10 FILM TENTANG MAKANAN UNTUK MENEMANI AKHIR PEKAN – Tasty Snack Indonesia

10 FILM TENTANG MAKANAN UNTUK MENEMANI AKHIR PEKAN

Makanan dan film selalu terkoneksi. Seperti spaghetti dan meatball dalam film Lady and the Tramp, Butterbeer dalam film Harry Potter, atau strudel lezat dari Inglourious Basterds. Beberapa film akan meninggalkan kesan yang mendalam, termasuk makanan di dalamnya yang terkadang menjadi ikon sebuah film.

Makanan bukan hanya sebagai properti, tapi banyak digunakan sebagai media bercerita untuk menunjukkan kelas, tradisi, budaya, dan untuk menjelaskan kehidupan para karakter. Itulah mengapa makanan sangat efektif dan berkesan ketika sebuah film fokus untuk menggambarkan makanan. Berikut adalah 10 rekomendasi film tentang makanan yang bisa menemanimu di akhir pekan.

 

RATATOUILLE (2007)

Sumber: Imdb

Apakah menurutmu Ratatouille adalah film tentang makanan terbaik sepanjang masa? Bisa jadi. Karena film ini sangat ikonik dan menarik, sehingga siapapun yang menontonnya tidak akan merasa bosan sama sekali. Mengeksplorasi perjuangan seekor tikus yang pandai memasak dan sangat ingin menjadi koki. Kemudian ia terlibat dalam sebuah insiden yang membuatnya terpisah dengan kawanan tikus lainnya dan terperangkap bersama seorang pria yang bekerja di restoran. Kemudian mereka bersahabat dan saling membantu. Dalam film ini, kamu akan disuguhkan kuliner Prancis dan pemandangan kota Paris dalam bentuk animasi yang ciamik.



THE FOUNDER (2016)

Sumber: Imdb

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana McDonald's bisa menjadi bisnis makanan cepat saji yang mendunia? Jika pernah, kamu wajib nonton film The Founder. Michael Keaton berperan sebagai Ray Croc, pria yang menjadikan McDonald's seperti sekarang ini. Meskipun Ray Croc bukan ‘pendiri’ McDonald’s, film ini memang ingin berfokus pada eksplorasi kapitalisme dan penciptaan industri, kompromi antara prinsip dan keuntungan, dan kebangkitan salah satu pengusaha paling kuat dan berpengaruh dalam sejarah Amerika. Ini adalah film yang menyenangkan, meskipun agak berat di beberapa bagian, tapi dijamin bisa bikin kamu pengen makan burger setelah menontonnya.



WILLY WONKA & THE CHOCOLATE FACTORY

Sumber: Matt Skuta

Film ini akan membuat siapapun yang menontonnya berkhayal pabrik coklat milik Willy Wonka ada di dunia nyata. Willy Wonka & the Chocolate Factory bahkan dibuat versi remake tahun 2005 dengan Johnny Depp sebagai pemeran utamanya. Film ini adalah film fantasi yang sangat ikonik dan menjadi salah satu film klasik yang paling disukai sepanjang masa karena menawarkan cerita yang ringan dan visual yang menarik. Disuguhi visual coklat yang melimpah sepanjang film, anak-anak pasti suka!


 

THE CHEF (2014)

Sumber: Imdb

Salah satu film untuk pecinta kuliner abad ke-21 yang wajib kamu tonton. Yang menarik dari film The Chef adalah mengangkat kisah tentang kecintaan seseorang terhadap memasak. Kisah Favreau, seorang pria yang sudah bertahun-tahun bekerja sebagai koki restoran, merasa tidak bisa bebas kreativitas dan memutuskan untuk keluar dan membuka bisnis food truck bersama putranya. Dengan bermodal kecintaannya pada memasak, Favreau menjual beraneka ragam masakan Kuba, tempat kelahirannya. Ketulusan ia dalam menyajikan makanan dan berani memperjuangkan apa yang ia yakini membuat film The Chef sangat menginspirasi.


 

JULIE & JULIA (2009)

Sumber: Imdb

Julia Child adalah salah satu nama yang paling dikenal dalam sejarah memasak Amerika. Ia yang mengenalkan masakan Prancis ke Amerika dan berhasil. Film Julie & Julia menggambarkan kepribadian ikon kuliner dengan sempurna. Film ini memiliki alur cerita maju-mundur antara kilas balik hidup Julia (diperankan Meryl Streep) dan pengalaman penggemarnya, Julie (diperankan Amy Adams), yang punya misi memasak setiap resep yang ada dalam buku Child, "Mastering the Art of French Cooking."

