Banyak Makan Santan Pas Lebaran, Konsumsi 5 Makanan Penurun Kolesterol – Tasty Snack Indonesia

Banyak Makan Santan Pas Lebaran, Konsumsi 5 Makanan Penurun Kolesterol Ini!

Momen lebaran memang tidak pernah bisa terpisahkan dengan makanan bersantan seperti opor dan rendang. Makanan khas lebaran yang paling dinanti setiap tahunnya ini bisa kamu temukan di hampir semua rumah saat bersilaturahmi. Tapi kamu harus waspada, karena terlalu banyak makan makanan bersantan bisa membuat kolesterol naik lho.



Apa saja gejala kolesterol naik?

Dalam situs resmi Kemenkes RI, dikatakan kalau kolesterol tinggi sebenarnya tidak ada gejala khusus. Biasanya gejala baru muncul ketika sudah terbentuk plak atau sumbatan di pembuluh darah yang mengakibatkan munculnya beberapa tanda berikut:

  • Mudah mengantuk
  • Kesemutan
  • Pegal pada tengkuk dan pundak
  • Nyeri pada kaki
  • Merasa begah dan mual
  • Kram
  • Dada terasa nyeri

 

Menurut Mayo Clinic, ada lima cara menurunkan kolesterol secara alami atau tanpa obat yaitu: mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga, berhenti merokok, menurunkan berat badan dan tidak minum alkohol.

 

5 Makanan Penurun Kolesterol

Setelah berpuas diri menyantap aneka makanan bersantan saat lebaran, sebaiknya kamu harus mulai hati-hati saat memilih makanan. Tak harus makanan berat, karena ternyata ada beberapa camilan sederhana yang ternyata sangat sehat dan bagus untuk membantu menjaga gula darah, metabolisme, dan kadar kolesterol. Berikut adalah beberapa ide snack sehat menurut Intermountain Health yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kolesterol pasca lebaran.


1 | Kacang-kacangan

Kacang almond, kenari, dan jenis kacang lainnya sangat bagus untuk jantung. Dalam Mayo Clinic dijelaskan bahwa semua jenis kacang-kacangan mengandung serat, yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga termasuk camilan yang mengenyangkan, jadi kamu bisa mengonsumsinya tanpa takut berat badan naik.



2 | Sayuran

Sumber: Crispy Salad

Sayuran adalah sumber mineral esensial, vitamin, dan serat yang sangat kaya, yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Meskipun sayuran jarang dijadikan camilan, namun setelah lebaran nanti ada baiknya kamu mengonsumsi lebih banyak sayuran. Bayam dan brokoli adalah beberapa jenis sayuran yang kaya serat larut, bagus untuk meningkatkan kolesterol baik.

Sekarang pun di supermarket sudah banyak yang menjual sayuran potong yang lebih praktis.  Cara ini bisa membuat ngemil jadi lebih mudah. Karena sayuran segar tidak bisa tahan lama, kamu bisa stok camilan yang terbuat dari sayuran tanpa tambahan bahan-bahan perasa, pewarna ataupun pengawet agar gizi yang diperoleh sama bagusnya dengan sayuran segar seperti camilan dari Crispy Salad.

Brand snack sehat asli Indonesia ini menawarkan berbagai produk camilan berbahan dasar sayur segar berkualitas terbaik, tanpa menggunakan MSG dan bebas pengawet. Rasanya gurih dan teksturnya renyah, aman disantap untuk anak-anak.


3 | Popcorn

Popcorn bisa jadi rendah kalori kalau tidak menggunakan mentega dan garam. Terlebih popcorn biji jagung yang kaya serat. Kamu bisa membuat popcorn rendah kalori sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana, seperti minyak zaitun dan keju parmesan untuk menambah rasa. Penggunaan minyak zaitun sebagai pengganti mentega membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.


4 | Oatmeal

Kalau kamu mencari camilan sehat yang praktis dan bagus untuk menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik adalah oatmeal. Serat yang terkandung dalam oatmeal membantu "menyerap" kolesterol dan menyalurkannya ke seluruh tubuh tanpa diserap. Mau dimakan sebagai sarapan atau pun hanya camilan, oatmeal adalah pilihan terbaik saat kolesterol kamu tinggi.


5 | Buah

Butuh camilan sehat yang praktis untuk dibawa mudik? Cukup sediakan buah. Buah adalah camilan yang aman untuk kamu yang ingin ngemil manis-manis. Camilan yang enak saat kamu dilanda kolesterol tinggi karena mengandung pektin, serat, dan potasium dalam jumlah tinggi.

Dari sekian banyak jenis buah, apel dianggap sebagai buah penurun kolesterol terbaik. Apel adalah salah satu buah dengan jumlah serat tertinggi, salah satunya serat larut yang disebut pektin. Menurut Mayo Clinic, serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah kita.

Namun tak semua orang punya banyak waktu untuk berbelanja buah segar. Solusi penggantinya yang juga tak kalah praktis dan ampuh usir kolesterol jahat adalah buah kering. Nutify Pulao Dried Fruit adalah salah satu brand buah kering yang sangat bagus dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol. Terbuat dari 100% buah asli tanpa tambahan gula. Ada varian apel, pisang dan nanas, yang bisa kamu pilih sesuai selera.

 

 

Memang momen lebaran hanya datang sekali dalam setahun, tapi bukan berarti kamu bebas makan sembarangan ya. Karena ada banyak makanan lezat bersantan yang menanti, kamu harus persiapkan pula makanan penurun kolesterol sebagai penyeimbang. Yuk stok snack sehat di rumah! Kamu bisa lihat katalognya disini.