ACARA SINGLE DAY DI BERBAGAI NEGARA, YANG JOMBLO WAJIB TAHU!

ACARA SINGLE DAY DI BERBAGAI NEGARA, YANG JOMBLO WAJIB TAHU!

Tahukah Snackmate kalau tanggal 11 November dikenal sebagai Hari Jomblo atau Singles Day di beberapa negara? Menjadi jomblo mungkin bagi sebagian orang bukanlah suatu masalah besar, namun bagi orang-orang yang tinggal di negara-negara tertentu ternyata mendapatkan perlakuan khusus lho. Di Indonesia sendiri, tidak ada hari khusus untuk para jomblo namun beberapa daerah pernah mengadakan acara bertema jomblo, seperti Gorontalo dan Yogyakarta. Penasaran bagaimana para jomblo di negara lain merayakan Single Day?  

 

 

CINA

Di Tiongkok, 11 November diperingati sebagai Singles Day atau Double 11 dan menjadi salah satu hari libur nasional mereka. Tanggal 11/11 dianggap mewakili empat orang jomblo yang berdiri bersama, sehingga dikenal juga sebagai ‘single stick holiday’. Sebelum berubah nama menjadi Singles Day, ide ini berawal dari Bachelors Day yang dirayakan oleh para mahasiswa di Universitas Nanjing China sekitar tahun 1993 sebagai semacam Hari Anti-Valentine. Lalu tradisi ini menyebari dari satu kampus ke kampus lain, karena banyak laki-laki dan perempuan lajang yang tertarik. 

Saat Singles Day, orang-orang yang belum menikah akan saling bertukar hadiah. Di saat yang sama, tanggal cantik ini juga menjadi kesempatan bagi para jomblo untuk bertemu, berpesta dan mengadakan acara kumpul-kumpul lainnya. Jack Ma, pendiri Alibaba Group, melihat ada peluang untuk mengubah momen ini menjadi keuntungan. Maka dari itu, sejak 2009 sampai sekarang, 11 November dikenal sebagai hari belanja online terbesar di Cina dan mulai diikuti oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya, serta beberapa negara Eropa, termasuk Jerman, Belgia, dan Inggris.

 

 

DENMARK

Sumber: Reddit

Jika kamu jomblo dan tinggal di Denmark, teman-teman kamu punya cara unik untuk untuk mengingatkan bahwa kamu jomblo di hari ulang tahunmu. Mereka akan membawamu ke pinggir jalan, menyuruhmu memakai kacamata dan kejutan pun dimulai. Mereka akan melemparkan bubuk kayu manis untuk kamu yang masih jomblo di usia 25 tahun dan kalau masih jomblo di usia 30 tahun, mereka akan melemparkan lada. Semakin tua usiamu saat menjomblo, maka tingkat kepedasan rempah-rempah yang dilemparkan juga akan semakin bertambah.

Tradisi ini berasal dari masa ketika penjual rempah-rempah banyak yang tetap melajang karena  mereka yang terus-menerus bepergian. Mereka tidak akan pernah berada di tempat yang sama untuk waktu yang lama, sehingga tidak ada waktu untuk berkenalan dengan seseorang dan menetap. Itulah yang membuat mereka banyak yang hidup melajang hingga usia senja.

 

 

KOREA SELATAN

Sumber: Pinterest

Di Korea, 11 November dirayakan sebagai Pepero Day dan bukan diperuntukkan bagi para Jomblo karena identik dengan berbagi Pepero kepada orang terdekat. Yang menarik justru acara yang dikhususkan untuk para jomblo, yaitu Black Day atau Beurrekdae yang dirayakan di Korea Selatan setiap tanggal 14 April dan didedikasikan untuk orang-orang yang tidak menerima hadiah atau kasih sayang pada White Day maupun Valentine's Day.

Saat Black Day, para jomblo berkumpul, meratapi nasib dan meluapkan kesedihan mereka dengan makan jajangmyeon dan mengenakan pakaian hitam. Kenapa jajangmyeon? Karena makanan ini identik dengan warna hitam atau gelap yang melambangkan kesedihan. Meskipun banyak yang merayakannya, Black Day tidak menjadi hari libur nasional seperti Singles Day di Cina.

 

 

INGGRIS

Ada dua hari di Inggris yang didedikasikan untuk para jomblo, baik karena pilihan atau nasib mereka. Berbeda dari negara-negara yang sebelumnya dibahas, National Single Day di Inggris yang diperingati setiap tanggal 11 Maret bertujuan untuk saling menyemangati dan memberdayakan orang-orang yang melajang. Acara ini juga ingin membantu para jomblo agar tetap berpikir positif, yang dimulai dengan menerima dan mencintai diri sendiri, tanpa perlu mendapatkannya dari pasangan.

Hari lain yang didedikasikan untuk para jomblo di Inggris adalah Singles Awareness Day atau Singles Appreciation Day yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 15 Februari, sebagai balasan bagi mereka yang merayakan Hari Valentine sehari sebelumnya. Para jomblo yang mengikuti acara ini akan menunjukkan sisi positif dari menjadi ‘single’, bahwa mereka juga bisa tetap berbahagia walaupun tidak memiliki pasangan.

 

 

Terlepas dari status kamu jomblo atau tidak, kamu berhak bahagia. Nah, salah satu yang bisa membuat kita bahagia adalah makan makanan favorit. Bahagiakan dirimu dengan perbanyak stok cemilan di rumah yuk! Kamu bisa memilih snack unik dan favorit dari seluruh dunia hanya di Tasty Snack untuk jadi teman me time kamu.