SNACK RUMPUT LAUT, CEMILAN ENAK YANG PUNYA BANYAK MANFAAT – Tasty Snack Indonesia

SNACK RUMPUT LAUT, CEMILAN ENAK YANG PUNYA BANYAK MANFAAT

Untuk kamu yang hobi bermain air di pantai atau laut, pasti sering sekali menemukan rumput laut yang mengambang atau tersapu ombak. Sekilas bentuknya memang tidak menarik, jadi banyak orang yang ‘ogah’ untuk menyentuhnya. Padahal tanaman laut ini sama sekali tidak berbahaya dan punya banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Kaya akan nutrisi, rumput laut mengandung banyak mineral dan senyawa yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan meremajakan kulit lho. Jadi jangan heran kalau sekarang banyak produk skincare dan makanan yang dibuat dari rumput laut karena khasiatnya yang sudah banyak diuji dan terbukti berhasil.

Berikut beberapa fakta unik tentang rumput laut yang perlu kamu tahu.

 

Zaman Dahulu, Orang Yunani Menggunakannya Sebagai Obat

Jauh sebelum dijadikan sebagai bahan baku skincare, zaman dahulu orang Yunani Kuno mencampurkan rumput laut dalam pemandian air panas karena mereka percaya rumput laut bisa mengeluarkan racun dari tubuh dan meremajakan kulit mereka. Cara ini dikenal dengan sebutan Thalassotherapy (Thalasso adalah bahasa Yunani artinya 'laut') dan orang Yunani percaya rumput laut bisa menyembuhkan penyakit.


Salah Satu Penyuplai Oksigen Terbesar di Bumi

Kalau sebelumnya kita berpikir bahwa sumber oksigen terbesar di bumi adalah hutan hujan, ternyata kita salah. Hutan hujan hanya menyuplai 28% oksigen total di bumi, sementara sekitar 70% oksigen di bumi justru berasal dari spesies laut, seperti fitoplankton, rumput laut dan plankton alga. Inilah kenapa penting untuk melindungi laut kita agar tetap bersih dan terjaga kelestariannya.


Bisa Membuat Kulit Awet Muda

Pernah nonton Little Mermaid? Kulit Ariel yang bercahaya saat terkena sinar matahari ini konon katanya karena putri duyung punya kulit yang indah yang didapat dari rumput laut. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut membantu menjaga kulitnya tampak kenyal dan bercahaya. Rumput laut juga punya sifat anti-inflamasi yang bisa melawan jerawat dan meringankan gejala rosacea, ruam merah yang muncul pada wajah seperti jerawat. Kandungan antioksidannya yang melimpah juga dipercaya punya efek anti-penuaan, jadi skincare yang terbuat dari rumput laut biasanya mengusung tagline ‘anti-aging’ atau awet muda.


Rumput Laut Bukan Tumbuhan

Warnanya yang hijau seperti daun bukan berarti rumput laut bisa disebut sebagai tumbuhan, karena sebenarnya mereka tidak memiliki daun, batang, atau akar untuk mengangkut air atau nutrisi. Rumput laut menggunakan sel-sel yang dimilikinya untuk mengambil yang dibutuhkan langsung dari air laut di sekitarnya. Satu-satunya persamaan antara rumput laut dengan tumbuhan lainnya hanya ketergantungan pada sinar matahari untuk berfotosintesis.

Jadi bisa dibilang, ketika kita menyebut rumput laut maka itu mengacu pada banyak spesies tanaman dan ganggang yang ada di laut. Dan bentuk dan ukurannya pun beragam, mulai dari ukuran mikro mikroskopis yang biasa kita temukan di pinggir pantai dan yang lebih besar ukurannya bisa menutupi batu atau karang besar lho.


Indonesia Salah Satu Penghasil Rumput Laut Terbesar di Dunia

Meskipun rumput laut identik dengan makanan Jepang, nyatanya Indonesia justru merupakan penghasil rumput laut terbesar kedua setelah Cina. Tak heran jika Indonesia menjadi salah satu produsen rumput laut terbesar di dunia karena terdiri dari belasan ribu kepulauan, pada tahun 2015 saja berhasil menghasilkan 11,2 juta ton per tahun dan berkontribusi sebesar 38% dari total suplai rumput laut di dunia.

 

 

REKOMENDASI SNACK RUMPUT LAUT

Cari cemilan enak dan ingin merasakan manfaat rumput laut? Tim Tasty Snack sudah kumpulkan daftar rekomendasi snack rumput laut khusus untuk Snackmate. Let’s check it out!



BOOGA CHIPS

Sumber: GobizKorea.com

Booga Chips adalah snack rumput laut asal Korea yang terbuat dari 100% rumput laut Korea dan menggunakan bahan-bahan alami seperti beras ketan dan wijen. Booga Chips memiliki tiga varian rasa: Green Wasabi, Sweet Corn dan Classic Sesame. Rasa asin dan gurih alami dari rumput laut disajikan dengan tiga varian rasa yang unik, kamu wajib cobain semua variannya!


GOLDEN DUCK CHILI CRAB SEAWEED TEMPURA

Sumber: Shopee Singapore

Siapa yang tak kenal snack Singapura ini? Setiap berkunjung ke Singapura, snack Golden Duck adalah salah satu oleh-oleh makanan yang paling dicari. Terkenal dengan snack rasa chili crab-nya, Golden Duck pun juga memiliki snack rumput laut yang terkenal kelezatannya. Rumput laut dipanggang, lalu dilapisi dengan adonan tempura handmade, digoreng dan kemudian ditaburi dengan daging kepiting ASLI. Teksturnya renyah, ada sedikit rasa asin, gurihnya rumput laut, manis dan pedas khas chili crab yang berpadu sempurna dalam sebungkus snack Golden Duck Chili Crab Seaweed Tempura. Bahkan cemilan enak ini juga bisa mengenyangkan dan bisa mengobati kerinduanmu untuk traveling ke Singapura.


Kamu bisa menemukan banyak snack rumput laut atau snack rasa rumput laut jika kamu penasaran betapa lezatnya cemilan ini di www.tastysnack.id. Cara ordernya gampang kok! Kamu bisa lihat cara ordernya disini dan kalau kamu masih bingung, bisa email ke askus@tastysnack.id. Happy shopping!