CARA UNIK RAYAKAN HARI AYAH DI BERBAGAI NEGARA

CARA UNIK RAYAKAN HARI AYAH DI BERBAGAI NEGARA

Dari mengajari kita cara mengendarai sepeda, belajar untuk berani dan bertanggung jawab, seorang ayah memainkan peran penting dalam kehidupan setiap anak. Tepat hari ini, 12 November menjadi Hari Ayah Nasional di Indonesia. Apa yang biasa kamu lakukan saat Hari Ayah? Karena ternyata, perayaan Hari Ayah di berbagai negara berbeda-beda, baik waktu dan cara mereka merayakannya.

Ada yang mengadakan pesta, ada pula yang cukup menghabiskan waktu bersama ayah seharian sambil bernostalgia. Penasaran bagaimana Hari Ayah dirayakan di berbagai negara di dunia? Let’s get started!

 

 

AMERIKA SERIKAT

Perayaan Hari Ayah di Amerika berlangsung sangat antusias dan penuh suka-cita. Hari itu menjadi momen dimana seluruh keluarga berkumpul, karena anak-anak yang tinggal jauh dari keluarga meluangkan waktu untuk merayakannya bersama ayah mereka. Biasanya anak-anak akan memanjakan ayah mereka dengan membuatkan sarapan dan memberikan hadiah, mulai dari kartu ucapan, bunga, coklat, dan dasi adalah beberapa contoh hadiah yang paling umum diberikan oleh anak-anak di Amerika.

Hari Ayah Nasional pertama di Amerika Serikat dirayakan pada 19 Juni 1910, yang diprakarsai oleh Sonora Dodd untuk menghormati ayahnya, seorang veteran dan ayah tunggal dari 14 anak. Sejak tahun 1910, Hari Ayah di Amerika dirayakan setiap tahun pada hari Minggu ketiga bulan Juni karena para pendeta di awal tahun 1900-an ingin memastikan bahwa mereka memiliki cukup waktu antara Hari Ibu dan Hari Ayah untuk menulis dua khutbah yang sangat bagus untuk kebaktian yang diadakan pada hari libur. Namun baru pada tahun 1972, 58 tahun setelah Hari Ibu diresmikan, Hari Ayah menjadi hari libur nasional.


JERMAN

Di Jerman, para ayah mendapatkan hari libur khusus untuk merayakan Hari Ayah. Mereka diberi kesempatan untuk me time, seperti minum bir dan bebas tanggung jawab sebagai ayah selama sehari penuh. Dikenal sebagai Vatertag (atau Männertag), hari yang menyenangkan bagi para ayah ini jatuh pada hari ke-40 setelah Paskah, tepatnya setiap hari Kamis. Karena hari Jumat setelah Vatertag biasanya adalah Brückentag (Bridge Day), si ayah akan mendapatkan empat hari libur sekaligus dalam sepekan.

Hari Ayah di Jerman pertama kali dirayakan pada Abad Pertengahan sebagai upacara keagamaan untuk menghormati Gott, den Vater (Tuhan, Sang Ayah). Baru pada tahun 1700-an, namanya berubah menjadi Vatertag, hari untuk menghormati ayah. Ayah dengan anak paling banyak di desa akan menerima hadiah, yang seringkali berupa ham. Dan sejak abad ke-19, Vatertag berubah nama menjadi Männertag yang artinya lebih kepada perayaan untuk seluruh anak laki-laki. Sehingga pada hari itu, seorang ayah bisa bebas menjadi dirinya sendiri, sekalipun harus berperilaku seperti anak-anak lagi.


BRAZIL

Sumber: Alamy

Hari Ayah di Brazil jatuh pada hari Minggu kedua di bulan Agustus. Hari yang dikenal dengan Dia dos Pais ini pertama kali dirayakan pada pertengahan tahun 1950-an, dengan tujuan untuk menghormati St. Joachim, pelindung para ayah. Sama seperti di Amerika Serikat, anak-anak di Brazil juga membelikan ayah mereka hadiah yang unik. Beberapa sekolah bahkan mengadakan pesta atau upacara khusus.

Sementara di rumah, biasanya keluarga akan mengadakan makan siang besar dan akan ada banyak makanan yang disajikan, seperti sate ayam panggang, daging sapi, sosis dan masih banyak lagi. Karena Hari Ayah jatuh pada hari Minggu, maka tidak banyak ayah yang bisa berpartisipasi karena beberapa dari mereka tetap harus bekerja.


