TIPS MEMBUAT LOYAL CUSTOMER SENANG – Tasty Snack Indonesia

TIPS MEMBUAT LOYAL CUSTOMER SENANG

‘Customer adalah raja’ adalah pepatah yang sering kita dengar. Mungkin terdengar sedikit klise, tetapi memang benar adanya. Customer adalah ‘sumber kehidupan’ semua bisnis, karena tanpa mereka, bisnis tidak bisa berjalan.

Terlepas dari besar-kecilnya ukuran sebuah perusahaan, mengapresiasi pelanggan adalah strategi bagus untuk mengembangkan bisnis. Ada tujuh cara mudah dan efektif yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan kepada pelanggan, khususnya loyal customer, bahwa kita menghargai mereka dan ingin membangun hubungan yang positif dengan mereka. Bagaimana caranya?

 

Meningkatkan Customer Experience Dengan Solusi

Customer service adalah salah satu bagian terdepan sebuah bisnis. Customer ingin dipahami dan didengarkan. Saat customer menghubungi kita untuk membeli produk atau meminta bantuan terkait suatu masalah, penting bagi tim Customer Service untuk membantu setiap pelanggan dengan memberikan solusi.

Untuk itu, penting untuk kita menyimpan history semua transaksi dan percakapan dengan customer sebagai ‘modal’ untuk memberikan solusi setiap kali mereka mengalami kendala atau masalah. Misalnya, customer sedang mencari birthday gift, yang paling standard adalah mengarahkan mereka ke katalog. Tapi kalau kamu mau customer lebih senang, tim customer service bisa memberikan saran dan penawaran produk yang sesuai dengan preferensi customer.

 

Rajin Follow Up Customer

Banyak sekali bisnis yang tidak melanjutkan hubungan dengan customer setelah transaksi selesai. Padahal untuk meningkatkan customer experience, kita juga perlu melakukan follow up setelah transaksi selesai. Misalnya dengan menanyakan apakah mereka puas dengan produk atau service yang kita berikan? Apakah mereka punya saran atau kritik terhadap bisnis kita? Ketika kita aktif menghubungi customer dan menawarkan bantuan, cara ini menunjukkan apresiasi dan tindak lanjut kita terhadap feedback customer.

 

Menawarkan Personalized Service

Personalized service adalah cara terbaik untuk menyenangkan hati customer. Misalnya ketika kita bisa menunjukkan kepada pelanggan bahwa kita memiliki service yang berbeda dengan kompetitor dan kita lebih baik. Caranya simple, kita bisa memanfaatkan data pelanggan sebagai preferensi sehingga ketika kita menawarkan personalized service, yang sesuai dengan apa yang mereka cari. 

 

Mengadakan Customer Appreciation Week

Manjakan loyal customer dengan menyelenggarakan Customer Appreciation Week. Kita bisa menggunakan seminggu penuh untuk menawarkan hadiah khusus atau diskon kepada loyal customer yang menunjukkan bahwa kita sangat mengapresiasi loyalitas mereka terhadap bisnis kita. Kamu bisa menginfokan event ini melalui berbagai platform, seperti email, media sosial, sampai memasang iklan di TV dan media cetak.

 

Tunjukkan kepedulian terhadap isu-isu lingkungan dan sosial

Selain fokus pada peningkatan customer experience, kita juga perlu menunjukkan bahwa bisnis kita juga peduli terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Karena bagi loyal customer yang sudah lama bertransaksi dengan kita, pasti mereka mengharapkan merek favorit mereka juga bisa memberikan kontribusi dan berdampak sosial, bukan cuma soal jualan produk atau service.

Misalnya, kamu mungkin bisa melakukan campaign untuk aktivitas sosial seperti ‘5% dari setiap penjualan akan disumbangkan untuk korban kebakaran’. Melakukan campaign dengan tujuan amal tidak hanya dapat membuat pelanggan melihat merek kita secara positif, tetapi juga membuat mereka merasa memiliki kepentingan yang sama sehingga perlu mendukung bisnis kita.

 

Menyenangkan customer dengan memberikan reward atau hadiah

Membangun hubungan yang positif dengan menyenangkan customer adalah cara sederhana namun paling efektif untuk meningkatkan kepuasan customer. Misalnya, dengan memberikan hampers kepada customer yang merayakan ulang tahun; memberikan loyalty gift untuk customer yang sudah menjadi pelanggan setia selama 10 tahun; atau saat customer telah melakukan transaksi dengan jumlah fantastis.

Mau ide hampers yang anti mainstream untuk loyal customer? Kamu bisa berikan mereka hampers snack. Siapa sih yang gak suka makanan? Everyone loves food and good food is good mood. Dengan memberikan hampers snack favorit mereka, customer akan merasa senang, dihargai dan merasa kita benar-benar mengenal mereka.

Di Tasty Snack, kamu bisa membeli gift box sesuai dengan preferensi kamu. Atau kamu mau yang lebih personalized, yang sesuai dengan budget atau yang cocok dengan karakter si penerima hadiah, Tim Tasty Snack siap membantu kamu.

Di Tasty Snack, ada banyak pilihan snack favorit dari seluruh dunia yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi customer. Customer suka cemilan pedas? Cemilan asin? Atau Cemilan manis? Semua ada di www.tastysnack.id , yang bisa kamu pesan dalam bentuk snack box dan ditambahkan kartu ucapan berisi pesan khusus yang membuat customer merasa lebih spesial.