit yang berselimut coklat.

Choco Pie mirip dengan camilan Wagon Wheels dari negara Jepang. Wagon Wheels juga memiliki marshmallow di antara dua lapisan biskuit, namun bentuknya lebih lebar dan lebih datar. Kamu suka yang mana?


2 | Pepero

Sumber: SnackFever

Pepero adalah camilan serupa dengan "Pocky" dari Jepang. Berbentuk biskuit stik tipis yang berselimut krim dengan berbagai rasa, seperti coklat, stroberi dan vanilla. Pepero juga memiliki tradisi unik di Korea, yaitu ‘Pepero’s Day’  yang dirayakan pada tanggal 11 November (11/11) karena bentuknya menyerupai angka 1.

Fyi, Pocky pertama kali dijual di Jepang pada tahun 1966. Lebih dulu rilis sebelum Pepero yang pertama kali dijual di Korea pada tahun 1983. Keduanya bisa dibilang ‘kembar identik’, karena pola atau motif pada bagian biskuit terlihat mirip sekali. Satu-satunya perbedaan yang bisa kita lihat di antara keduanya adalah Pepero isinya lebih banyak dibandingkan Pocky.


3 | Mandu

Sumber: IDN Times

Keduanya sebenarnya adalah modifikasi dari Jiaozi, sejenis dumpling Tiongkok. Di Jepang disebut Gyoza, sementara di Korea disebut Mandu. Perbedaan antara Gyoza dan Mandu terletak pada isinya. Gyoza mengandung lebih banyak bawang putih, kemudian bumbu yang digunakan hanya garam dan kecap. Sedangkan Mandu, memiliki beragam isi. Namun secara umum, keduanya dapat digoreng atau dimasak dalam sup.


4 | Nongshim Shrimp Crackers 

Sumber: Craetrip

Snack rasa udang dari Korea ini banyak disukai sejak tahun 1971. Berbentuk seperti kentang goreng yang renyah dengan alur yang khas, rasa udangnya berasa banget menghasilkan rasa gurih dan asin yang bikin nagih.

Snack Korea ini mirip sekali dengan Calbee Shrimp Chips atau Kappa Ebisen yang diproduksi di Jepang. Bahkan Kappa Ebisen pertama kali dijual pada tahun 1964, beberapa tahun lebih awal dari Nongshim Shrimp Crackers.


5 | Dried Seaweed (gim)

Sumber: Maangchi

Rumput laut adalah makanan khas dari kedua negara ini. Baik Korea, maupun Jepang, keduanya mengolah rumput laut dalam banyak kuliner mereka, salah satunya dried seaweed. Di Korea disebut gim, sementara di Jepang disebut nori. Namun, tahukah kamu kalau keduanya berbeda?

Jika diperhatikan, lembaran nori lebih tipis dibandingkan dengan gim. Perhatikan saja antara kimbab dan sushi, lembaran rumput lautnya akan sangat terlihat. Kimbab biasanya memiliki lebih banyak isian daripada sushi.

Selain itu, kalau kamu pecinta snack Korea, kamu tahu kalau banyak snack rumput laut yang dipanggang. Hal yang sama berlaku untuk kimbap. Dari segi cara mengolahnya, gim biasanya diseduh dengan minyak, garam, dan dipanggang. Sementara nori biasanya mentah atau hanya dipanggang tanpa dibumbui.


6 | Orion Choco Boy Kinoko Mushroom Biscuit

Sumber: Famulei Grocery

Choco Boy adalah camilan lezat yang dibuat menyerupai jamur mini yang lucu, dengan "topi" coklat susu dan ‘batang’ biskuit yang renyah, kombinasi yang sangat enak! Camilan ini diproduksi oleh perusahaan snack populer asal Korea, Orion.

Choco Boy adalah versi Korea dari "Kinoko No Yama" dari Meiji dan keduanya sangat mirip, baik dari sisi penampilan dan rasa, namun dengan harga yang lebih murah. Mereka juga dikemas dengan desain lucu yang menampilkan maskot Choco Boy yang menggemaskan dalam berbagai pose.


7 | Ramyeon

Di Korea Selatan, mie disebut ramyeon, sementara di Jepang disebut ramen. Keduanya memiliki penampilan yang serupa, perbedaannya hanya pada rasa. Ramyeon biasanya menggunakan campuran kimchi sehingga rasanya agak pedas, manis, dan asam. Sementara ramen memiliki rasa yang sangat gurih dan cenderung pedas karena sausnya terbuat dari miso.

Cara penyajian juga berbeda. Ramyeon lebih baik dimakan langsung di panci agar ramyeon tetap hangat. Sedangkan ramen disajikan dalam mangkuk besar yang terbuat dari keramik, biasanya diberi berbagai kuah dan toping.


8 | Bungeoppang

Sumber: Journal Pos

Kamu pasti pernah melihat cemilan berbentuk ikan dari Jepang yang disebut Taiyaki kan? Di Korea, ada makanan serupa yang bernama Bungeoppang. Perbedaannya, bungeoppang lebih sederhana karena hanya berisi satu jenis isian, yaitu kacang merah. Sementara Taiyaki memiliki beragam isian seperti kacang merah, krim, coklat, sosis, bacon, dan lainnya.

Selain itu, perbedaan terletak pada bentuknya jika diperhatikan dengan lebih rinci. Bungeoppang berbentuk ikan dengan ekor lurus, karena bungeoppang hanya mengambil bentuk umum ikan yang biasanya terlihat di perairan. Sementara taiyaki berbentuk ikan dengan ekor yang menonjol keluar, mengikuti bentuk ikan Tai yang merupakan ikan paling mahal di Jepang.


9 | Hotteok

Sumber: Cookidoo

Hotteok adalah camilan Korea yang mirip dengan "Imagawa Yaki" di Jepang. Hotteok merupakan pancake yang berisi kacang, madu atau kayu manis. Hotteok biasanya digoreng hingga menjadi renyah di luar dan lembut di dalam.

Pancake asal Korea ini mirip seperti Imagawa yaki atau Obanyaki, dessert populer dari Jepang yang terbuat dari adonan pancake yang diisi dengan pasta kacang merah yang manis. Selain Korea, pancake serupa juga ada di negara lain, seperti "cart wheel cake" atau "red bean cake" yang populer di Taiwan dan negara-negara Asia lainnya.


10 | Honey Butter Chips

Sumber: Meowkong

Honey Butter Chips adalah camilan Korea yang memiliki popularitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Memiliki rasa manis gurih dengan sentuhan mentega dan madu yang membuat kita sulit untuk berhenti mengunyah. Meskipun tidak persis sama, beberapa orang menganggapnya mirip dengan beberapa varian keripik manis serupa di Jepang, salah satunya yang populer adalah Calbee Honey Butter Potato Chips.


Demikianlah daftar 10 snack Korea yang mirip dengan snack Jepang. Meskipun keduanya memiliki perbedaan unik dalam hal rasa dan tekstur, keduanya sama-sama lezat dan cocok untuk dinikmati dalam suasana yang berbeda. Kalau kamu tim Snack Korea atau Snack Jepang?