ATURAN MAKAN UNIK DARI BERBAGAI NEGARA, WAJIB DICATAT!

ATURAN MAKAN UNIK DARI BERBAGAI NEGARA, WAJIB DICATAT!

Tahukah kamu bahwa aturan makan di setiap negara itu berbeda-beda. Misalnya saja, jika di Indonesia terbiasa makan menggunakan tangan langsung, maka kebiasaan makan seperti ini tidak bisa dilakukan ketika kamu berada di Chili. Atau bersuara saat makan dianggap tidak sopan, belum tentu di negara lain pun seperti itu.

Apa yang kita anggap biasa, belum tentu sama di negara lain dan sangat penting untuk mengetahui aturan makan ini saat kita berkunjung ke negara tersebut supaya acara liburan kita lebih aman dan menyenangkan pastinya. Penasaran gimana aturan makan dari negara-negara lainnya? Let’s check it out!


TIMUR TENGAH: HINDARI MAKAN PAKAI TANGAN KIRI

Kamu berencana berlibur ke negara Timur Tengah? Nah, pastikan kamu tidak makan dengan tangan kiri saat berada di sana ya. Masyarakat di Timur Tengah menganggap tangan kiri sebagai tangan untuk menjalankan fungsi lain, seperti mencuci, mandi, dan menggunakan toilet. Jadi, kalau kamu mengambil makanan atau makan dengan tangan kiri, bagi mereka itu tindakan yang tidak sopan dan tidak higienis.


THAILAND: DILARANG GUNAKAN GARPU

Thailand bisa dikatakan salah satu surga kuliner di Asia karena memiliki berbagai makanan enak. Kamu akan dimanjakan dengan berbagai pilihan makanan yang hampir ada di setiap sudut-sudut jalan. Tapi ada yang harus kamu ingat ketika berkunjung ke Thailand; mereka menganggap penggunaan garpu saat menyuap makanan itu tidak sopan. Mereka percaya bahwa garpu harus digunakan hanya untuk ‘membantu’ makanan masuk ke dalam sendok. Jadi meskipun kamu sedang makan mie, kamu tetap harus  menggunakan sendok untuk memasukkan makanan langsung ke dalam mulut.

 

JEPANG: MENYERUPUT TANDA KAMU SUKA MAKANANNYA

Seringkali, mengeluarkan suara saat makan dianggap tidak sopan. Tapi berbeda jika kamu sedang traveling ke Jepang. Menyeruput mie, sup atau makanan berkuah lainnya justru membuat mereka senang karena mereka merasa kamu sangat menyukai makanannya dan menyeruput makanan dipercaya bisa menambah kelezatan makanannya.


ITALIA: JANGAN MAKAN SEAFOOD BERSAMA KEJU

Orang Italia dikenal karena kecintaan mereka pada makanan dan Italia juga terkenal dengan produksi kejunya, seperti keju parmesan dan mozzarella. Namun, jangan pernah mencoba mencampur keju saat makan seafood ketika kamu sedang berada di Italia. Tidak ada alasan yang jelas dari sisi budaya kenapa mereka melarangnya, namun secara umum, tekstur seafood yang lembut dan rasa keju yang sangat kuat bisa mengalahkan rasa seafoodnya. Akhirnya kamu justru tidak bisa menikmati hidangan seafood yang kamu pesan. Itulah mengapa mereka menyebutnya sebagai ‘culinary disaster’. Dan saat makan pizza, jangan pernah meminta tambahan keju, kecuali kamu ditawari ya!


KOREA SELATAN: YANG TERTUA BERHAK MAKAN DULUAN

Kalau kamu sering nonton drama Korea, pasti sering melihat adegan makan bersama. Coba perhatikan, ada kebiasaan makan mereka yang selalu mendahulukan orang yang paling tua, terutama laki-laki. Ternyata benar, tradisi itu mengharuskan orang-orang yang lebih muda untuk menunggu orang yang lebih tua memulai makan. Tradisi ini merupakan simbol atau tanda hormat yang besar kepada orang yang lebih tua.


