10 Cemilan Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes

10 Cemilan Rendah Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes, Ngemil Tetap Tenang!

Penderita diabetes sering kali kesulitan untuk memilih cemilan yang cocok dengan kondisi mereka. Sebab, salah makan saja bisa membuat kadar gula naik. Nah, daripada kamu bingung, Tasty Snack akan membantumu melalui rekomendasi cemilan untuk penderita diabetes dengan kandungan gula yang rendah di bawah ini!

1. Ubi

ubi

 Ubi adalah pilihan snack rendah gula yang aman untuk dinikmati para penderita diabetes. Ubi dikenal tinggi serat dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga ketika dimakan tidak langsung mempengaruhi kadar gula darah. Hati-hati dalam mengolah ubi, karena jika salah mengolahnya bisa membuat kadar gula makin tinggi.

Cara terbaik mengolah ubi adalah dengan merebusnya. Merebus ubi mempermudah proses pemecahan pati dalam sistem pencernaan tubuh, sehingga mencegah lonjakan ekstrim kadar gula dalam darah.

2. Kurma

kurma

Kurma kaya akan serat, antioksidan dan mineral seperti zat besi, magnesium dan potasium. Indeks glikemik kurma yang rendah menjadikannya sumber nutrisi yang baik, dengan rasa manis alami. Kandungan serat dalam kurma membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, yang mencegah lonjakan kadar gula darah. 

Ketika kurma digabungkan dengan kacang-kacangan dan makanan sehat lainnya, kurma bisa membuat kamu kenyang lho. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kurma membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko obesitas. Idealnya kurma dikonsumsi maksimal 3 butir per hari, jadi jangan sampai berlebihan ya!

3. Chia Seed

chia seed

Kandungan serat dalam chia seed dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Chia seed bisa dicampurkan ke dalam makanan penderita diabetes, seperti menambahkannya dalam oatmeal untuk menu sarapan. Atau kamu mau dessert manis? Kamu bisa mencampurkan chia seed dengan semangkuk plain yogurt dan beberapa potongan buah segar. Mmmm yummy!

4. Dark Chocolate

dark chocolate

Cemilan untuk penderita diabetes yang tak boleh dilewatkan berikutnya adalah dark chocolate. Kandungan antioksidan dalam coklat membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien untuk mengontrol gula darah. 

Selain itu, kandungan flavonol dalam dark chocolate dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung hingga dua kali lipat. Pastikan sebelum membeli dark chocolate kamu melihat kandungan kakao di dalamnya. Pilih coklat yang terbuat dari kakao minimal 35 persen, mengandung gula seminimal mungkin dan karbohidrat maksimal 30 gram.

Kamu mau ngemil cemilan manis rendah gula yang aman untuk gula darah? Tenang aja, kamu bisa cobain Voortman - Sugar Free Fudge Brownie Chocolate. Cookies brownies rekomendasi Tasty Snack ini terbuat dari coklat asli tanpa pewarna tambahan, dipanggang dengan kacang almond dan tidak mengandung pemanis tambahan sama sekali. Rasanya gak perlu diragukan lagi, dijamin enak banget!

5. Es Krim Pisang

es krim pisang

Apakah ada es krim yang rendah gula? Ada dong! Kamu bisa membuat es krim dari pisang. Pisang memiliki tekstur yang sangat lembut, rasanya manis dan memiliki kandungan serat yang tinggi, potassium, vitamin C dan vitamin B6 bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Pisang juga mengandung asam amino yang disebut triptofan yang telah terbukti dapat mempertajam daya ingat dan juga membuat mood bagus terus. Es krim pisang adalah cemilan manis terbaik untuk penderita diabetes, tanpa tambahan gula dan memiliki karbohidrat kurang dari 20 gram.

