5 MAKANAN KHAS INDIA YANG SELALU ADA SAAT HARI DIWALI

5 MAKANAN KHAS INDIA YANG SELALU ADA SAAT HARI DIWALI

Diwali atau lebih dikenal dengan sebutan Deepavali atau Festival Cahaya, adalah festival yang berlangsung selama lima hari yang menandai hari libur nasional terbesar di India. Tahun ini, Deepavali jatuh pada tanggal 24 Oktober. Bukan hanya di India, Diwali juga dirayakan di Nepal, Sri Lanka, Singapura, Malaysia dan tempat-tempat lain yang memiliki populasi India atau Hindu yang besar, termasuk Indonesia.


Bagaimana orang-orang merayakan Diwali?

Biasanya pada hari pertama, mereka melakukan persiapan dengan berbelanja berbagai simbol keberuntungan dan membersihkan rumah. Pada hari kedua, keluarga menghias rumah dengan lilin dan lampu minyak (diyas) dan menghias lantai dengan motif khusus yang disebut rangoli. Bagian paling meriah dari festival cahaya ini adalah malam kembang api dan pesta yang berlangsung pada malam ketiga. Lalu pada hari keempat adalah waktunya mengunjungi keluarga dan teman-teman untuk bertukar hadiah. Dan hari terakhir, saudara-saudara laki-laki mengunjungi saudara perempuan mereka untuk merayakan dan berbagi makanan. Berbicara tentang makanan, ada beberapa makanan khas India yang memang disiapkan khusus untuk perayaan Diwali. Penasaran apa saja makanannya? Let’s check it out!


SAMOSA

Samosa bisa dibilang adalah makanan khas India yang sudah dikenal luas. Dari pedagang kaki lima, hingga restoran kecil maupun mewah, Samosa selalu masuk dalam daftar menu masakan India. Samosa pertama kali muncul dalam sejarah terbentuknya India pada tahun 1300-an, yang diperdagangkan oleh para penjajah Asia Tengah dan pedagang muslim. Nama dan bahan-bahan yang digunakan di tiap daerah pun bervariasi dan terus berkembang dari waktu ke waktu, sehingga penyebutan ‘Samosa’ tidak hanya merujuk pada satu makanan tapi seluruh makanan yang masuk dalam kategori serupa.

Samosa khas India berupa gorengan pedas berbentuk segitiga dengan isian kentang. Teksturnya yang renyah dan pedas adalah daya tarik yang tak bisa ditolak! Inilah yang membuat Samosa menjadi cemilan yang sempurna untuk acara-acara penting atau spesial seperti Diwali.


ALOO BONDA

Cemilan lainnya yang tak boleh terlewatkan saat Diwali adalah Aloo Bonda atau Potato Bonda. Snack yang mirip seperti kroket kentang ini adalah makanan khas India Selatan. Isian kentang yang lezat di dalam dan balutan kulit tepung yang renyah berwarna keemasan membuat siapapun yang melihat ingin mencobanya. Aloo bonda bisa langsung dimakan layaknya gorengan atau mengonsumsinya dengan roti seperti saat makan sandwich atau burger. Cara membuatnya gampang banget dan rasanya dijamin enak!


MURUKKU

Berasal dari daerah di India yang bernama Tamil Nadu, Murukku artinya ‘bengkok’ atau bentuknya yang tidak biasa. Cemilan khas India ini disebut ‘chakli’ di daerah utara India dan selalu disajikan saat acara-acara spesial, seperti Diwali, Krishna Jayanti dan Vinayaka Chaturthi. Biasanya Murukku dibuat dari tepung beras dan kacang urad dal, lalu adonannya dibentuk spiral dan digoreng. Itulah yang membuat Murukku sangat renyah, apalagi adonannya juga dibumbui dengan jinten, bubuk bawang merah, atau cabai.


GULAB JAMUN

Diwali tanpa manisan apalah serunya? Gulab Jamun (atau gulaab jamun) adalah salah satu dessert paling populer di India dan sering disebut sebagai ‘donat India’. Gulab berarti ‘mawar’ dan mengacu pada sirup mawar, sementara Jamun adalah sejenis buah berry India berwarna ungu tua, yang menggambarkan kalau cemilan ini setelah dimasak warnanya menyerupai buah berry.

Camilan manis berbentuk bola-bola kecil ini terbuat dari adonan donat yang lembut, lalu disiram dengan sirup mawar yang terbuat dari susu kental yang dicampur dengan sirup mawar. Saat dimakan langsung lumer di mulut, manisnya khas banget! Kamu bisa menikmati Gulab Jamun saat hangat atau pada suhu kamar dan menambahkan berbagai macam topping supaya lebih istimewa, misalnya kacang cincang.


BATASHA

Permen gula tradisional khas India yang bisa kamu temukan di kuil-kuil ini dianggap sebagai bentuk persembahan. Biasanya, Batasha selalu berdampingan dengan nasi untuk persembahan ritual. Permen gula dibuat dengan cara yang sederhana, yaitu gula direbus sampai cukup mengeras lalu ditambahkan soda bikarbonat untuk membantu proses kristalisasi. Dibentuk seperti koin pipih, lalu didinginkan dan disimpan dalam wadah kedap udara.

Selain simbol persembahan bagi para dewa, Batasha juga diyakini dapat mempermanis ikatan antar keluarga. Kamu juga bisa menikmati Batasha dengan cara merendamnya dalam air selama berbulan-bulan selama musim panas dan meminumnya untuk efek menenangkan.

 

Memberikan snack box sebagai bingkisan Diwali

Apakah kamu berencana untuk merayakan Deepavali bersama keluarga? Tradisi bertukar hadiah saat Diwali adalah waktu yang tidak boleh kamu sia-siakan. Kamu bisa memberikan hadiah berupa barang seperti peralatan dapur atau peralatan makan, misalnya piring keramik atau peralatan masak yang bisa berguna, terutama untuk para ibu.

Tapi kalau kamu tidak bisa berkunjung karena lokasi yang jauh atau kesibukan, mengirimkan hadiah bisa jadi ide bagus untuk merayakan Diwali. Hadiah yang pasti disukai banyak orang adalah makanan. Siapa yang tidak suka makanan? Semua suka! Tapi supaya bingkisan makananmu anti-mainstream dan lebih berkesan, coba kirimkan mereka snack box.

Sedang mencari snack box untuk temanmu yang merayakan Diwali? Kamu bisa langsung kunjungi www.tastysnack.id   . Kami memiliki beberapa pilihan snack gift box dengan banyak tema yang bisa dipilih sesuai selera kamu. Mau cari snack sehat? Snack vegan? Atau snack-snack Korea? Semuanya ada di Tasty Snack. Happy Diwali!