10 Rekomendasi Snack Sehat yang Gak Bikin Darah Tinggi – Tasty Snack Indonesia

10 Rekomendasi Snack Sehat yang Gak Bikin Darah Tinggi

Berdasarkan data WHO tahun 2015, ada sekitar 1,13 miliar orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi di dunia. Artinya, 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Di Indonesia sendiri, data Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi hipertensi sudah mencapai 34,1%.

Penyakit yang dijuluki ‘The Silent Killer’ ini memang seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda sampai kondisi sudah parah. Meskipun hipertensi bisa disebabkan oleh faktor genetik, sebenarnya ada banyak faktor lain yang jadi penyebabnya. 



Apakah Hipertensi bisa dicegah?

Penyebab yang berasal dari internal, seperti umur, jenis kelamin dan genetik memang tidak bisa diubah. Namun ada beberapa penyebab dari eksternal yang bisa diubah dan jika disiplin, peluang untuk terkena hipertensi bisa diperkecil. Beberapa penyebab hipertensi yang bisa dicegah:

  1. Konsumsi garam berlebih
  2. Diet rendah serat
  3. Kurang aktivitas fisik
  4. Stres
  5. Berat badan berlebih
  6. Merokok
  7. Konsumsi alkohol

Salah satu yang paling ditekankan adalah mengurangi konsumsi garam dan perbanyak serat. Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan jumlah natrium dalam sel tubuh dan mengganggu keseimbangan cairan. Membuat kerja jantung dan ginjal semakin berat, sehingga meningkatkan risiko munculnya penyakit lain seperti serangan jantung, stroke sampai gagal ginjal. Untuk itu, penting untuk membaca label makanan dengan teliti agar terhindar dari bahaya hipertensi.



Snack Sehat yang Aman untuk Penderita Hipertensi

Tidak sulit menemukan cemilan yang aman untuk penderita hipertensi, selama kamu berhati-hati dalam membaca label makanan. Di dalam tabel Informasi Nilai Gizi dan Komposisi, kamu bisa melihat mana cemilan yang tinggi garam atau tidak.

WHO menyarankan untuk membatasi konsumsi garam maksimal 1 sendok teh atau setara 5 gram per hari. Berikut rekomendasi cemilan sehat yang aman untuk penderita hipertensi.


1 | YUM! Tempe Chips

Snack pertama yang kami rekomendasikan adalah keripik tempe dari YUM! Produk eksklusif dari Tasty Snack ini menggunakan bahan-bahan premium, bebas pengawet dan gluten free. Teksturnya renyah banget, rasanya sedikit asin dan tidak berminyak sama sekali. YUM! Tempe Chips hanya mengandung 100 gram sodium per sajian. Jadi masih dalam batas aman ya!


2 | YUM! Emping Chips

Satu lagi snack dari YUM! yang gak bikin darah tinggi adalah YUM! Emping Chips. Emping sendiri terbuat dari biji melinjo asli Indonesia, yang diproses menggunakan metode tradisional. Tak seperti emping pada umumnya, emping dari YUM! tidak terlalu pahit, justru ada sedikit rasa manis dan gurihnya. Bebas pengawet, gluten free, 100% vegan, dan rendah garam. Hati-hati bikin ketagihan!


3 | Nutify Premium Mixed Nuts

Sumber: Nutify

Mencari camilan praktis yang bikin kenyang tapi juga aman untuk penderita diabetes, kamu bisa coba mixed nuts dari Nutify. Gabungan dari lima jenis kacang premium: cashew, almond, macadamia, walnut dan pecan. Proses pembuatannya dipanggang, tanpa ada penambahan bahan, baik pewarna maupun pengawet. Kombinasi rasa manis, gurih, renyah, dan tentunya lebih sehat, karena hanya mengandung 2,3 mg garam per sajian.


4 | Nourish Cashew Chili Lime

Bosan dengan snack kacang yang gitu-gitu aja? Kamu wajib cobain kacang mete dari Nourish! Kacang mete panggang premium dengan kombinasi cabai dan daun jeruk yang menghasilkan rasa pedas, sedikit manis dan segar yang unik. Bebas MSG, hanya menggunakan bahan-bahan alami, Nourish Cashew Chili Lime hanya mengandung 18 mg garam per sajian.


