12 NEGARA INI PUNYA CARA UNIK RAYAKAN TAHUN BARU – Tasty Snack Indonesia

12 NEGARA INI PUNYA CARA UNIK RAYAKAN TAHUN BARU

Kalau biasanya di Indonesia perayaan tahun baru diisi dengan acara kembang api dan barbeque-an bersama teman dan keluarga, bagaimana dengan tradisi tahun baru di negara lain? Nah, buat kamu yang merayakan tahun baru di rumah aja, mungkin kamu bisa mengambil inspirasi dari beberapa tradisi perayaan tahun baru di berbagai negara lewat artikel ini. Yuk kita lihat bagaimana mereka merayakan tahun baru!

 

 

BRASIL: MEMBUANG BUNGA PUTIH KE LAUT

Jika kamu berada di Brasil saat malam tahun baru, jangan kaget jika melihat lautan yang dipenuhi bunga putih dan lilin. Di negara-negara Amerika Selatan, ada tradisi bagi warga untuk pergi ke pantai pada malam tahun baru untuk memberikan persembahan kepada Yemoja, dewa air, yang dipercaya mengendalikan laut, untuk mendapatkan berkahnya di tahun yang akan datang. Mereka menuju pantai secepat mungkin setelah tengah malam dan harus melompati tujuh gelombang sambil membuat tujuh permintaan. Mereka juga mengenakan pakaian serba putih, karena melambangkan kesucian.

 

 

ITALIA: MENGENAKAN UNDERWEAR MERAH

Orang Italia memiliki tradisi mengenakan pakaian dalam berwarna merah untuk merayakan tahun baru. Dalam budaya Italia, warna merah dikaitkan dengan kesuburan, sehingga orang yang memakainya diharapkan dapat hamil di tahun mendatang.



SPANYOL: MAKAN ANGGUR UNTUK KEBERUNTUNGAN

Di Spanyol, penduduk setempat akan makan 12 buah anggur pada tengah malam untuk menghormati tradisi yang dimulai pada akhir abad ke-19. Pada tahun 1800-an, petani anggur di daerah Alicante menjalankan tradisi ini sebagai cara untuk menjual lebih banyak buah anggur menjelang akhir tahun. Orang Spanyol percaya, dengan makan buah anggur di 12 dentingan lonceng pertama setelah pergantian tahun akan membawa keberuntungan dan kemakmuran selama satu tahun. Namun, kepercayaan ini hanya akan berhasil jika kita berhasil memakan semua anggur dalam hitungan detik. Berani coba?

 

 

SKOTLANDIA: PIJAKAN PERTAMA

Di Skotlandia, tanggal 31 Desember adalah hari yang sangat penting, sampai diberi nama Hogmanay. Pada hari ini, orang Skotlandia menjalankan banyak tradisi, tetapi salah satu tradisi yang paling terkenal adalah pijakan pertama (first footing). Menurut kepercayaan orang Skotlandia, orang pertama yang melewati pintu rumah pertama kali setelah tengah malam pada Hari Tahun Baru haruslah pria berambut hitam jika ingin mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

Biasanya para pria tersebut datang sambil membawa hadiah berupa batu bara, garam, shortbread, dan whisky, yang semuanya dipercaya membawa keberuntungan. Tapi kenapa harus pria berambut hitam? Karena dalam sejarah, ketika Skotlandia sedang diserang oleh Viking, mereka sangat takut jika yang datang ke rumah adalah seorang pria berambut pirang membawa kapak besar. Jadi jika yang datang kebalikannya, itu pertanda melambangkan kemewahan dan kesuksesan.

 

RUSIA: MINUM ABU

Mungkin saat membaca ini yang terpikir pertama kali adalah abu manusia atau semacamnya, but don’t worry! Dalam budaya Rusia, ada salah satu tradisi unik saat malam tahun baru. Mereka akan  menuliskan keinginan mereka di selembar kertas, membakarnya dengan lilin, dan meminum abunya dalam segelas sampanye. Ehmmm kebayang gimana rasanya?