THAILAND

Sumber: Flickr

5 Desember setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Ayah Nasional bagi anak-anak di Thailand. Tanggal tersebut dipilih karena bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej, raja terlama dan sangat dicintai oleh rakyat Thailand dan dianggap sebagai 'Bapak Bangsa'. Hari Ayah menjadi hari libur resmi dan orang-orang akan memakai warna kuning yang menjadi ‘warna resmi’ yang wajib digunakan selama perayaan, bahkan sampai ada yang berkemah pada malam sebelumnya.

Di pagi hari, anak-anak akan memberikan bunga Canna kepada ayah mereka, yang mirip dengan bunga lili namun versi ‘maskulin’. Bunga Canna juga dipercaya sebagai tumbuhan keramat yang dianggap mampu melindungi orang yang memilikinya. Kegiatan berlangsung di seluruh negeri dan para ayah bisa bepergian secara gratis jika ditemani oleh anak-anak mereka. Aturan ini bertujuan untuk mendorong terbentuknya ikatan yang kuat antara anak dan ayahnya.


RUSIA

Sumber: BBC UK

Berbeda dengan negara lain, Hari Ayah di Rusia dimulai sebagai perayaan militer dan menjadi hari libur yang khusus didedikasikan untuk laki-laki. Seiring waktu, perayaan ini berkembang menjadi Hari Ayah dan karena awalnya memang berasal dari perayaan militer, maka hari ini juga disebut sebagai Defender of the Fatherland Day.

Dirayakan setiap tahun pada tanggal 23 Februari dengan sebuah pawai besar-besaran, di mana banyak laki-laki yang berpartisipasi. Pawai awalnya dilakukan sebagai upacara peringatan militer, namun kini lebih menekankan pada penghargaan terhadap laki-laki. Anak dan istri biasanya memberikan hadiah pada ayah dan suami mereka.


JEPANG

Sama seperti negara lain, Jepang memiliki cara unik untuk merayakan Hari Ayah. Dan perayaan Hari Ayah mereka tidak lengkap tanpa seafood. Pada hari itu, menu makan siang atau makan malam yang disajikan pun didominasi hidangan kepiting atau udang. Anak-anak biasanya memberikan gelas bir handmade atau sekotak permen. Yang menarik, parfum merupakan hadiah untuk Hari Ayah yang populer di Jepang. Selain karena manfaatnya, parfum juga memiliki harga yang terjangkau.


MEKSIKO

Sumber: RunMX

Meksiko dikenal sebagai salah satu negara yang senang berpesta, tak terkecuali saat merayakan Hari Ayah. Orang-orang Meksiko menyelenggarakan perlombaan tradisional yang dikenal sebagai Carrera Día del Padre 21K Bosque de Tlalpan, yaitu perlombaan tahunan yang melibatkan ayah dan anak-anak untuk berlomba berdampingan. Orang-orang Meksiko tidak hanya menghormati ayah mereka pada Hari Ayah setiap tahunnya, tetapi mereka juga menghormati figur ayah, seperti kakek, ayah tiri, kakak laki-laki, dan laki-laki lain yang menurut mereka penting atau berjasa dalam hidup mereka.

Dirayakan setiap hari Minggu ketiga di bulan Juni, di pagi hari saat Hari Ayah akan ada makanan dalam jumlah besar yang disiapkan dan biasanya adalah makanan favorit sang ayah. Keluarga akan menghabiskan waktu bersama dan sama halnya seperti di Amerika, biasanya anak-anak akan memberikan hadiah berupa dasi atau pernak-pernik kecil lainnya.


INDIA

Sebagai salah satu negara yang terkenal dengan kekayaan seni dan budayanya, India merayakan Hari Ayah dengan banyak kemeriahan dan pertunjukkan. Hari Ayah dirayakan dengan banyak cinta dan anak-anak biasanya memberikan kartu ucapan, hadiah, dan bunga kepada ayah mereka. Beberapa juga memilih pergi bersama untuk makan dan menghabiskan hari dengan ayah mereka. Di India, Hari Ayah dirayakan pada hari Minggu ketiga di bulan Juni dan diperingati menghargai peran penting ayah dalam keluarga kita, serta dalam masyarakat pada umumnya.

 


Seorang ayah adalah panutan, pembimbing, superhero, sahabat, dan pelindung yang selalu mendampingi anak-anaknya setiap saat. Jadi sudah sepatutnya kita memberikan hadiah untuk ayah yang berkesan, misalnya gift box berisi cemilan favoritnya. Tasty Snack sudah menyiapkan beberapa pilihan curated gift box dengan tema yang berbeda-beda yang bisa kamu pilih sesuai personality ayah kamu. Atau kalau kamu mau pilih sendiri snack-nya juga boleh. Cukup hubungi kami melalui chat atau email ke askus@tastysnack.id. We’re ready to help you!