Rekomendasi Cemilan untuk Penderita Alergi Makanan – Tasty Snack Indonesia

Rekomendasi Cemilan untuk Penderita Alergi Makanan

Ada beberapa macam alergi, namun alergi makanan lah yang paling umum. Alergi makanan adalah suatu kondisi di mana makanan tertentu memicu respons imun yang tidak normal. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan kita yang salah mengenali beberapa protein dalam makanan sebagai sesuatu yang berbahaya, yang akhirnya direspon tubuh dengan melakukan perlindungan diri, salah satunya melepaskan bahan kimia seperti histamin, yang menyebabkan peradangan.

Bagi orang yang memiliki alergi makanan, paparan makanan dalam jumlah yang sangat kecil pun dapat menyebabkan reaksi alergi. Gejala dapat terjadi mulai dari beberapa menit setelah terpapar hingga beberapa jam atau bahkan beberapa hari kemudian, tergantung pada jenis alergi.


Bahan Makanan yang Paling Sering Menyebabkan Alergi

Meskipun makanan apa pun bisa menyebabkan alergi, namun sebagian besar alergi makanan hanya disebabkan oleh enam bahan makanan berikut.

1 | Susu Sapi

Alergi terhadap susu sapi paling sering dialami oleh bayi dan anak-anak di bawah 3 tahun. Namun, sekitar 90% anak-anak akan berhasil mengatasi kondisi tersebut pada saat mereka berusia 3 tahun, sehingga alergi tidak bertahan sampai mereka tumbuh dewasa.

Jika terdiagnosis alergi susu sapi, pengobatan satu-satunya adalah menghindari susu sapi dan semua jenis makanan yang mengandung susu sapi, seperti keju, mentega, margarin, yogurt dan es krim.

Rekomendasi snack: Forager Fruits dan Nutify Pulao Dried Fruits

Untuk kamu yang alergi susu sapi, salah satu cemilan yang aman adalah buah-buahan. Nah, buah kering bisa jadi solusi cemilan praktis yang bisa dibawa kemana aja dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Forager Fruits tersedia dalam 2 varian buah: blueberry dan stroberi. Sementara Pulao punya lebih banyak varian buah: pisang, apel dan nanas. 


2 | Telur

Dalam jurnal yang dimuat oleh National Library of Medicine, alergi telur adalah penyebab alergi makanan paling banyak kedua pada anak-anak di Amerika Serikat dan 68% anak yang alergi telur akan sembuh dari alerginya saat mereka berusia 16 tahun.

Seperti alergi makanan lainnya, pengobatan alergi telur adalah diet bebas telur. Meskipun begitu, kamu tidak harus menghindari semua makanan yang berhubungan dengan telur, karena memanaskan telur bisa mengubah bentuk protein penyebab alergi jadi kecil kemungkinannya menyebabkan reaksi.

Rekomendasi snack: Nourish Almond Honey Butter dan Ppuff! Wonder Grains

Meskipun banyak cemilan berbahan telur, don’t worry! Kamu bisa menikmati kacang almond berbalut saus honey butter dan snack berbahan biji-bijian super penuh nutrisi rasa rumput laut. Bebas micin dan yang paling penting tinggi serat, jadi aman dikonsumsi kamu yang punya alergi telur.


3 | Kacang

Ini adalah alergi makanan yang sangat umum yang diperkirakan memengaruhi hingga 3% orang di seluruh dunia. Beberapa contoh kacang yang sering memicu alergi diantaranya kacang almond, kacang mete, kacang macadamia dan kenari.

Orang yang memiliki alergi kacang juga akan alergi terhadap produk makanan yang dibuat dari kacang, seperti selai, tepung dan minyak yang terbuat dari kacang. Meskipun hanya alergi terhadap satu atau dua jenis kacang, penderita alergi ini disarankan menghindari semua jenis kacang agar tidak meningkatkan risiko alergi terhadap jenis kacang lainnya dan tidak seperti alergi makanan lainnya, alergi kacang biasanya bertahan seumur hidup. 

Rekomendasi snack: Nourish Kriyuk dan Yum! Emping Chips

Kamu penggemar cemilan gurih dan asin tapi gak bisa makan kacang? Tenang aja, karena keripik bawang dari Nourish dan emping dari Yum! bebas dari bahan kacang-kacangan. Teksturnya krispi, rasa asin dan gurihnya pas tanpa MSG.


4 | Seafood

Pemicu alergi seafood atau makanan laut yang paling umum adalah protein yang disebut tropomiosin. Alergi seafood tidak sembuh seiring berjalannya waktu, jadi kebanyakan orang dengan kondisi tersebut harus menghindari semua jenis seafood. Bahkan uap yang dihasilkan saat memasak seafood pun juga harus dihindari agar tidak memicu alergi. Beberapa jenis seafood yang sering memicu alergi diantaranya udang, lobster, cumi-cumi dan kerang.

Rekomendasi snack: Whole Chips Purple Ube dan Kitkat Mini Chocolate Bar Whole Grain Flour

Kamu bisa menikmati cemilan bebas seafood yang manis yaitu keripik ubi ungu dan coklat Kitkat asli dari Jepang. Keduanya sangat cocok untuk kamu yang suka cemilan manis dan mencari cemilan yang gak pasaran. Penasaran dengan rasanya? Langsung order ya!


5 | Gandum

Alergi gandum paling sering ditemukan pada anak-anak dan biasanya akan sembuh pada saat mereka mencapai usia 10 tahun. Seperti alergi lainnya, alergi gandum dapat menyebabkan gangguan pencernaan, gatal-gatal, muntah, ruam, bengkak, dan pada kasus yang parah, anafilaksis.

Mereka yang alergi gandum hanya perlu menghindari gandum dan dapat mentolerir gluten dari biji-bijian yang tidak mengandung gandum. Selain menghindari makanan, penderita alergi ini juga harus menghindari produk kecantikan dan kosmetik yang mengandung gandum.

Rekomendasi snack: Shoei Delicy Fruit Veil Cacao Cranberry Chocolate

Snack Jepang yang cocok untuk kamu yang alergi gandum. Terbuat dari buah cranberry kering dibalut coklat yang mengandung 70% kakao, perpaduan rasa manis, pahit dan asam yang unik. Cemilan kaya antioksidan ini dikemas dalam standing pouch yang praktis dibawa kemana aja!


6 | Kedelai

Alergi kedelai paling sering terlihat pada bayi dan anak di bawah usia 3 tahun. Alergi ini biasanya dipicu oleh protein dalam kedelai atau produk yang mengandung kedelai. Pemicu alergi kedelai yang umum selain dari kedelai itu sendiri juga dari produk yang berbahan kedelai seperti susu kedelai atau kecap. Karena kedelai ditemukan di banyak makanan, penting untuk membaca label makanan.

Rekomendasi snack: Orihiro Orange Konjaku Drink Jelly

Konyaku jelly drink khas Jepang ini mengandung sedikit kalori dan diolah dengan menggunakan 11% kandungan buah jeruk asli. Cita rasa jeruk yang manis, asam dan segar bisa menjadi cemilan aman untuk kamu yang alergi kedelai.


Tidak seperti intoleransi makanan, alergi makanan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh kita yang salah mengidentifikasi beberapa protein dalam makanan sebagai ancaman, yang akhirnya menyebabkan reaksi yang berpotensi mengancam jiwa. Satu-satunya cara mencegah munculnya alergi adalah dengan menghindari makanan-makanan yang memicu alergi tersebut. Jadi selamat mencoba rekomendasi cemilan anti alergi dari Tasty Snack di atas ya!