RAYAKAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN 10 LOMBA 17 AGUSTUS YANG SER

RAYAKAN HARI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN 10 LOMBA 17 AGUSTUS YANG SERU INI!

Salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah perlombaan. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa bersaing satu sama lain untuk menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah utama sambil bersenang-senang.

Permainan yang dilombakan di setiap wilayah mungkin berbeda dan setiap tahunnya selalu ada saja permainan baru yang muncul. Meskipun begitu, ada beberapa permainan tradisional Indonesia yang identik dan selalu ada saat perayaan hari kemerdekaan, seperti balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, dan lomba bakiak. 

Tasty Snack mau coba mengingatkan kamu kembali, apa saja permainan tradisional Indonesia yang selalu dimasukkan dalam daftar lomba 17 agustus setiap tahunnya. Check it out!

 

PANJAT PINANG

Sumber: kompas.com

Lomba 17 agustus paling populer adalah panjat pinang. Peserta harus memiliki keterampilan, fisik dan tekad yang kuat, karena membutuhkan kerjasama yang solid antar anggota tim. Peserta dibagi dalam kelompok dan harus memanjat pohon pinang yang sudah dilumuri minyak, sehingga mereka sulit untuk mencapai puncak. Biasanya ada banyak hadiah yang digantung di puncak dan peserta bebas memilih hadiah.

Sebelum menjadi salah satu lomba 17 agustus yang paling dinanti, ternyata panjat pinang dahulu merupakan suatu hiburan yang sengaja diadakan oleh para penjajah Belanda pada pesta pernikahan dan pesta-pesta lainnya. Pesertanya adalah pribumi dan orang Belanda yang menyediakan hadiah berupa 'barang mewah', seperti keju, gula, dan kemeja yang diletakkan di bagian atas tiang. Maka tak heran jika tiang dianggap sebagai jalan panjang bangsa Indonesia menuju kebebasan, minyak lambang rintangan yang menghadang, dan hadiah di puncak melambangkan keberhasilan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

 

BALAP KARUNG

Konon balap karung merupakan bentuk perayaan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang. Namun permainan balap karung sebenarnya sudah ada sejak Belanda pertama kali mendarat di Indonesia. Mereka sering memainkannya di halaman kantor, bersaing dengan sesamanya maupun dengan orang pribumi.

Saat itu masyarakat Indonesia hanya mengenakan pakaian yang terbuat dari karung goni, plastik atau karet, sehingga karung lah yang dipilih sebagai media untuk balapan. Balap karung menjadi lomba 17 agustus favorit banyak orang Indonesia, karena aturan permainan yang sederhana dan alat-alat yang digunakan juga mudah ditemukan.

 

MAKAN KERUPUK

Kerupuk adalah makanan favorit orang Indonesia yang biasanya disajikan sebagai pelengkap hampir semua masakan. Makanan ringan yang asin dan gurih ini juga merupakan ‘alat inti’ yang digunakan saat lomba 17 agustus yaitu lomba makan kerupuk. Peraturannya sangat sederhana, peserta harus makan kerupuk secepat mungkin, dalam posisi kerupuk yang tergantung di seutas tali.

Permainan tradisional Indonesia ini memiliki makna sejarah yang mendalam. Selama masa kolonial, tentara Indonesia menghadapi kesulitan dalam mendapatkan makanan. Bisa makan nasi dengan kerupuk saja sudah membuat mereka bahagia. Dengan kata lain, lomba makan kerupuk menjadi pengingat bagi kita untuk menghargai pengorbanan para leluhur.

 

BALAP BAKIAK

Sumber: Wikipedia

Balap bakiak adalah permainan tradisional Indonesia yang mengandalkan kerjasama tim yang solid untuk bisa menang. Bakiak adalah sandal kayu tradisional yang talinya terbuat dari ban bekas Berasal dari tahun 1970-an, di Sumatera Barat, balap bakiak merupakan permainan yang digemari oleh segala usia.

Dalam permainan ini, para peserta harus berjalan bersama untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Bakiak yang digunakan untuk lomba 17 agustus biasanya merupakan berbentuk sandal kayu panjang yang memuat 2 - 3 pasang sandal sehingga bisa digunakan oleh empat sampai enam peserta. Peserta dinyatakan menang jika berhasil mencapai garis finish tanpa terjatuh. Sudah pernah coba ikutan lomba ini?