 

CLOUDY WITH A CHANCE OF MEATBALLS (2009)

Sumber: Imdb

Diangkat dari buku klasik anak-anak Judi Barrett "Cloudy with a Chance of Meatballs", film ini menceritakan kisah yang sangat menyenangkan dan unik tentang kota kecil yang ketika hujan, yang turun bukan air tapi makanan. Flint Lockwood, karakter utama film ini menciptakan sebuah mesin yang mengubah berbagai jenis cuaca menjadi makanan. Film ini memadukan drama dan humor yang sangat sempurna, sehingga menarik ditonton untuk semua usia. Film yang sangat memanjakan mata!



JIRO DREAMS OF SUSHI (2012)

Sumber: Imdb

Film dokumenter ini sangat direkomendasikan untuk para fans sushi di seluruh dunia. Jiro Dreams of Sushi mengabadikan perjalanan ahli sushi, Jiro Ono, seorang koki Jepang berusia 85 tahun yang menjalankan restoran terkenal dunia, Sukiyabashi Jiro, di Tokyo. Film ini berfokus pada usaha tak kenal lelah yang dilakukan Jiro hari demi hari, dan prinsip serta aturan yang sangat ketat ia terapkan di restoran. Ia sangat perfeksionis, tidak berhenti bekerja, terus-menerus berusaha untuk menjadi seorang ahli. Meskipun sudah banyak yang mengakui kehebatannya dalam membuat sushi, Jiro tidak pernah merasa puas. Film ini juga menyorot tekanan yang dirasakan putra Jiro untuk menggantikan posisi ayahnya setelah pensiun.

 

THE MENU (2022)

Sumber: Imdb

Film tentang makanan yang baru-baru ini viral adalah The Menu. Film yang mengangkat kisah kepala koki, Slowik, yang menjalankan restoran eksklusif di tempat terpencil dan hanya menerima 12 tamu saja yang sudah melakukan reservasi sebelumnya. Yang menarik, film ini bukan hanya membahas soal restoran mewah dengan makanannya, tapi tentang kekuatan Slowik untuk mengontrol semuanya hingga ke detail terkecil, termasuk menyesuaikan hidangannya dengan tamu-tamu tertentu. Ditambah lagi, film ini memberikan sedikit sentuhan horor yang membuat penontonnya ikut tegang selama menonton.

 

ALWAYS BE MY BABY (2019)

Sumber: Imdb

Cari film tentang makanan yang ringan? Always Be My Baby bisa jadi pilihan. Menceritakan kisah cinta Sasha, seorang koki selebriti keturunan Korea yang tinggal di San Fransisco. Film ini mengisahkan perjalanan Sasha yang ingin membuka restoran karena terinspirasi oleh ibu mantan kekasihnya yang juga kelahiran Korea. Ini adalah salah satu film tentang makanan terbaik yang sangat menghibur dan sekaligus bisa membuatmu lapar!


ARUNA DAN LIDAHNYA (2018)

Sumber: Imdb

Indonesia juga punya film tentang makanan yang bagus untuk ditonton yaitu Aruna dan Lidahnya. Film ini diangkat dari buku berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak, yang bercerita tentang persahabatan empat orang. Berawal dari kisah pecinta kuliner, Aruna (Dian Sastrowardoyo), yang ditugaskan menyelidiki kasus flu burung di beberapa tempat di Indonesia. Teman-temannya, chef Bono (Nicholas Saputra) dan food writer, Nad (Hannah Al Rashid), bergabung dengannya dalam misi mereka sendiri: wisata kuliner. Banyak percakapan dan obrolan ringan tentang makanan, cinta, persahabatan, agama, dan politik. Dijamin gak bosenin!

 

 

Nonton film tentang makanan tanpa cemilan? Gak lengkap rasanya! Nah, supaya acara nontonmu makin seru, kamu juga harus stok cemilan yang banyak. Kamu bisa dapatkan berbagai macam pilihan snack, ada snack Jepang, snack Korea, atau snack sehat juga ada. Enjoy!