10 NEGARA YANG WARGANYA PALING BANYAK JAJAN SNACK

10 NEGARA YANG WARGANYA PALING BANYAK JAJAN SNACK

Siapa yang tidak suka ngemil? Ngemil artinya makan atau minum di antara waktu makan. Alasan orang ngemil biasanya karena lapar, tapi banyak juga yang ngemil karena sedang bepergian, lapar di tengah malam, atau bingung mau makan apa dan akhirnya berujung jajan cemilan.

Faktanya, banyak orang yang ngemil karena melihat makanan yang menggugah selera, padahal mereka gak lapar. Setuju gak? Maka dari itu, banyak orang yang selalu memasukkan cemilan dalam daftar belanja bulanan. Nah, Tasty Snack punya fakta menarik tentang negara mana saja yang warganya paling banyak jajan snack lho. Penasaran Indonesia masuk urutan ke berapa? Let’s check it out!

 

AMERIKA

Orang Amerika adalah yang paling banyak jajan snack. 7 dari 10 orang Amerika bahkan selalu ngemil setiap saat dan dari hasil survey 2.000 orang, 69% orang Amerika mengaku selalu membawa beberapa jenis snack saat bepergian. Mereka bahkan lebih memilih ngemil snack saat stres dan lapar dibanding harus masak sendiri. Orang Amerika sangat menyukai camilan asin dan gurih.

Cemilan yang paling sering dibeli adalah potato chips, coklat, permen dan camilan rasa keju. Makan 1-3 snack per hari adalah hal biasa bagi orang Amerika dan alasan utama mereka ngemil snack saat lapar atau haus karena mereka butuh makanan yang praktis dan cepat saji, maka tak heran banyak yang menjadikan snack sebagai pengganti sarapan.

 

CINA

Di Asia, China menjadi negara pertama yang paling banyak jajan pada tahun 2019. Snack populer di China biasanya memiliki kemasan yang menarik, citra merek yang bagus, dan menggunakan bahan-bahan alami tanpa gula. 56% konsumen snack di China adalah perempuan dan yang paling banyak ngemil berusia 18 hingga 44 tahun. Kebanyakan mereka jajan snack karena memang suka ngemil, sisanya karena penasaran, lapar dan butuh nutrisi tambahan.

Orang Cina lebih suka cemilan yang bertekstur renyah. Biasanya mereka juga menyediakan snack di kantor untuk cemilan karyawan dan memberikan snack sebagai hadiah atau hampers saat momen-momen spesial seperti tahun baru ataupun hari valentine.

 

JEPANG

Jepang adalah adalah negara kedua di Asia dengan penjualan snack tertinggi di dunia pada tahun 2019. Tapi yang menarik, mereka sangat suka makanan sehat dan organik. Jadi ketika ngemil pun, mereka memilih snack sehat seperti rumput laut, edamame, atau yogurt. Bahkan menurut laporan PBB, Jepang mengonsumsi rumput laut sebanyak 1 juta ton per tahun lho. Wow!

Gak aneh memang kalau banyak orang Jepang yang mengonsumsi rumput laut sebagai makanan utama atau hanya cemilan, karena dalam semangkuk rumput laut saja sudah mengandung 2 - 9 gram protein. Rumput laut bahkan memiliki kandungan potasium yang lebih banyak daripada pisang dan juga yodium yang bagus untuk mencegah pertumbuhan tiroid.

 

INDIA

Menjadi negara dengan penduduk terbanyak kedua setelah Cina, India juga ternyata masuk dalam jajaran negara dengan penjualan snack terbesar di dunia. 8 dari 10 orang India setidaknya mengganti jatah makan utama mereka dengan satu cemilan yang bisa memuaskan rasa penasaran mereka.

Orang India biasanya jajan snack karena mau yang praktis dan cemilan yang bisa membuat mereka nyaman. Mereka tertarik mencoba cemilan baru karena banyak melihat konten media sosial, sehingga ngemil itu sebagai sarana untuk kesehatan mental mereka dibanding manfaatnya secara fisik. Mereka mengutamakan rasa dan biasanya selalu sedia 2 snack setiap hari: satu untuk pagi hari, satunya lagi untuk cemilan malam hari.

 

RUSIA

Makanan utama orang Rusia terbagi menjadi 4 kelompok: kol, roti, kentang, dan lemak. Sebanyak 80% orang Rusia suka mengonsumsi makanan cepat saji seperti burger, chicken wings, dan kentang goreng. Cemilan mereka pun tidak jauh dari makanan yang berbahan dasar susu, seperti keju dan yogurt, tapi tak sedikit pula orang Rusia yang suka minuman bersoda dan chips.