5 | Nutify Pulao Banana

Lagi cari camilan manis yang manisnya bukan dari gula? Yang enak tapi bukan digoreng dan bebas MSG? Nutify Pulao jawabannya. Pulao adalah camilan yang terbuat dari buah yang dikeringkan dengan teknologi low-temperature-slow-drying tanpa tambahan pemanis. Pulau Banana terbuat dari 100% buah pisang asli, hanya mengandung 2,2 mg garam per sajian.


6 | Amazin’ Graze Coconut Kaya Granola

Sumber: Now Boarding - Singapore Changi Airport

Ingin mencicipi snack dari Singapura? Amazin’ Graze adalah salah satu snack yang wajib kamu coba. Sebagai merek yang fokus menjual snack sehat, granola dari Amazin’ Grace ini memiliki aroma yang khas. Campuran rolled oats, almond, pecan, cranberry, dan chia seed yang dilapisi selai kelapa (kaya), semuanya terbuat dari bahan-bahan alami, termasuk daun pandan, sehingga aroma pandannya sangat terasa. Snack sehat ini adalah sumber serat dan protein yang bagus untuk tubuh, serta hanya mengandung 38 mg garam.


7 | Whole Chips Purple Ube

Sumber: Tokopedia

Camilan manis yang rendah gula dan garam terbaik adalah Purple Ube Chips. Keripik ubi ungu yang lezat dan bernutrisi ini menggunakan bahan baku alami, bebas MSG, gluten free, rendah kalori, serta tanpa bahan pengawet. Sangat cocok untuk kamu yang mencari snack sehat yang aman untuk tensi, karena kandungan garamnya hanya 45 mg per sajian.


8 | Springdale Cottage Classic Trail Mix

Sumber: Lazada.sg

Perpaduan sempurna antara buah-buahan kering dan kacang-kacangan yang akan memberikan energi sepanjang hari. Kombinasi rasa gurih kacang, manis dan asam buah kering, menghasilkan sensasi rasa yang unik dan bikin nagih. Springdale adalah snack sehat berserat tinggi asal Malaysia yang enak sekaligus aman untuk penderita hipertensi. Semua kacang diproses dengan cara dipanggang dan hanya mengandung 5 mg garam per sajian.


9 | Nourish Kriyuk! Keripik Bawang Gluten Free

Sumber: Nourish

Kriyuk! Keripik Bawang adalah cemilan keripik krispi renyah dengan rasa gurih asin yang dibuat dengan 3 tahapan yaitu penggorengan dengan minyak kelapa, lalu dikeringkan khusus dengan mesin spinner, baru kemudian dipanggang dalam oven untuk mengurangi kadar minyak yang tersisa pada keripik. Keripik bawang ini tidak menggunakan terigu, gula, telur, serta bahan-bahan tambahan lainnya seperti MSG dan pengawet. Keripik bawang yang sangat rendah kalori, bebas kolesterol dan pastinya gak bikin darah tinggi.


10 | Ppuff! Super Shrooms Roasted Corn

Super Shrooms terbuat dari bahan-bahan pilihan asli Indonesia. Cemilan sehat dan lezat ini terbuat dari 2 superfood yaitu jamur tiram dan beras merah, sehingga sangat kaya gizi, serat, protein, serta memiliki kalori dan lemak yang lebih rendah dengan snack jamur pada umumnya karena tidak digoreng. Rasa gurih dan manisnya berasal dari bahan-bahan alami, karena Super Shrooms tidak menggunakan MSG, pengawet, pewarna dan bahan-bahan tambahan lainnya.

 

 

Mulai sekarang, jangan takut ngemil karena takut darah tinggi. Karena semua snack sehat di atas bisa kamu pesan di Tasty Snack. Masih ada banyak snack sehat lainnya yang bisa kamu pilih disini. You’ll never guilty about snacking again!