5 Cafe dan Restoran Paling Ramah Lingkungan di Indonesia – Tasty Snack Indonesia

5 Cafe dan Restoran Paling Ramah Lingkungan di Indonesia

Indonesia dikenal dengan kekayaan kulinernya, jadi wajar saja jika bisnis kuliner sangat laris manis disini.  Sayangnya, industri kuliner menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memperkirakan bahwa pada tahun 2019, sebanyak 12,5 juta ton plastik digunakan untuk produksi pangan di seluruh dunia. Penggunaan plastik diperkirakan akan meningkat hingga puluhan persen, khususnya di negara-negara Asia sebagai pengguna terbesar, sampai tahun 2030.

Peran industri kuliner dalam penanganan limbah plastik yang mereka hasilkan sangat penting, karena kegiatan produksi, pengemasan, dan konsumsi yang sangat berpotensi menghasilkan limbah.

Bukan hanya pelaku industri, kita sebagai konsumen juga bisa ikut andil dalam meminimalisir produksi limbah. Salah satu cara paling simple adalah makan di café atau restoran yang punya konsep eco-friendly atau ramah lingkungan. Emang ada ya? Tasty Snack sudah buat daftar café dan restoran ramah lingkungan yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa makan enak tanpa rasa bersalah di café dan restoran berikut.

   

Ijen, Bali

Sumber: DELUXSHIONIST | Asia Luxury Travel, Fashion and Lifestyle Blog

Restoran zero waste pertama di Indonesia ternyata ada di Bali! Terletak di Kerobokan, Bali, restoran ini bernama Ijen, yang sangat totalitas dalam menerapkan konsep zero waste pada arsitektur restoran, produksi makanan, hingga penyajian makanan.

Penerapan konsep zero waste pada arsitektur restoran sangat jarang digunakan, jadi Ijen punya nilai plus tersendiri karena benar-benar totalitas. Ijen menggunakan lantai yang terbuat dari campuran semen dan pecahan kaca dan piring agar ramah lingkungan. Bahan-bahan yang digunakan untuk furniture dan desain interiornya juga menggunakan kayu yang dapat didaur ulang. 

Dalam produksi makanan, restoran ini memasok bahan baku dari para produsen lokal, seperti sayuran dan ikan yang dibeli dari petani dan nelayan setempat. Mereka juga bekerja sama dengan supplier bahan baku yang tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai.

Selain itu, para koki mereka memasak menggunakan kayu bakar, sehingga hasilnya masakan mereka sangat enak. Alih-alih menggunakan plastik sekali pakai dalam penyajian makanan, mereka memilih menggunakan daun pisang, piring dan gelas keramik, serta mangkok dan peralatan makan dari kayu.

Ijen juga mengelola sampahnya dengan memilah sampah organik dan anorganik, yang kemudian sampah organik diolah menjadi pakan ternak dan kompos. Sementara sampah anorganik disumbangkan ke industri daur ulang.


Sebagai salah satu restoran mewah yang terkenal di Bali, menu yang dihidangkan Ijen tentunya berkualitas premium dengan harga yang worth it. Disini kamu bisa menikmati berbagai masakan khas Indonesia, seperti seafood bakar dan western food seperti barbeque. Kisaran harganya mulai dari Rp 25.000,-. Jadi kalau lagi di Bali, jangan lupa mampir ya!


Jeong Won - Korean Grill & Chill

Sumber: Jeong Won

Buat kamu yang menyukai makanan Korea dan tinggal atau sedang berlibur ke daerah Jawa Tengah, khususnya di Temanggung, kamu bisa mengunjungi restoran bernama Jong Won.  Restoran Korea ini mengusung konsep ramah lingkungan dan zero waste.

Alih-alih menggunakan tisu, mereka memilih menggunakan kain. Untuk mengurangi sampah plastik, mereka tidak menyediakan sedotan dan gelas plastik. Selain itu, untuk pesanan take away, mereka menggunakan kemasan biodegradable yang bisa terurai sendiri dalam waktu cepat.

Mereka juga mengolah sampah yang mereka hasilkan dengan cara memilah dan mendaur ulang sampah. Sampah organik yang telah dipilah kemudian diolah menjadi belatung yang baik untuk pakan ternak. Khusus untuk sampah anorganik, mereka mengirimkannya ke KSM Madusari untuk diolah dan didaur ulang.

Untuk bisa menikmati berbagai makanan khas Korea yang lezat seperti kimbap, daging sapi panggang, bingsoo, dan masih banyak lagi di Jong Won, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga makanannya cukup terjangkau, sekitar Rp 13.000,- s/d Rp 70.000,-


Stuja Coffee

Sumber: tempat.com

Buat penggemar kopi pasti tak asing dengan café satu ini. Café milik Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion ini menawarkan kopi yang enak tapi tetap ramah lingkungan. Maksudnya? Kalau banyak café atau warung kopi menggunakan gelas plastik, sedotan, dan botol sebagai kemasannya, di Stuja Coffee kamu justru akan disuguhkan kopi dalam gelas dan botol plastik organik yang terbuat dari jagung dan singkong lho.