 6. Smoothie

smoothie

Snack untuk diabetes selanjutnya adalah smoothie! Smoothie menjadi cemilan rendah gula yang bagus untuk penderita diabetes selama mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Tapi kamu harus memperhatikan buah apa saja yang akan diolah menjadi smoothie, karena jika berlebihan justru kandungan karbohidrat bisa mempengaruhi gula darah. 

Kamu bisa gunakan buah apel, jeruk, kiwi, alpukat, mangga, stroberi atau pir. Selalu gunakan buah-buahan yang segar dan jangan tambahkan gula lagi ya!

7. Trail Mix

trail mix

Trail mix adalah cemilan rendah gula yang praktis dan aman untuk penderita diabetes. Trail mix berisikan campuran kacang-kacangan dan biji-bijian yang tinggi serat dan mengandung lemak sehat. Dalam satu porsi trail mix mengandung 4 gram protein, yang membuatnya menjadi cemilan yang mengenyangkan dan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap terkontrol pada penderita diabetes.

Tidak perlu menambahkan gula atau garam saat menikmati trail mix, karena semua bahan yang ada di dalamnya, seperti kismis, almond, biji labu, biji bunga matahari, aprikot kering, dan kacang pecan sudah menghasilkan rasa sendiri. Jika harus membeli trail mix di supermarket, pilihlah produk trail mix yang tidak mengandung gula atau natrium yang tinggi.

Butuh cemilan rendah gula lainnya yang aman untuk penderita diabetes? Kamu bisa cobain Verlin - Dark Choco Cluster dan  East Bali Cashews - Krispi Puffs Cokelat. Kedua snack tersebut bebas pengawet, gluten free, kaya serat dan tinggi protein.

8. Popcorn

popcorn

Popcorn merupakan salah satu contoh lain dari camilan yang ramah untuk penderita diabetes dikarenakan kalorinya yang rendah. 8 gram popcorn tanpa penambahan mentega hanya mengandung 31 kalori dan 1 gram serat. Sehingga, kamu bisa mengontrol berat badan serta mengelola gula darah dalam tubuh.  

Namun, penting untuk dicatat kamu tidak perlu menambahkan mentega, gula, atau penambah rasa untuk popcorn untuk penderita diabetes. Kamu cukup “letupkan” popcorn menggunakan suhu panas dari dalam wajan atau panci.

9. Non-Fat Yogurt & Buah Kering

buah kering

Mengidap diabetes bukan berarti membuatmu harus menderita. Kamu dapat memilih non-fat yogurt atau yogurt tanpa lemak sebagai camilan. Kamu dapat memadukan yogurt tanpa lemak dan buah kering.  

Tambahkan topping buah kering di atas yogurt. Tyu - Dragon Fruit Chewy tanpa pemanis tambahan bisa kamu gunakan sebagai topping, nih!  Yogurt lezat pun siap kamu santap.  Yogurt memberikan asupan protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang seimbang, sementara buah kering dapat menambahkan antioksidan sebagai penangkal penyakit. 

10. Alpukat 

alpukat

Salah satu camilan berikutnya yang aman bagi penderita diabetes adalah alpukat. Makanan super ini bukan hanya menjadi satu sumber terbaik lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung, tetapi juga merupakan camilan yang mudah dipotong dan dimakan. Menurut American Diabetes Association (ADA), alpukat mengandung kadar gula rendah sehingga ideal untuk dikonsumsi penderita diabetes. 

Kamu dapat menambahkan perasan air jeruk nipis dan sedikit garam apabila ingin menambahkan rasa yang berbeda ketika mengonsumsi alpukat. Penting untuk diingat bahwa alpukat adalah buah yang padat kalori. Jadi, perhatikan porsi alpukat yang kamu konsumsi! 

Itulah beberapa rekomendasi cemilan untuk penderita diabetes. Jadi, kamu bisa tetap ngemil tanpa takut kondisi kesehatanmu terganggu.  Semoga rekomendasi snack untuk diabetes di atas dapat menambah wawasanmu dalam menjaga kesehatan ya!