 

 

REPUBLIK CEKO: MEMOTONG APEL

Orang Ceko lebih suka memprediksi nasib masa depan mereka pada malam tahun baru dengan bantuan sebuah apel. Pada malam tahun baru, buah apel dipotong menjadi dua bagian dan konon bentuk inti apel menentukan nasib orang-orang di sekitarnya. Jika inti apel menyerupai bintang, maka semua orang akan segera bertemu lagi dalam kondisi sehat dan bahagia. Tapi jika bentuknya terlihat seperti salib, maka akan ada orang yang jatuh sakit.

 

 

ESTONIA: BANYAK MAKAN

Kalau kamu doyan makan dan makan 3 kali sehari saja belum merasa kenyang, kamu wajib merasakan perayaan tahun baru di Estonia. Di sana, orang-orang percaya bahwa makan sebanyak 7, 9, atau 12 kali akan membawa hal-hal baik di tahun yang akan datang, karena angka-angka tersebut dianggap sebagai angka keberuntungan. Eits tapi gak perlu khawatir jika kamu gak bisa menghabiskan makanannya, karena ternyata disana juga banyak orang yang sengaja menyisakan makanan untuk ‘memberi makan’ roh anggota keluarga yang berkunjung.

 

JEPANG: MAKAN MIE SOBA

Dalam budaya Jepang, ada ritual yang disebut toshikoshi soba atau mie penyeberangan tahun, yaitu makan semangkuk mie soba hangat, yang menjadi kebiasaan orang Jepang saat menyambut tahun baru. Tradisi ini berasal dari periode Kamakura dan dikaitkan dengan kuil Buddha yang membagikan mie kepada orang miskin. Karena mie tipis dan panjang ini kenyal namun mudah digigit, konon memakannya melambangkan perpisahan secara harfiah dari tahun lalu. Banyak orang Jepang juga percaya, karena tanaman soba yang digunakan untuk membuat mie soba sangat kenyal, orang yang memakan mie ini pada malam tahun baru adalah simbol kekuatan mereka. 

 

 

TURKI: MENABUR GARAM

Di Turki, menabur garam di depan pintu setelah jam berdentang tengah malam di hari tahun baru dipercaya membawa keberuntungan, kedamaian dan kemakmuran ke dalam rumah atau bisnis yang mereka jalankan.

 

 

DENMARK: MEMECAHKAN PIRING

Kalau biasanya saling melempar piring dengan teman dianggap perkelahian, berbeda halnya dengan di Denmark. Merupakan tradisi Denmark untuk melempar piring atau porselen ke pintu rumah teman dan tetangga pada Malam Tahun Baru. Cara ini dianggap sebagai simbol menghilangkan segala niat buruk sebelum Tahun Baru dimulai dan mereka percaya kalau semakin banyak piring yang pecah, semakin banyak keberuntungan yang akan mereka dapatkan di tahun mendatang.

 

 

FILIPINA: MENYAJIKAN 12 BUAH BERBENTUK BULAT

Pada malam tahun baru, para keluarga di Filipina selalu menyajikan 12 buah berbentuk bulat, seperti apel, anggur, dan prem, yang diyakini mewakili kemakmuran karena bentuknya yang menyerupai koin. Kenapa harus 12 buah? Karena setiap buah mewakili satu bulan dalam setahun dan dipercaya membawa keberuntungan.

 

 

YUNANI: MENGGANTUNG BAWANG

Yang pertama kali muncul di pikiran kamu pasti soal vampir, tapi bukan sama sekali ya. Orang Yunani percaya bahwa bawang adalah simbol kelahiran kembali, sehingga mereka menggantung bawang di pintu mereka dipercaya bisa mendorong pertumbuhan sepanjang tahun baru. Bawang dipercaya dapat membawa keberuntungan, kesuburan dan pertumbuhan (berkat kemampuannya untuk bertunas sendiri), yang biasanya digantung di pintu setelah kebaktian gereja pada Hari Tahun Baru.

 


Ternyata banyak sekali tradisi perayaan tahun baru yang unik dari negara lain ya. Dan apapun acara malam tahun baru kamu nanti, jangan lupa untuk selalu sedia cemilan yang banyak. Kamu bisa membelinya hanya di www.tastysnack.id. Ada banyak pilihan snack enak dan unik dari mancanegara yang bisa kamu order untuk teman begadang. Happy new year!