5 MAKANAN INDONESIA INI TERNYATA RAMAH VEGAN

5 MAKANAN INDONESIA INI TERNYATA RAMAH VEGAN

Dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan alamnya, Indonesia juga menjadi surga bagi para pelancong untuk wisata kuliner. Dari Sabang sampai Merauke, masing-masing daerah di Indonesia memiliki kuliner dengan ciri khas yang berbeda-beda dan dibalik kelezatannya yang beragam, ternyata makanan Indonesia banyak yang ramah vegan. Bahkan ada makanan vegan asli Indonesia yang sudah mendunia. Ada yang bisa tebak kira-kira makanan apa ya? Let’s check it out!


TEMPE

Untuk para vegan, tempe bukanlah makanan yang asing bagi mereka. Tempe adalah makanan asli Indonesia yang berbahan dasar kedelai dan para vegan menggunakannya sebagai pengganti daging, karena tinggi protein namun rendah lemak. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B12 yang biasanya terdapat dalam daging sapi dan merupakan sumber protein yang lengkap. Artinya, tempe memiliki sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang dan otot.

Banyak makanan Indonesia berbahan dasar tempe, salah satunya adalah keripik tempe. Keripik tempe bahkan menjadi oleh-oleh makanan khas beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Jawa Timur. Keripik tempe pun hadir dalam berbagai varian rasa dan dikemas dengan tampilan yang lebih modern, salah satunya adalah YUM! Tempe Chips, snack asli Indonesia yang menawarkan keripik tempe rasa original. Menggunakan sangat sedikit minyak, irisan tempe yang tipis tanpa tambahan tepung, bebas pengawet dan tambahan perasa, rasanya enak banget dan bikin ketagihan!


URAP

Kalau di luar negeri biasanya salad menggunakan mayones, Indonesia juga punya salad versi kearifan lokal dan ramah vegan juga, yaitu urap atau urab. Salad asal Jawa yang populer di Indonesia ini terdiri dari campuran sayuran matang yang direbus dan dibumbui dengan kelapa. Urap terinspirasi dari masakan Jawa tempo dulu yang terbuat dari sayuran rebus, Kuluban, yang berasal dari Kerajaan Mataram dan disebutkan dalam prasasti Rukam, 907 M.

Cara membuat urap cukup mudah. Kamu cukup merebus sayuran, siapkan kelapa parut yang sudah dibumbui dan sambal terasi. Setelah semuanya siap, susun sayuran di atas piring dan taburi dengan parutan kelapa pedas. Biasanya urap menggunakan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, daun pepaya, daun singkong, kacang panjang, taoge dan kol.


TAHU GEJROT

Bagi kamu yang berasal dari Jawa Barat atau sering berkunjung ke Bandung, pasti sudah tak asing dengan makanan ini. Tahu gejrot adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tahu coklat atau disebut tahu pong yang digoreng lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian yang membuat Tahu Gejrot spesial adalah kuahnya yang terbuat dari campuran gula merah, bawang merah dan cabai. Rasa pedasnya bisa request sesuai selera kamu, jadi buat penggemar makanan pedas pasti sangat cocok dengan makanan ini.


GETUK

Makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terbuat dari singkong ini disebut Getuk. Getuk sering dijadikan cemilan oleh orang Jawa sambil menikmati teh manis. Cara membuat getuk pun cukup sederhana, yaitu singkong dikupas kemudian dikukus atau direbus. Setelah matang, singkong ditumbuk atau dihaluskan lalu digiling kemudian diberi gula untuk pemanis. Saat disajikan, biasanya ditaburi parutan kelapa.

Ada dua jenis getuk: pertama, getuk telo yang terbuat dari singkong matang dan ditaburi potongan kecil gula merah saat masih panas sehingga warna singkong berubah coklat. Kedua, getuk lindri, singkong matang ditumbuk halus bersama gula, diberi pewarna makanan dan vanili, lalu dibentuk seperti mie memanjang dan dipadatkan. Pasti kamu pernah melihat pedagang kaki lima yang menjual getuk lindri, dengan warna-warna cerah seperti merah dan hijau.


BUBUR KACANG HIJAU

Makanan yang biasa disingkat burjo ini adalah bubur asli Indonesia yang terbuat dari campuran kacang hijau, santan dan gula aren atau gula pasir. Tahukah kamu kalau bubur kacang hijau ternyata berasal dari Madura? Bubur manis yang kaya serat ini paling banyak dikonsumsi saat cuaca dingin atau musim hujan.

Banyaknya nutrisi yang dimiliki burjo banyak dipercaya dapat menurunkan berat badan karena efeknya yang cepat mengenyangkan dan sebagai obat alami bagi penderita anemia. Di Indonesia, kamu bisa menemukan jajanan burjo yang biasanya dijual bersama dengan roti bakar. Paling enak menyantap bubur kacang hijau saat malam hari, manis dan hangat, pas untuk menghangatkan tubuh. 


Kamu butuh snack vegan lebih banyak? Don’t worry! Kamu bisa mengunjungi www.tastysnack.id dan menemukan lebih banyak cemilan ramah vegan yang berasal dari berbagai negara. Jangan ragu soal rasa, karena semua yang Tasty Snack jual sudah lolos uji kelezatan oleh tim kami. Dijamin bisa bikin kamu ketagihan. Happy Vegan Day!