10 Destinasi Wisata Ramah Anak di Jakarta untuk Liburan Sekolah – Tasty Snack Indonesia

10 Destinasi Wisata Ramah Anak di Jakarta untuk Liburan Sekolah

Setelah masa-masa ujian berakhir dan seminggu penuh mengejar deadline pekerjaan, waktunya menghabiskan hari libur bersama keluarga. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, ada banyak destinasi wisata ramah anak yang bisa dikunjungi, mulai dari akuarium tempat anak bisa belajar tentang konservasi laut, taman trampolin untuk bermain-main, dan taman hiburan lain tempat kamu bisa menghabiskan waktu sepanjang hari.


Tips Berwisata Bersama Anak

Berwisata bersama anak bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak persiapan agar kegiatan bersama mereka lebih nyaman, menyenangkan dan aman. Berikut tips berwisata bersama anak-anak:

 

1 | Pilih Destinasi yang Ramah Anak

Cari tahu tentang destinasi yang memiliki fasilitas dan atraksi yang sesuai untuk anak-anak, seperti taman bermain, akuarium, atau taman hiburan.


2 | Rencanakan dan Komunikasikan Itinerary

Sertakan anak-anak dalam proses perencanaan dan beri mereka gambaran tentang kegiatan yang akan dilakukan agar mereka merasa termotivasi dan terlibat.


3 | Bawa Peralatan yang Diperlukan

Pastikan kamu membawa perlengkapan seperti stroller, diaper bag, pakaian cadangan, dan perlengkapan keamanan sesuai kebutuhan anak-anak.


4 | Prioritaskan Keselamatan

Beri tahu anak-anak tentang aturan keselamatan dan tetap awasi mereka selama perjalanan. Jangan biarkan anak pergi seorang diri tanpa pengawasan orang tua.


5 | Rencanakan Istirahat dan Waktu Bersantai

Sertakan waktu istirahat dan jeda dalam rencana perjalanan untuk memberikan waktu bagi anak-anak beristirahat, makan, dan melepas lelah.


6 | Bawa Camilan dan Air Minum

Siapkan camilan sehat dan air minum untuk menghindari kelaparan dan kehausan di perjalanan. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengenalkan makanan baru kepada anak-anak. Jika bingung harus bawa camilan apa, kamu bisa melihat katalog Snack Sehat yang aman untuk anak disini.


7 | Libatkan Anak-Anak dalam Aktivitas

Beri kesempatan kepada anak-anak untuk terlibat dalam aktivitas wisata, seperti memilih atraksi yang mereka ingin kunjungi atau berpartisipasi dalam permainan interaktif.


8 | Jadikan Pembelajaran Menyenangkan

Gunakan kesempatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang sejarah, budaya, atau lingkungan tempat yang dikunjungi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.


9 | Beri Ruang untuk Kebebasan Bermain

Berikan waktu kepada anak-anak untuk bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan pengawasan yang tepat.


10 | Abadikan Momen Bersama

Jangan lupa untuk mengambil foto-foto atau video perjalanan bersama anak-anak sebagai kenang-kenangan yang berharga.

 

 

Tempat Wisata Ramah Anak di Jakarta

Ada dua jenis tempat wisata untuk anak: indoor dan outdoor. Masing-masing tempat tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, persiapan yang harus dilakukan orang tua harus mempertimbangkan jenis tempat bermain dan usia anak. Berikut rekomendasi tempat wisata ramah anak di Jakarta:

 

1 | KidZania Jakarta

Sumber: Traveloka

Kidzania Jakarta adalah taman hiburan anak-anak yang menampilkan replika kota dengan berbagai profesi yang bisa dicoba oleh anak-anak. Orang tua dapat melihat anak-anak mereka bermain atau bersantai di lounge sambil bersenang-senang.

Di tempat ini, anak-anak bisa menjadi apapun yang mereka inginkan, dan melakukan apapun yang mereka ingin lakukan sepanjang hari. Mereka juga akan belajar bagaimana mengembangkan rasa kemandirian dan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.


2 | Taman Mini Indonesia Indah

Taman hiburan Taman Mini Indonesia Indah adalah objek wisata budaya Indonesia seluas 250 hektar yang terletak di Jakarta Timur, yang menampilkan rumah-rumah tradisional dengan ukuran persis seperti aslinya dari masing-masing provinsi di Indonesia, beserta kerajinan tangan dan pakaian daerah. Ada juga museum, teater, dan bioskop IMAX yang tersebar di seluruh area.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sangat cocok untuk anak-anak karena menawarkan pengalaman yang edukatif, interaktif, dan menyenangkan di mana mereka dapat belajar tentang budaya, sejarah, dan sains Indonesia melalui miniatur rumah, pameran budaya, museum, taman bermain, danau, taman, dan naik kereta gantung.


