Coffee Culture dan Kenapa Kopi Korea Begitu Populer? – Tasty Snack Indonesia

Coffee Culture dan Kenapa Kopi Korea Begitu Populer?

Dibandingkan dengan negara-negara penggemar kopi lainnya, kopi diperkenalkan ke Korea Selatan agak terlambat, itulah sebabnya coffee culture disana selalu berubah dan terus berkembang. Barulah pada tahun 1980-an kopi mulai populer.


Sejarah Kopi di Korea

Sumber: Cherry Chu Magazine

Kopi baru muncul di Korea pada abad ke-19, berabad-abad setelah tersebar luas di Eropa. Pada awalnya, kopi adalah simbol status dan afiliasi budaya Barat. Karena itu, kopi sebagian besar dikonsumsi oleh golongan elit, orang kaya, kerajaan, dan orang-orang berpendidikan.

Barulah ketika kopi instan diperkenalkan oleh Amerika Serikat, kopi menjadi populer di kalangan kelas menengah juga. Seiring berjalannya waktu, kopi terus berkembang di Korea Selatan, mulai dari kedai-kedai kecil sampai cafe modern dan tematik.

Menurut medium.com, diperkirakan ada sekitar 49.600 kedai kopi di Korea Selatan dan 17.000 kedai kopi di Seoul pada tahun 2015. Kondisi ini membuat konsumsi kopi per kapita di Seoul lebih tinggi daripada Seattle atau San Francisco. Pada tahun 2013, diperkirakan ada sekitar 657.000 ton kopi terjual di Korea Selatan, dengan konsumsi kopi per kapita sekitar 2,3 kg per orang. Wow!


Coffee Culture di Korea Selatan

Bagi banyak orang di Korea Selatan, kopi bukan hanya minuman biasa, tetapi punya peran besar dalam gaya hidup mereka. Minum kopi saat jam makan siang telah menjadi bagian dari rutinitas harian, dan pergi ke cafe bukan hanya untuk minum, tetapi juga digunakan sebagai momen istirahat sekaligus nongkrong bareng teman.

Coffee Culture di Korea Selatan ditandai dengan hadirnya beragamnya cafe dan menu kopi. Cafe menjadi tempat orang-orang Korea beraktivitas sehari-hari, mulai dari kerja sampai jadi tempat kencan.


Mengapa Coffee Culture begitu populer di Korea Selatan?

1 | To see or to be seen?

Orang Korea Selatan senang sekali mengikuti tren, dan salah satu tempat terbaik untuk melihat tren terbaru atau sesuatu yang trending adalah lewat café.

Di Korea Selatan, image atau penampilan punya peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Jadi banyak orang Korea rela berdandan rapi hanya untuk pergi café dan menikmati americano, yang konon menjadi kopi favorit sebagian besar warga Korea Selatan. Sambil menyeruput kopi, mereka diam-diam memerhatikan style orang lain. 


2 | Café is Second Office

Korea dikenal sebagai salah satu negara dengan koneksi internet tercepat di dunia. Karenanya, banyak orang Korea yang bekerja di café sambil nongkrong. Café juga dijadikan tempat untuk meeting dari hal yang sepele sampai serius. Café juga dianggap sebagai ‘penyelamat’ para pekerja yang WFH dan butuh tempat untuk ‘pencitraan’ jika mereka punya kantor yang bagus.


3 | Orang Korea Sangat Inovatif

Korea terkenal akan ide-ide yang inovatif. Mereka bisa memanfaatkan keterbatasan mereka menjadi kelebihan mereka, salah satunya kopi. Tanah Korea sendiri kurang bersahabat untuk budidaya biji kopi, namun mereka tidak menyerah. Mereka mengimpor banyak biji kopi dan memanggangnya di Korea. Mereka membuat produk-produk inovatif dan memanfaatkan K-Pop untuk memasarkannya. Itulah mengapa kopi Korea kini banyak dikenal di negara-negara lain.


Cold Americano: Favorit Orang Korea

Sumber: HerZindagi

Kamu mungkin pernah mendengar atau melihat di drama, kalau orang Korea sangat suka dengan kopi americano dingin. Sebelum mengetahui alasan orang Korea menyukai jenis kopi ini, penting untuk tahu sebutan mereka untuk kopi Americano dingin dalam budaya Korea, yaitu "Ah-Ah".

Jadi, kenapa "Ah-Ah" begitu populer di Korea Selatan?

Faktor Keren

Orang Korea suka Americano dingin karena dianggap keren banget. Bukan cuma soal rasa juga dalam suhu. Ini adalah minuman yang sempurna untuk mengatasi udara panas saat musim panas.


Selebriti Terkenal Minum

Bintang K-pop terkenal, termasuk BTS dan BlackPink, semua pernah terlihat minum Americano. Dan di K-drama populer, mulai dari Vincenzo hingga Start Up, selalu menampilkan adegan penting dimana karakter utama berhenti di café untuk memesan Americano, serta ‘momen’ penting lainnya, seperti saat liburan, jatuh cinta, atau saat kencan.


Butuh Asupan Kafein Lebih Banyak

Orang Korea dikenal pekerja keras dan minum Americano dingin bisa membuat mereka tetap bertenaga sepanjang hari.


Rendah Kalori

Tidak seperti kopi manis, Americano dingin rendah kalori, sehingga menjadi pilihan favorit orang Korea karena mereka menyukai gaya hidup sehat.


Mudah Dibuat

Siapa pun dapat membuat Americano dingin sendiri, tanpa perlu bantuan barista. Cukup tambahan kopi, air dan es batu saja.


Café Culture

Café-café di Korea sangat nyaman dan interiornya keren. Americano dingin sangat cocok untuk jadi teman nongkrong.


Manfaat Kesehatan

Sebagian besar orang Korea percaya kalau Americano dingin dapat membantu memperlancar pencernaan, dan mereka sangat memperhatikan kesehatan holistik.


Tren Kopi Dingin

Tren kopi dunia juga memengaruhi orang Korea. Americano dingin bukan hanya menjadi favorit pecinta kopi di Korea tapi juga internasional. Rasa Americano dingin yang segar menjadi daya tarik tersendiri untuk menjaga semangat tetap   tinggi dan tetap produktif.


Rekomendasi Kopi Americano Korea: JARDIN Signature Americano Sweet

Masih jaman minum kopi bubuk yang diaduk dulu? Waktunya kamu beralih ke JARDIN Coffee! Kopi instan dari Korea ini terbuat dari biji kopi berkualitas dan yang paling inovatif dari produk ini adalah semua serba praktis.

Kopi instan cair dalam kemasan pouch yang praktis tinggal tuang ke dalam gelas berisi es batu, bisa langsung kamu nikmati saat cuaca panas. Produk ini juga dilengkapi dengan sedotan, jadi kalau kamu mau menikmati es americano bisa didinginkan dulu di kulkas. Mudah dan praktis kan?


Dari rasa yang segar, tren K-pop, café yang nyaman hingga manfaat rendah kalori, kopi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari di orang Korea. Selain itu, minuman ini juga mencerminkan bagaimana orang Korea bersosialisasi. Kopi di Korea Selatan bukan sekadar minuman, melainkan juga identitas budaya yang unik. Mau coba kopi Korea lainnya? Visit ke www.tastysnack.id yuk!