7 MANFAAT GRANOLA UNTUK KESEHATAN TUBUH

7 MANFAAT GRANOLA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Kamu sedang mencari makanan manis atau sesuatu yang mengenyangkan, yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian? Maka yang harus kamu masukkan pertama kali ke dalam keranjang belanja adalah granola. Granola dapat diolah dengan cepat dan mudah, sehingga sangat cocok untuk jadi menu sarapan dan bisa dicampur dengan buah, madu atau yogurt.

Tapi apakah granola bagus untuk kesehatan? Tergantung pada jenis granola yang kita makan. Pilih yang mengandung lebih sedikit gula dan lebih sedikit biji-bijian olahan untuk manfaat yang lebih banyak.


Apa Itu Granola?

Granola itu seperti sereal dan biasanya dibuat dari gandum, gula, minyak, dan beberapa campuran buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Ada banyak jenis granola yang dijual di pasaran, jadi bahan bakunya bisa sangat bervariasi. Inilah pentingnya membaca label bahan saat membeli granola dan juga memperhatikan ukurannya sesuai dengan porsi masing-masing.


Apa manfaat granola untuk kesehatan kita?

 

Memperlancar Sistem Pencernaan

Granola biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin mendapatkan asupan serat lebih banyak, karena granola mengandung serat yang larut dan tidak larut. Serat pada makanan adalah bagian yang sangat penting karena berpengaruh pada bagaimana makanan itu diproses dalam sistem pencernaan. Bagi kamu yang merasa kesulitan buang air besar, kandungan serat yang mudah larut pada granola sangat bagus untuk mengurangi gejala sembelit. Sementara serat yang tidak larut dapat mencegah terjadinya diare.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat terbaik dari mengonsumsi granola adalah meskipun ukuran atau porsinya sedikit tapi bisa mengenyangkan. Granola sangat rendah kolesterol dan natrium, dimana keduanya merupakan penyebab utama dibalik obesitas. Selain itu, serat dalam granola membuat kita merasa kenyang terus, sehingga dapat mengurangi nafsu makan dan menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon yang membuat kita merasa lapar. Artinya, buat kamu yang lagi diet tapi tetap ingin makan makanan ringan yang mengenyangkan, granola adalah pilihan terbaik.


Mengurangi Tingkat Kolesterol

Kandungan serat dalam granola dianggap bisa mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan meningkatkan penyebaran kolesterol HDL ke seluruh tubuh. Dengan mengurangi kolesterol berbahaya dalam aliran darah, kita bisa mencegah timbulnya plak di pembuluh darah arteri dan vena kita lho. Banyak olahan granola, termasuk kacang-kacangan seperti almond dan walnut, yang merupakan sumber asam lemak omega-3 (juga dikenal sebagai kolesterol baik atau HDL).

Untuk itu, pastikan untuk membeli granola yang tidak menggunakan minyak terhidrogenasi (mengubah lemak cair (minyak) menjadi lemak padat dengan menambahkan hidrogen), karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi kolesterol baik, sehingga manfaat serat dalam granola tidak bisa kita dapatkan. 


Meningkatkan Energi

Alasan dibalik banyaknya pendaki gunung atau orang-orang yang menyukai outdoor sport seringkali membawa granola untuk bekal perjalanan karena granola adalah sumber energi yang praktis. Bukan mengisi tubuh kita dengan gula, yang pada akhirnya akan membuat kita justru jadi lesu, sebaliknya mengisi tubuh kita dengan mangan yang merupakan salah satu mineral yang berperan dalam produksi hormon insulin, yakni hormon yang diperlukan untuk membawa gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Jika asupan mangan dalam tubuh tercukupi, maka kerja insulin menjadi optimal, dan dampaknya kadar gula dalam darah selalu stabil.


Membantu Mencegah Anemia

Banyak orang yang tidak menyadari dirinya mengidap anemia. Pada dasarnya, anemia adalah kondisi tubuh yang kekurangan zat besi dalam darah, yang merupakan bagian penting dari pembentukan sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan, sakit kepala, malfungsi kognitif, depresi, dan gangguan usus. Granola memiliki jumlah zat besi yang cukup banyak, sehingga dapat mencegah munculnya gejala anemia.


Mengoptimalkan Kinerja Otak

Orang sering bilang kalau sarapan itu sangat penting, tidak boleh terlewatkan karena mempengaruhi aktivitas otak sepanjang hari. Dengan mengonsumsi granola sebagai menu sarapan, maka tekanan darah kita jadi lebih terkontrol. Ketika tekanan darah turun, pembuluh darah mengendur, tekanan pada sistem berkurang, aliran darah dan oksigen ke otak meningkat, sehingga respon saraf dan pembentukan jalur saraf meningkat.


Kulit Jadi Lebih Sehat

Granola merupakan sumber vitamin E yang baik dan dengan makan satu porsi granola saja bisa memenuhi hampir 20% dari kebutuhan harian kita. Vitamin E punya banyak manfaat yang bagus untuk kulit, diantaranya mencegah kulit dari penuaan dini, sengatan matahari, dan kerutan. Jika kamu terkena sengatan matahari, vitamin E dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan yang muncul.


Kini granola tersedia dalam berbagai bentuk, ada yang bentuknya sereal seperti Verlin Cranberry Almond Crunchy Granola; ada yang bentuknya cookies seperti East Bali Cashews Granola Bites; atau kamu cari yang lebih praktis untuk traveling, kamu bisa pilih granola bar Nature Valley Oats & Honey yang sudah populer di kalangan pecinta makanan sehat. Semua produk granola favorit ini bisa kamu order di www.tastysnack.id. Perut kenyang, tubuh pun sehat. Yuk dapatkan lebih banyak manfaat granola untuk kesehatan kamu!