 

NIGERIA

Negara terkaya ketiga di benua Afrika ini ternyata masuk dalam daftar 10 besar negara yang warga negaranya suka jajan snack lho. Orang Nigeria, khususnya remaja, menyukai minuman dan makanan ringan yang tinggi kalori, seperti minuman bersoda, cookies dan cake.

Kebiasaan jajan snack ini terjadi setelah orang-orang Nigeria mengikuti tren fast food ala Negara Barat. Penjualan snack pun meningkat, karena bukan hanya anak-anak, para ibu pun mulai malas masak. Mereka lebih memilih membeli mie instan, soft drink, sampai jus dalam kemasan. Kebiasaan makan harus ditemani soft drink membuat penjualannya sangat tinggi di Nigeria.

 

KANADA

Banyak orang Kanada yang tidak punya banyak waktu untuk makan karena terlalu sibuk bekerja akhirnya lebih memilih jajan snack. Maka dari itu, banyak orang Kanada yang bukan hanya membeli snack enak, sehat tapi juga mengenyangkan untuk pengganti makanan utama. Kebanyakan mereka ngemil saat jam makan siang dan mengaku kalau ngemil untuk menghilangkan rasa lapar. Saat bepergian, mereka lebih suka snack murah dan porsinya kecil sehingga lebih mudah dibawa.

Yogurt adalah snack yang paling banyak mereka makan, diikuti buah, roti-rotian dan keju. Bahkan mereka rela membayar lebih untuk snack sehat atau snack low-sugar. Tapi tidak sedikit pula yang ngemil karena ingin memanjakan lidah saja, seperti coklat. 

 

MEKSIKO

Kalau kamu berkunjung ke Meksiko, kamu akan dimanjakan oleh banyak snack khas Meksiko yang beragam. Orang Meksiko biasanya mengonsumsi minimal 2 snack sehari dan buah adalah cemilan yang paling banyak dikonsumsi oleh segala usia. Kemudian disusul oleh cemilan asin, cemilan manis, minuman manis dan susu menjadi kategori makanan ringan dan minuman yang paling dikonsumsi oleh orang Meksiko.

Karena dalam budaya mereka, pertemuan keluarga atau berkumpul bersama keluarga besar adalah sebuah tradisi penting, maka di saat itulah akan banyak makanan ringan yang disajikan. Mulai dari tradisi itulah yang membuat ‘ngemil’ menjadi suatu kebiasaan yang lumrah disana. Tak heran jika Meksiko masuk daftar negara yang warga negaranya suka jajan snack.

 

PERANCIS

Perancis adalah negara yang memiliki daftar cemilan yang mendunia, seperti croissant, macaron, dan éclair. Kecintaan orang Perancis terhadap snack membuat mereka masuk dalam daftar 10 negara yang warganya banyak jajan snack. Mereka sangat menyukai chips dan cake, namun yang menarik disana ada tradisi kapan kamu bisa ngemil.

Orang Perancis terbiasa ngemil mulai jam 4 sore, yang sengaja dibuat agar anak-anak menghabiskan makan siang mereka lalu ngemil setelah pulang sekolah. Di Perancis, cemilan asin seperti chips atau kacang dijadikan makanan pembuka sebelum makan malam. Di waktu inilah orang Perancis bisa puas ngemil sambil minum.

 

MESIR

Kuliner Mesir merupakan salah satu kuliner yang otentik dan lezat di dunia. Ketika menelusuri jalan-jalan di Mesir, kamu akan menemukan banyak café kecil dan gerobak makanan. Orang Mesir sangat menyukai keju dan mereka biasa menggabungkan keju dengan makanan lainnya sebagai cemilan.

Jika berbicara tentang snack, potato chips menempati urutan pertama dalam daftar cemilan favorit orang Mesir. Konsumsi potato chips mencapai 60%, dibandingkan cemilan lainnya. Kebiasaan orang Mesir yang suka minum teh, membuat snack laku keras disana. Chipsy adalah merk potato chips yang populer di Mesir, satu perusahaan dengan Lay’s. Kamu sudah coba?


Kamu pasti penasaran, kira-kira Indonesia di posisi berapa ya? Jangan sedih, karena Indonesia menempati posisi ke-11 lho. Nah, buat Snackmates yang lagi cari cemilan manis, asin, gurih, atau pedas, bisa langsung order di www.tastysnack.id aja ya. Koleksi snack-nya lengkap banget!