5 Rekomendasi Minuman Jepang yang Wajib Kamu Cobain – Tasty Snack Indonesia

5 Rekomendasi Minuman Jepang yang Wajib Kamu Cobain

Jepang adalah surga buat kamu yang hobi belanja, mulai dari elektronik, kendaraan, pakaian sampai makanan dan minuman. Meskipun di Jepang masyarakatnya suka mengonsumsi sake (minuman beralkohol asal Jepang yang terbuat dari hasil fermentasi beras), minuman non-alkohol seperti teh dan soda juga merupakan minuman favorit orang Jepang. Teh dan soda di Jepang tersedia dalam berbagai rasa dan jenis, bahkan ada yang hanya dijual saat musim-musim tertentu saja.

Kamu bisa menemukan minuman Jepang berbagai merek dan rasa di toserba yang di Jepang disebut combini dan vending machine yang terdapat di sudut-sudut jalan, bahkan dijual pula di daerah pedesaan. Berikut adalah beberapa rekomendasi merek minuman khas Jepang yang wajib kamu cobain saat traveling kesana ya!

 

RAMUNE

Ramune merupakan simbol musim panas di Jepang. Ramune pertama kali diperkenalkan pada akhir abad ke-19 di Kobe, Jepang, dan pada awalnya disebut sebagai “mabu soda” (marble soda), karena di setiap botolnya dilengkapi dengan marble stopper di dalamnya dan tutup khusus yang digunakan untuk membuka botol.

Kata ‘ramune’ adalah interpretasi bahasa Jepang dari kata bahasa Inggris ‘lemonade’, tapi rasa aslinya sulit dideskripsikan. Bahkan banyak orang bilang rasanya lebih mirip dengan permen karet atau ‘rasa soda’. Ramune tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga disukai banyak orang dewasa, terutama saat musim panas.

Rekomendasi minuman ramune Jepang yang wajib kamu coba adalah Ramune Yuzu dari Hatakosen. Terinspirasi dari buah citrus Asia, minuman ringan bersoda ini rasanya seger banget! Buah Yuzu sendiri sebenarnya dari Cina, tapi sekarang lebih banyak dibudidayakan di Jepang dan Korea. Aromanya lebih harum, rasanya lebih asam. Pas banget buat diminum saat musim panas!


ROYAL MILK TEA

Sumber: Lazada

Di Jepang, royal milk tea adalah minuman populer yang biasanya dibuat dari teh hitam, seperti Assam atau Darjeeling. Meskipun namanya berasal dari kata bahasa Inggris, tapi berbeda dengan teh yang biasa diminum di Inggris. Dibandingkan dengan teh sarapan khas Inggris dengan susu, royal milk tea memiliki kandungan susu yang jauh lebih tinggi dan rasa yang lebih manis.

Salah satu merek teh terkemuka di Jepang, dan perusahaan Jepang pertama yang menjual teh hitam lokal adalah Royal Milk Tea dari Nittoh. Teh bubuk ini dibuat dengan menggunakan daun teh hitam dari Jepang dan susu bubuk yang terbuat dari susu Hokkaido. Royal milk tea dari Nittoh juga termasuk rendah gula karena mengandung gula 50% lebih sedikit dan bisa jadi bahan tambahan saat ingin membuat dessert seperti pancake, cake, dan es krim.

Nittoh juga memiliki produk Royal Milk Tea Decaff yang aman dikonsumsi anak. Teh susu ini mengandung sangat sedikit kafein, rasa manis alami tanpa tambahan penguat rasa, sehingga pas untuk diminum anak saat malam tanpa mengganggu jam tidurnya. Anak menjadi lebih rileks dan tidur pun jadi lebih nyenyak.


CANNED COFFEE

Sumber: Twitter

Teh dan sake mungkin merupakan minuman Jepang yang paling terkenal, tetapi kopi juga merupakan minuman yang melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Budaya minum kopi di Jepang sudah ada sejak tahun 1600-an, dan saat ini, kopi adalah salah satu industri yang bisa menghasilkan miliaran dolar di Jepang.

Canned coffee atau kopi kalengan adalah penemuan asli Jepang dari tahun 1970-an. Karena kenyamanan dan harga yang terjangkau, kopi kalengan adalah salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi di Jepang. Kamu bisa menemukan banyak jenis dan merek kopi kaleng yang dijual dalam satu vending machine, dan banyak merek kopi kaleng populer di Jepang bahkan menjadikan selebriti Hollywood sebagai model iklannya.

Salah satu merek kopi kaleng paling populer di Jepang adalah BOSS by Suntory. Kopi BOSS pertama kali rilis pada tahun 1992, dan sangat identik dengan Hollywood karena memakai Tommy Lee Jones sebagai model iklannya. BOSS punya rangkaian Flash Brew yang terkenal, karena diproses dengan suhu tinggi, lalu didinginkan dengan cepat untuk menciptakan 'flash brew' yang otentik. Rasanya jadi lebih kuat dengan aftertaste yang lebih halus tanpa rasa pahit yang mengganggu di lidah.


CALPIS

Sumber: Maido!

Jepang adalah negara yang sering memproduksi minuman ringan inovatif dan salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang Jepang, baik tua maupun muda adalah Calpis. Namanya berasal dari kombinasi kata “kalsium” dan bahasa sansekerta “sarpis” ​, yang berarti ‘rasa terbaik’. ‘Calpis’ tidak begitu populer di kalangan Negara Barat, jadi di luar Jepang dipasarkan dengan nama Calpico.

Rasanya manis dan tajam, Calpis hadir dalam berbagai jenis dan rasa, tetapi formula intinya lah yang tidak berubah dan membuat minuman berbahan dasar susu ini begitu unik. Dikenal sebagai minuman probiotik pertama di Jepang, Calpis diciptakan pada tahun 1919 dan terinspirasi oleh minuman susu kuda fermentasi di Mongolia. Biasanya Calpis dicampur dengan air, minuman soda, atau buah, terutama stroberi dan melon.


JELLY DRINK

Sumber: Tokopedia

Di Jepang, jelly drink atau minuman jelly sangat populer dan hadir dalam berbagai rasa, mulai dari rasa buah dan rasa-rasa yang tidak biasa, termasuk matcha, soda, dan jeli kacang merah yang disebut yokan. Salah satu snack favorit untuk musim panas. Jelly yang dibuat dengan gelatin pertama kali di Inggris ratusan tahun yang lalu, tetapi jeli Jepang secara tradisional dibuat dengan zat yang disebut kanten (寒天).

Salah satu jelly drink Jepang yang wajib kamu cobain adalah Tarami Konjac Hokkaido Melon yang berisi jelly buah dengan serat dan tekstur yang sangat kenta, jelly drink dari Tarami ini terbuat dari jeli konyaku rasa buah persik. Dibuat dari buah persik asli dan jus lemon untuk rasa manis dan asam yang pas, jelly drink ini tinggi serat dan rendah kalori. Rasanya enak, segar dan aman untuk dikonsumsi anak-anak juga lho. 


Penasaran mau cobain minuman dan cemilan Jepang yang enak lainnya? Langsung cek di koleksi snack Jepang Tasty Snack aja! Di sini kamu bisa menemukan berbagai snack dan minuman import dari Jepang mulai dari yang paling klasik hingga yang paling hits!