Tidak hanya kemasannya, kantong plastik yang digunakan mereka pun merupakan plastik organik yang terbuat dari kompos untuk pesanan take away. Tidak berhenti disitu, untuk mengedukasi konsumennya, mereka juga menyediakan tempat sampah terpisah agar para tamu belajar untuk memilah sampah.

Ada berbagai menu kopi yang bisa kamu nikmati di Stuja Coffee, seperti latte, americano, dan macchiato dengan harga mulai dari Rp 22.000,-. Tapi kalau kamu bukan pecinta kopi dan tetap ingin nongkrong bareng teman-teman disana, kamu masih bisa mencicipi menu non-kopi, seperti green tea latte, almond milk, iced chocolate, dan peach tea yang dibandrol mulai dari Rp 26.000,-.

Ngopi tanpa camilan tentu tak lengkap rasanya. Kamu bisa memesan makanan khas Indonesia yang ditawarkan seperti nasi goreng, mie, siomay, tahu goreng, bakwan, dan masih banyak lagi. Cabang Stuja Coffee kini hadir di beberapa wilayah di Jakarta dan Bali.


Retrorika Coffee & Bar

Sumber: Malang Culinary

Jika kamu sedang berlibur di Batu, kawasan wisata yang sangat populer di Malang dengan udara yang sangat sejuk, memang enaknya menyeruput kopi hangat. Nah, café yang cocok untuk menghangatkan kamu sekaligus punya interior yang estetik adalah Retrorika Coffee & Bar.

Café ini sangat populer di kalangan anak muda yang senang menghabiskan waktu bersama teman-teman. Mengusung konsep vintage, café ini menggunakan dekorasi dan furniture yang berasal dari barang-barang daur ulang, seperti kursi, meja, dan hiasan dinding, sebagai bentuk gerakan peduli lingkungan.

Untuk mendukung konsep ramah lingkungan, café ini tidak menyediakan kemasan plastik sekali pakai, sedotan plastik, dan tisu. Untuk mengurangi sisa makanan, pihak restoran meminta pelanggan untuk memesan makanan secukupnya dan menyediakan besek (wadah makanan yang terbuat dari anyaman bambu) untuk pesanan take away. Sedotan plastik diganti dengan sedotan stainless steel, sementara tisu diganti dengan kain.

Sama seperti café berkonsep ramah lingkungan lainnya, Retrorika mengolah sampahnya dengan cara memilah dan mendaur ulangnya. Sampah organik didaur ulang menjadi kompos. Dengan mengusung tema masakan Indonesia, kamu bisa bersantap dengan harga terjangkau. Untuk kopi lokal, harganya berkisar dari Rp 11.000,- s/d Rp 20.000,-. Sementara untuk makanan, kamu bisa menikmati bakmi Jawa, nasi goreng, dan soto hanya dengan harga Rp 12.000,- s/d Rp 30.000,-.


Burgreens

Sumber: burgreens

Buat kamu yang menjalani diet vegetarian dan ingin ikut kampanye ‘go green’, kamu bisa mengunjungi café khusus vegetarian yang menerapkan konsep ramah lingkungan yaitu Burgreens. Café yang sudah memiliki lebih dari 4 cabang di Indonesia ini sangat peduli dengan konsistensi kualitas makanan, sehingga mereka menggunakan sistem dapur sentral.

Untuk mewujudkan konsep ramah lingkungan, mereka menggunakan kantong makanan terbuat dari singkong yang dapat terurai, sendok garpu kayu, dan sedotan kertas. Burgreens juga membeli bahan baku dari petani setempat.

Meski semua menunya terbuat dari sayuran, rasanya gak kalah enak dari menu biasa lho. Meskipun menjual makanan vegetarian, banyak juga pelanggan non-vegan yang menyukainya. Harga-harga makanan di Burgreens dibanderol mulai dari harga Rp 35.000,- s/d Rp 188.000,-. Khusus buat kamu yang sedang diet, kamu juga bisa memesan meal plan mulai dari IDR 375.000,-. Worth it banget!

 

 

Ternyata untuk mengurangi sampah plastik dan makanan itu bukan sesuatu yang sulit selama seluruh pihak berkomitmen dan sepakat bahwa bisnis tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja, tapi juga memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

Kamu bisa membantu mengurangi food waste dengan cara jajan snack dengan tanggal best-before atau expired yang sudah dekat, namun rasa dan kualitasnya masih sangat bagus dengan harga yang super spesial di Tasty Snack. Untuk lihat katalognya, klik disini ya!