10 Makanan Paskah dan Makna Dibaliknya – Tasty Snack Indonesia

10 Makanan Paskah dan Makna Dibaliknya

Paskah adalah momen spesial dalam setahun yang sangat berkaitan dengan tradisi makanan. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa tradisi makanan paskah ini begitu penting? Apakah ada makna tersembunyi di antara makanan ini? Dan apakah makanan paskah di semua negara sama? Tasty Snack sudah merangkum 10 makanan paskah yang sering disajikan saat perayaan Paskah serta makna dibaliknya. Let’s get started!


1 | Telur Coklat

Artinya: kehidupan baru, kelahiran kembali, kesuburan, dan musim semi yang cerah

Telur adalah simbol kesuburan di masa lampau, namun pembuatannya telur coklat sendiri sudah ada sejak awal 1800-an di Jerman yang dipelopori oleh Cadbury pada tahun 1875. Awalnya terbuat dari cokelat hitam padat, lalu ada juga yang diberi isian seperti almond. Pada tahun 1905, Cadbury Dairy Milk lahir dan pasar telur paskah mulai booming. 


2 | Roti Salib

Artinya: salib di bagian atas melambangkan penyaliban, bahan rempah-rempah juga melambangkan rempah-rempah yang digunakan untuk membalsem Yesus setelah penyaliban.

Tidak ada sejarah pasti kapan roti salib berasal. Diduga roti ini berasal dari St. Albans pada abad ke-12 saat seorang biarawan membuatnya pada hari Jumat Agung untuk dibagikan kepada orang miskin. Pada tahun 1500-an, Ratu Elizabeth I melarang pembagian roti ini, kecuali pada saat Paskah, Natal, dan pemakaman karena dipercaya memiliki kekuatan menyembuhkan secara spiritual.


3 | Kue Simnel

Artinya: kesebelas orang yang pergi ke surga.

Kue simnel biasanya diberi topping 11 bola marzipan, untuk mewakili kedua belas rasul, dikurangi Yudas Iskariot, yang mengkhianati Yesus dengan sebuah ciuman. Ceritanya masih dipertanyakan kebenarannya, tetapi kue simnel awalnya lebih merupakan tradisi Hari Ibu yang membuat Mothering Sunday dikenal sebagai Simnel Sunday yang jatuh pada hari Minggu keempat Prapaskah di Inggris. Sekarang kue simnel biasanya dimakan sebagai teman minum teh pada hari Minggu Paskah.


4 | Domba Panggang

Artinya: kesucian dan kebaikan, serta pengorbanan Yesus.

Jauh sebelum Paskah, domba adalah makanan utama saat Paskah orang Yahudi. Ketika agama Kristen lahir, orang Yahudi yang berpindah agama ke Kristen membawa serta tradisi tersebut. Karena Yesus dikenal sebagai 'Anak Domba Allah' dan Dia mengorbankan dirinya saat Paskah. Itulah mengapa menyajikan domba sebagai makanan Paskah punya makna yang sangat dalam.


5 | Roti Paskah

Artinya: berakhirnya puasa Prapaskah, serta kedamaian dan keberuntungan di tahun yang akan datang.

Roti adalah makanan yang penting dan wajib saat Paskah, sebagai simbol tubuh Kristus selama Perjamuan Kudus dan Perjamuan Terakhir. Roti Paskah sangat bervariasi di setiap negara dan biasanya dibagikan sebagai hadiah. Di Yunani, Turki, dan negara-negara Eropa Timur ada roti yang dibentuk seperti kepangan dengan telur berwarna cerah diletakkan di dalamnya.

Di Jerman dan Belanda, roti paskah disana bernama Osterbrot atau stol, yang mirip dengan Christmas stollen. Sedangkan di Italia, roti Paskah yang dijual dalam versi panettone yang biasanya berbentuk seperti burung merpati simbol perdamaian.


6 | Roti Kelinci Paskah

Artinya: kesuburan dan kesucian.

Tradisi Kelinci Paskah yang mengirimkan telur kepada anak-anak sejak tahun 1600-an, aslinya berasal dari Jerman. Dan seperti Sinterklas, Kelinci Paskah akan memutuskan apakah anak-anak itu nakal atau baik terlebih dahulu sebelum memberikan telur. Kelinci adalah simbol kesuburan karena mereka berkembang biak dengan subur.


7 | Kue Wortel

Artinya: musim semi, kelimpahan dan makanan untuk kelinci Paskah

Jika biasanya wortel diberikan untuk rusa pada hari Natal, sama halnya dengan paskah, wortel juga ditinggalkan oleh anak-anak untuk kelinci Paskah. Wortel disajikan dalam berbagai bentuk hidangan, mulai dari makanan gurih sampai cookies berbentuk wortel.

Kue wortel menjadi populer selama Perang Dunia Kedua, karena saat itu pemakaian gula dibatasi. Dalam beberapa tahun terakhir, kue wortel dengan hiasan putih, dihiasi telur atau marzipan wortel kecil, menjadi salah satu tradisi makanan Paskah yang paling populer.


8 | Daging Ham

Artinya: pesta atau perayaan.

Di beberapa negara Eropa Utara, ham adalah daging yang paling mudah didapat, sehingga menjadi tradisi Paskah. Tradisi makan daging ham terbukti sudah ada sejak abad ke-6 di Jerman dan menjadi makanan paling populer saat makan siang di Minggu Paskah.


9 | Pretzel

Artinya: doa.

Awalnya pretzel adalah camilan Pra-Paskah, yang muncul pada Rabu Abu dan dimakan hingga Minggu Paskah. Karena selama Prapaskah tidak makan produk susu, sehingga pretzel dibuat hanya dari tepung, garam, dan air. Pretzel diartikan juga sebagai 'little arm' karena bentuknya dalam posisi  tangan yang sedang berdoa.


10 | Kue Paskah yang Dihias

Artinya: kehidupan baru dan musim semi.

Anak ayam, domba, dan bunga adalah motif paling populer untuk menghias kue Paskah. Seperti kebanyakan tradisi Paskah, menyajikan kue paskah adalah simbol menyambut datangnya musim semi. Hingga saat ini, motif bunga dan bayi-bayi hewan seperti ayam, bebek, kelinci, dan domba masih menjadi motif yang paling penting untuk mendekorasi kue Paskah dan makanan Paskah lainnya.


Dalam rangka menyambut Minggu Paskah, kamu bisa menyiapkan camilan untuk disajikan kepada kerabat yang bertamu. Kamu bisa melihat katalog snack kami disini dan memesannya sekarang. Happy Easter!