3 | Kebun Binatang Ragunan

Tempat ini terkenal dengan 3.600 spesies hewannya yang berbeda dan juga menyediakan wisata pendidikan. Menjadi salah satu cagar alam terhijau di Jakarta yang berisi 147 hektar tanaman dan pepohonan rimbun, sangat cocok untuk tempat edukasi anak terhadap flora dan fauna. Selain Ragunan, ada juga Fauna Land di Ecopark Ancol, kebun binatang dengan ukuran yang lebih kecil.


4 | Taman Impian Jaya Ancol

Sumber: Ancol.com

Taman Impian Jaya Ancol menawarkan pengalaman wisata terpadu dengan 27 wahana dan 8 kolam di Atlantis Water Adventure dan 8 pertunjukan di Ocean Dream Samudra. Di dalam Kawasan ini juga ada SeaWorld dan Dunia Fantasi (Dufan) yang menjadi daya tarik untuk anak-anak serta remaja yang ingin menguji adrenalin.


5 | Waterbom Pantai Indah Kapuk (PIK)

Sumber: Tripadvisor

Waterbom PIK adalah taman bermain air yang terkenal dengan banyak seluncuran berkelok-kelok, kolam renang, dan atraksi seru yang cocok untuk keluarga, terutama selama musim liburan sekolah. Sebagai salah satu taman bermain air terbaik di Jakarta, daya tarik utamanya adalah Aquatube, yang terdiri dari tiga seluncuran – tertutup, setengah terbuka, dan terbuka – yang akan membuat kamu merasa seolah-olah sedang berada di rollercoaster.


6 | Jakarta Aquarium

Sumber: Ilmupedia

Jakarta Aquarium adalah akuarium berskala internasional yang menampilkan lebih dari 600 spesies hewan air. Jakarta Aquarium terletak di dalam Central Park Mall dan sangat cocok untuk anak-anak yang ingini belajar tentang biota laut. Selain menampilkan banyak hewan laut, Jakarta Aquarium juga menawarkan pengalaman interaktif untuk anak-anak di mana mereka dapat menyentuh dan memberi makan hewan langsung.


7 | Houbii Urban Adventure Park

Sumber: Tempat.com

Jika kamu dan anak-anak banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer dan buku-buku, mungkin bermain trampoline bisa mengobati tubuh yang kaku. Untuk anak yang sedang aktif-aktifnya, di Houbii Urban Adventure Park kamu bisa menghabiskan waktu sepanjang hari untuk melompat, berlari, dan memanjat. Terletak di dekat Mal Pondok Indah Jakarta Selatan, taman bermain ini memiliki staf terlatih yang siaga dan semua fasilitas dirancang agar aman dan sesuai usia, sehingga anak-anak bebas berkeliaran dengan aman.


8 | The Escape Hunt

Sumber: RedDoorz

Escape Hunt adalah tempat bermain penuh teka-teki yang cocok untuk anak remaja. Dengan latar Jakarta 100 tahun yang lalu, anak-anak akan berperan sebagai detektif London yang bertugas memecahkan misteri pembunuhan di ruang terkunci. Menyenangkan dan mendidik, permainan 60 menit ini bisa melatih kekompakan dan keakraban dengan keluarga dan teman-teman.


9 | Moja Museum

Sumber: Get Lost ID

Moja Museum fokus pada seni dan ruang. Di museum unik ini, kamu akan menemukan pameran seni interaktif, dimana kamu bisa berfoto dengan latar Instagrammable. Di lokasi yang sama, ada juga Roja, ruang untuk bermain sepatu roda; MoPaint, tempat kamu bisa melukis di atas kanvas atau dinding; dan lapangan golf mini 11 lubang. Moja Museum bisa kamu temukan di dalam Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno.


10 | Lollipop Playland

Sumber: mama knows north

Lollipop's Playland and Cafe memiliki banyak permainan dan aktivitas seru, termasuk permainan konsol (Nintendo Wii & Xbox Kinetic), kolam ikan, dan wahana air! Ada pula beberapa pertunjukan sulap dan pertunjukan badut akrobat yang menarik. Anak-anak juga bisa bergabung dalam kelas memasak dan kontes mewarnai.


Kamu tidak hanya akan memberi anak-anak kesempatan untuk bermain dan menjelajahi minat mereka, tetapi ikatan anak dan orangtua akan semakin kuat dan momen ini adalah kesempatan menciptakan kenangan tak terlupakan yang akan mereka ingat kembali sebagai orang dewasa. Happy holiday!