10 MAKANAN ASLI INDONESIA YANG MENDUNIA, KAMU SUDAH COBA SEMUA? – Tasty Snack Indonesia

10 MAKANAN ASLI INDONESIA YANG MENDUNIA, KAMU SUDAH COBA SEMUA?

Dengan melimpahnya sumber daya alam dan budaya yang kita miliki, makanan adalah salah satu kekayaan Indonesia yang harus dilestarikan. Dari Sabang sampai Merauke, kamu bisa mencicipi makanan asli Indonesia dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Mulai dari yang rasanya asin, manis, sampai yang sangat pedas, kuliner Indonesia terkenal dengan cita rasa bumbu rempah-rempahnya yang khas. 

Tak heran jika beberapa makanan asli Indonesia berhasil mencuri perhatian dunia, bahkan ada yang pernah dinobatkan sebagai makanan terbaik lho. Berdasarkan data Taste Atlas, kuliner Indonesia berada di urutan ke-14 negara dengan makanan terbaik di dunia. Penasaran apa saja makanan asli Indonesia yang mendunia? Yuk cek dulu daftarnya di bawah ini.

 

KUE PUTU

Kue putu adalah jajanan tradisional Indonesia dengan tekstur yang lembut, dibuat dengan cara dikukus dengan cetakan bambu. Kue berwarna hijau yang berisikan gula merah dan ditaburi parutan kelapa ini berhasil masuk dalam daftar 50 besar kue terbaik dunia versi Taste Atlas lho.

Dikutip dari Republika, kue khas Jawa ini sudah ada sejak 1200 tahun yang lalu pada masa Dinasti Ming. Dahulu kue ini terbuat dari tepung beras berisi kacang hijau lembut dan dicetak bambu, namun karena kacang hijau sulit ditemukan, maka isian kue putu saat ini berubah menjadi gula jawa. Yang uniknya lagi, pedagang kue putu keliling selalu mengeluarkan bunyi yang nyaring sehingga kamu tak mungkin bisa melewatkannya.

 

TEMPE

Makanan asli Indonesia selanjutnya yang reputasinya sudah mendunia adalah tempe. Terbuat dari fermentasi biji kedelai, tempe memiliki rasa yang enak, tempe juga merupakan makanan yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh manusia, misalnya kaya akan serat, kalsium, vitamin B dan zat besi. 

Tempe menjadi sangat dikenal oleh warga dunia sejak bermunculan komunitas vegetarian, karena tempe yang tinggi protein, dianggap sebagai pengganti daging yang paling baik. Beberapa negara besar seperti Jepang, Inggris, Arab Saudi, Amerika dan Singapura bahkan menjadi negara penggila tempe lho. Alhasil, saat ini tempe tidak hanya diproduksi di Indonesia tetapi juga di banyak negara di dunia. Kelebihan tempe lainnya adalah bisa diolah menjadi banyak jenis makanan, mulai dari yang sederhana sampai mewah namun dengan harga yang terjangkau, misalnya Steak Tempe.

Salah satu olahan tempe yang terkenal di Indonesia adalah keripik tempe. Banyak yang menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh khas daerahnya, dengan menawarkan berbagai varian rasa. Kalau kamu penasaran gimana lezatnya keripik tempe, kamu bisa order YUM – Tempe Chips di Tasty Snack. Snack tempe asli Indonesia yang rasanya dijamin lezat dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas.

 

RENDANG

Makanan asli Indonesia yang pernah dinobatkan UNESCO sebagai makanan terenak di dunia ini berasal dari Padang, Sumatera. Makanan Padang memang terkenal dengan rasa pedas dan kaya rempahnya, jadi tidak heran kalau kamu berkunjung ke RM Padang, aroma lezat masakannya sangat menggoda.

Untuk memasak rendang, kamu membutuhkan waktu yang lama, mulai dari membumbui sampai memasaknya agar daging sapi menjadi lembut dan bumbu meresap sempurna. Karena banyaknya permintaan rendang, saat ini banyak rendang yang dikemas agar bisa tahan lama dalam proses pengiriman, bahkan sampai keluar negeri lho.

 

GADO-GADO

Gado-gado bisa dibilang seperti salad versi Indonesia. Makanan asli Indonesia yang berasal dari Jakarta ini banyak dijajakkan pedagang kaki lima, sampai hotel juga lho. Bisa untuk sarapan, makan siang sampai makan malam. Bahkan gado-gado ternyata sudah ada di Indonesia sejak abad ke-16. Wow! Dan yang semakin buat bangga, gado-gado masuk menjadi salah satu makanan indonesia terbaik di dunia pada kategori salad. Selain gado-gado, pecel pun ikut masuk dalam jajaran 30 besar makanan terbaik.

Biasanya gado-gado terdiri dari campuran sayuran, telur, tempe, dan tahu. Semua bahan yang digunakan dalam kondisi sudah matang, seperti sayuran biasanya direbus sebentar saja. Lalu dicampur dengan saus kacang dan kerupuk sebagai topingnya. Siapa yang makanan andalannya gado-gado?