CINA: HARUS MENGIKUTI ATURAN MEMAKAI SUMPIT YANG BENAR

Apakah kamu suka makan pakai sumpit? Apakah kamu ingin menguji keterampilan memakai sumpit saat menikmati kuliner langsung di Cina? Berhati-hatilah! Jangan meletakkan atau memegang sumpit dengan posisi tegak lurus di dalam mangkuk karena orang Cina akan merasa tersinggung. Kenapa? Posisi sumpit seperti itu biasa dilakukan saat pemakaman ketika memberikan persembahan kepada orang yang meninggal. Meletakkan atau memegang sumpit yang menunjuk ke arah orang lain juga dianggap tidak sopan. Ini juga berlaku di Jepang.


INDIA: TIDAK SUKA MENYISAKAN MAKANAN

Di India, kalau kamu berhasil menghabiskan makanan sampai tidak ada yang tersisa di piring artinya kamu sangat menikmati makanan yang telah disajikan. Cara ini juga menunjukkan bahwa kamu menghormati tuan rumah dengan menyatakan tidak langsung bahwa makanannya enak. Tapi ingat, ini hanya berlaku ketika kamu jalan-jalan ke India. Karena jika kamu berkunjung ke Cina, tuan rumah justru akan merasa sedih dan tersinggung karena dianggap tidak mampu menyajikan makanan yang cukup untuk tamunya.


INGGRIS: TRADISI MINUM TEH

Inggris adalah salah satu negara peminum teh terbesar di dunia bersama Turki, Irlandia, dan Cina. Teh pertama kali dibawa ke Inggris pada awal abad ke-17 oleh East India Company dan disajikan kepada Raja Charles II. Orang Inggris sangat terkenal dengan tradisi minum teh dan kebiasaan-kebiasaan yang berkaitan dengan teh. Misalnya, saat mengaduk teh, kamu harus sangat berhati-hati untuk memastikan sendok tidak menyentuh sisi cangkir. Sendok juga tidak boleh ditinggalkan di cangkir setelah diaduk dan harus diletakkan di atas piring. 


CHILI: TIDAK BOLEH MAKAN PAKAI TANGAN

Jika di Indonesia kita sudah biasa makan menggunakan tangan langsung, berbeda dengan orang Chili. Di Chili, warganya makan hampir semua jenis makanan dengan garpu, sendok, dan pisau. Bahkan makanan yang biasanya lebih nikmat dimakan pakai tangan, seperti paha atau sayap ayam, mereka tetap menggunakan garpu dan pisau. Di sini, orang percaya bahwa makan dengan tangan itu tidak sopan dan Brazil pun merupakan salah satu negara Amerika Latin yang menerapkan aturan makan ini.


MESIR DAN PORTUGAL: DILARANG MINTA GARAM DAN MERICA

Di Indonesia mungkin kamu terbiasa meminta sedikit garam atau merica saat makan di luar, terutama saat sedang makan bakso atau soto. Namun saat kamu sedang jalan-jalan ke Mesir dan Portugal, meminta garam dan merica dianggap sebagai penghinaan bagi siapa pun yang memasak makanan tersebut. Tindakan tersebut mengartikan bahwa kita meragukan keterampilan memasak sang koki. So, hati-hati ya!


Aturan makan yang berbeda-beda di tiap negara mungkin tidak akan mengurangi kelezatan makanannya saat kita berkunjung kesana, namun ada budaya atau adat istiadat yang harus kita hormati sebagai pendatang. Nah, daripada bingung, takut serba salah, cus langsung order snack dari berbagai negara aja di Tasty Snack. Kamu gak perlu takut harus menikmatinya bagaimana karena gak ada aturan makannya harus gimana.

Kamu bisa nikmati mie ramen Jepang, coklat KitKat Jepang, ngemil pretzel ala orang Inggris, atau menyeduh teh asli Korea, tanpa harus ke negaranya. Semuanya kamu bisa pesan di www.tastysnack.id. Enjoy your snacking!