 

BALAP KELERENG

Sumber: Brilio

Perlombaan balap kelereng adalah permainan tradisional Indonesia yang biasanya diikuti peserta anak-anak dengan cara membawa kelereng menggunakan sendok yang dijepit di mulut. Aturannya sederhana, para peserta cukup berdiri di garis start sambil membawa sendok berisi kelereng di mulutnya. Ketika aba-aba diberikan, peserta harus berjalan secepat mungkin ke garis finish sambil menjaga kelereng tetap di sendok agar tidak jatuh tanpa menyentuh kelereng maupun sendok.

 

GIGIT KOIN

Sumber: Info Publik

Sesuai dengan namanya, dalam lomba gigit koin peserta diharuskan mengambil koin-koin yang ditancapkan pada buah semangka tanpa bantuan tangan. Yang membuat permainan ini semakin menarik karena biasanya buah dilumuri oli atau mentega, sehingga membuat peserta semakin kesulitan untuk menggigit koinnya.

Seringkali bukan koin yang terambil, wajah peserta justru menjadi berlumuran oli, sehingga membuat penonton tertawa. Peserta dinyatakan menang jika berhasil mengumpulkan koin paling banyak berdasarkan waktu yang telah ditentukan.

 

TARIK TAMBANG

Tarik tambang adalah salah satu lomba 17 agustus yang paling disukai saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa, tetapi tarik tambang juga sering dimainkan oleh anak-anak. Bahkan sempat masuk menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade 1900 hingga 1920.

Ketenaran tarik tambang yang mendunia membuat permainan ini diklaim oleh beberapa negara, seperti Cina dan India. Di Indonesia, tarik tambang mulai dimainkan saat penjajahan Belanda sebagai bentuk menghibur diri para pekerja pribumi. Permainan ini membutuhkan dua kelompok yang saling tarik-menarik dan pemenangnya adalah yang berhasil menarik lawan sampai melewati garis.

 

MEMASUKKAN PAKU KE DALAM BOTOL

Sumber: Kemenkumham

Ada lagi lomba 17 agustus yang unik dan selalu ada di setiap perayaan hari kemerdekaan yaitu lomba memasukkan paku ke dalam botol. Lomba ini diikuti oleh peserta dewasa, namun jika anak-anak yang berlomba biasanya paku diganti dengan pensil.

Aturan lomba ini cukup mudah. Cukup menyiapkan benang, paku atau pensil, dan botol kosong. Paku atau pensil diikat menggunakan benang lalu dililitkan ke tubuh peserta. Peserta harus memasukkan paku ke dalam botol tanpa bantuan tangan, lalu membawanya sampai ke garis finish. Siapa yang tercepat, dialah pemenangnya.

 

JOGET BALON

Sumber: Google

Salah satu lomba 17 agustus yang banyak menarik gelak tawa adalah lomba joget balon. Siapa yang bisa berdiam diri ketika diputarkan musik dangdut? Semua yang mendengarkan pasti ingin berjoget. Tapi kalau lomba berjoget saja apa serunya? Maka dari itu muncullah ide lomba joget balon.

Permainan ini dimainkan oleh satu tim yang terdiri dari dua orang. Mereka harus berjoget sambil mengapit balon menggunakan seluruh anggota tubuh, kecuali tangan. Pemenang lomba joget balon adalah mereka yang berhasil mempertahankan balon agar tidak terjatuh sampai waktu yang ditentukan panitia.

 

MEMECAHKAN PLASTIK BERISI AIR

 Sumber: Google

Permainan yang sering membuat pesertanya basah kuyup tapi seru nih! Peserta yang mengikuti lomba memecahkan plastik berisi air harus ditutup matanya. Air biasanya dibungkus menggunakan plastik bening atau balon, lalu digantung di seutas tali.

Peserta membawa semacam tongkat atau jarum dan berjalan menuju ke arah plastik air dengan mata tertutup. Permainan ini cukup berbahaya ya, jadi biasanya hanya dilakukan orang dewasa dan butuh area yang cukup luas agar peserta tidak melukai satu sama lain. Peserta yang berhasil memukul plastik air sampai pecah, dia akan menjadi pemenangnya. Kalian sudah pernah coba ikutan lomba ini belum?

 

Dari 10 permainan di atas, mana nih lomba 17 agustus favorit kalian?