 

SATE

Siapa yang tidak suka sate? Daging ayam, sapi atau kambing yang sudah dibumbui rempah-rempah kemudian ditusuk menggunakan bambu lalu dibakar di atas bara api. Perpaduan seimbang antara rasa asin, manis dan gurih yang sempurna membuat sate menjadi makanan Indonesia favorit segala usia. Di Indonesia, ada beberapa sate yang terkenal sesuai daerah asalnya, seperti Sate Madura, Sate Padang, Sate Maranggi dan Sate Kambing Muda di Tegal.

Masing-masing hidangan sate memiliki ciri khas bumbu yang berbeda, ada yang pakai bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate bisa kamu nikmati dengan lontong atau nasi, dan bisa kamu temukan hampir di seluruh penjuru negeri. Kalau kamu, favoritnya sate apa nih?

 

ROTI GAMBANG

Roti khas betawi berwarna coklat dengan taburan wijen di atasnya ini masuk dalam jajaran roti terbaik dunia versi CNN lho. Disandingkan dengan roti baguette yang terkenal dari Perancis, roti gambang merupakan roti asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bentuk roti gampang terinspirasi dari bilah-bilah gambang pada alat musik gambang kromong. Tak heran jika gambang kromong banyak disukai para koloni Belanda karena kesenian asli Betawi ini sudah ada sejak abad 18 dan 19.

Semakin berkembangnya zaman, pada abad ke-20 roti gambang  pun banyak dibuat dalam berbagai macam bentuk. Bahkan di daerah lain seperti Semarang, roti gambang disebut ganjel rel karena menurut masyarakat bentuknya mirip dengan ganjelan rel atau tumpuan rel di perlintasan kereta api.

 

NASI GORENG

Makanan rumahan yang praktis dan menjadi andalan saat lapar ini merupakan makanan asli Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Meskipun di negara lain juga banyak hidangan nasi goreng, namun lezatnya Nasi Goreng Indonesia mampu menggemparkan dunia. Bisa dibilang, siapapun yang berkunjung ke Indonesia pasti akan mencicipi hidangan khas satu ini.

Nasi goreng bisa ditemukan di kaki lima sampai hotel bintang lima, yang membuktikan bahwa reputasinya sebagai makanan asli Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Yang khas dari nasi goreng Indonesia adalah penggunaan kecap manis dan dilengkapi dengan acar mentimun dan wortel. Topingnya pun bermacam-macam, ada telur, ayam, daging, seafood dan jangan lupa kerupuk ya!

 

SOTO AYAM

Siapa yang tak kenal Soto Ayam? Soto tradisional Indonesia ini, masuk dalam jajaran sup terbaik dunia versi CNN. Soto ayam memiliki kuah berwarna kuning karena bumbu khasnya memang menggunakan kunyit dan biasanya berisi bihun atau mie. Soto juga biasanya disajikan dengan telur rebus, irisan kentang goreng, daun seledri, dan bawang goreng. Biasanya soto ayam dilengkapi sambal atau kerupuk, namun di setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. 

 

RAWON

Kalau kamu berkunjung ke daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya, jangan lupa cicipi kuliner khas sana yaitu Rawon. Makanan asli Indonesia yang terbuat dari rebusan daging sapi dengan kuah berwarna coklat kehitaman. Bumbu yang digunakan ada daun jeruk, serai, jahe dan cabai. Namun ada bumbu rahasia yang membuat rasa rawon begitu khas yaitu buah kluwek.

Rawon sangat pas dinikmati bersama nasi putih, telur asin, tauge dan sambal khas Jawa Timur. Dimakan pas hangat, dengan aroma yang khas, membuat siapapun yang menciumnya tergoda untuk mencicipinya. Kamu sudah coba rawon belum?

 

INDOMIE

Bukan rahasia lagi kalau orang Indonesia selalu sedia mie instan di rumah, karena bisa menjadi makanan darurat di saat lapar. dan merk mie instan yang paling terkenal buatan Indonesia adalah Indomie, yang terpilih sebagai salah satu mie instan terenak di dunia. Karena menjadi favorit banyak orang, Indomie saat ini sudah dijual di lebih dari 100 negara loh. Bahkan ada fakta menarik dari Australia nih, dimana pemerintah negara bagian Victoria rela merogoh kocek hingga 500.000 dolar Australia untuk memenuhi stok Indomie selama dua tahun karena merupakan makanan favorit narapidana disana.


Setelah diajak berkeliling Indonesia dengan melihat daftar makanan-makanan lezat di atas, pasti kamu jadi merasa lapar. Eits, sebelum perut keroncongan, kamu bisa order cemilan-cemilan asli Indonesia yang enak dan sehat di www.tastysnack.id . Mulai dari cemilan asin, manis, sampai pedas, kamu bisa dapatkan semuanya di Tasty Snack.