Sekarang Liburan ke Singapura Tak Perlu Paspor! – Tasty Snack Indonesia

Sekarang Liburan ke Singapura Tak Perlu Paspor!

Good news! Buat kamu yang suka traveling, khususnya ke Singapura, mulai tahun 2024 mendatang tidak perlu menggunakan paspor lagi. Menurut ZDNet, peraturan baru ini akan berlaku baik untuk warga lokal maupun pendatang.

Sebagai gantinya, Singapura akan menggunakan teknologi terbaru untuk pengecekan sistem imigrasi berupa QR code. Ini adalah bagian dari otomatisasi perizinan yang diusung oleh otoritas imigrasi Singapura  (ICA), yang bertujuan agar proses pengecekan dan izin bea cukai lebih cepat dan aman.

Uji coba sudah dilakukan pada 2019 di Terminal 4 Bandara Changi dan sudah diuji coba langsung pada pengunjung yang bepergian dengan mobil pada tahun 2022, menggunakan Automated Passenger In-Car Clearance System (APICS). Dengan sistem ini,  pengendara dapat melakukan self-clearance tanpa atau dengan bantuan minimal dari petugas.

Sayangnya, penerapan sistem baru ini baru diberlakukan untuk pengunjung yang mengendarai mobil saja, terutama yang berasal dari negara yang berbatasan langsung dengan Singapura seperti Malaysia. Menurut ICA, APICS akan diluncurkan dalam tiga tahap di semua pos pemeriksaan darat selama lima tahun ke depan. 

Meskipun begitu, di masa depan tak menutup kemungkinan sistem ini akan diberlakukan di jalur penerbangan juga, jadi liburan ke Singapura akan semakin mudah.  Akan tetapi sebelum kesana, kamu perlu tahu daftar destinasi wisata apa saja yang wajib kamu kunjungi. Kira-kira ada apa aja ya? 

 

Daftar Tempat Wisata GRATIS di Singapura

Meskipun Singapura dikenal sebagai negara yang serba mahal, kamu bisa berhemat saat liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata gratis di Singapura dan paling recommended berikut:

  1. Jewel at Changi Airport
  2. Gardens by the Bay
  3. Little India
  4. Lau Pa Sat Hawker Centre
  5. Haji Lane
  6. Orchard Road
  7. Singapore Botanic Gardens
  8. Merlion Park
  9. Chinatown Food Street
  10. Marina Bay
  11. Maxwell Road Hawker Centre

Mulai dari wisata yang instagramable untuk foto-foto, sampai yang serba canggih, Singapura juga terkenal sebagai negara dengan kekayaan kulinernya. Jadi saat liburan kesana, jangan lupa mencicipi ragam kuliner khas Singapura yang bisa kamu temukan diantaranya di Chinatown dan Little India. Dan tak lupa juga, wajib bawa oleh-oleh khas Singapura.



    Oleh-Oleh Khas Singapura

    Liburan ke Singapura adalah pengalaman yang tak terlupakan dan sayang rasanya jika kamu meninggalkannya tanpa membawa pulang beberapa oleh-oleh khas Singapura. Berikut daftar oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang:


    1 | Kaya

    Sumber: eatbook.sg

    Selai kelapa khas Singapura yang dibuat dari santan, telur, gula, dan daun pandan ini adalah selai yang populer dioleskan ke atas roti panggang. Kamu juga akan menemukan Kaya di toko-toko kue dan dessert lokal. Ada banyak brand kaya favorit yang bisa kamu temukan di Singapura, diantaranya Killiney Kaya, Toast Box Hainanese Kaya with Honey, Wang Cafe Traditional Kaya dan Ya Kun Kaya.

    2 | Jajanan Singapura

    Sumber: The Jakarta Post

    Oleh-oleh yang bisa dimakan adalah souvenir terbaik, karena bisa dinikmati semua orang, tanpa kenal usia. Singapura terkenal dengan banyak camilan lezat, diantaranya yang terbuat dari fish skin dan bumbu salted egg. Beberapa daftar snack populer asal Singapura yang wajib kamu coba diantaranya: Irvin’s, Golden Duck, Crusty’s, Aroma, Fupi dan Amazin’ Grace.

    Merek-merek snack di atas asli dari Singapura, yang beberapa diantaranya memiliki varian rasa yang terinspirasi dari makanan-makanan khas mereka. Membawakan oleh-oleh makanan ringan untuk keluarga di rumah bisa mengobati kesedihan mereka karena tidak bisa ikut berlibur.

    Jika kamu takut bagasi penuh, kamu bisa membeli snack-snack favorit Singapura ini di Tasty Snack Indonesia. Liburan lebih tenang, oleh-oleh buat orang rumah pun aman.



    3 | Bak Kwa

    Sumber: I Wander

    Oleh-oleh Singapura lainnya yang bisa dimakan adalah bakkwa, sejenis daging babi panggang ala Cina yang dikeringkan di atas arang. Rasanya yang manis dan gurih, dengan sentuhan asapnya, menjadi favorit warga Singapura dan juga wisatawan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.



    4 | Souvenir

    Sumber: Singapore Wikia

    Dijuluki The Lion City atau Negeri Singa, tak heran jika banyak souvenir yang dijual banyak yang berbentuk singa. Mulai dari gantungan kunci,  patung pajangan, kaos bergambar singa, sampai aksesoris yang bisa kamu temukan di hampir semua toko oleh-oleh, terutama di daerah Chinatown dan Bugis Street.

    Souvenir lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah Tiger Balm dan parfum aromatik yang bisa kamu temukan di salah satu toko parfum bernama Jamal Kazura. Disini botol-botol parfumnya sangat unik dan bergaya Arab. Parfum beraroma bunga anggrek menjadi favorit karena menjadi aroma khas Singapura.

    5 | Perhiasan Anggrek RISIS

    Sumber: truongquoctesaigon.edu.vn

    Orang Singapura sangat menghargai “anggrek” yang merupakan bunga nasional mereka, sehingga berusaha sekreatif mungkin untuk mempromosikannya, antara lain dengan menciptakan perhiasaan emas berbentuk anggrek. Salah satunya adalah RISIS, merek perhiasan asal Singapura yang menggunakan anggrek asli yang dilapisi emas 24 karat dan dibuat menjadi kalung, anting, dan bros. Karena terbuat dari bunga asli, tidak ada desain yang sama persis, sehingga menjadi oleh-oleh yang sangat unik dan bisa jadi koleksi juga.

     

    6 | Bacha Coffee

    Sumber: Bacha Coffee

    Bacha Coffee adalah kedai kopi asal Maroko yang sudah berusia lebih dari seabad ini membuka outlet pertamanya di Singapura pada 2019 lalu. Berlokasi di ION Orchard dan Changi Airport, interior cafe ini terinspirasi dari arsitektur istana Dar el Bacha di Marrakech yang serba berwarna emas, merah dan biru. Mewah banget!

    Bacha Coffee menawarkan koleksi lebih dari 200 jenis kopi dari 30 negara penghasil kopi yang berbeda. Soal rasa, gak perlu diragukan lagi. Untuk itu, Sebagai penikmat kopi, kamu wajib membelinya sebagai oleh-oleh, karena di Indonesia belum ada lho!

    Kini tak perlu pusing lagi ya harus kemana dan beli apa aja untuk oleh-oleh saat liburan ke Singapura. Yuk nabung dari sekarang untuk persiapan liburan tahun depan tanpa paspor!