Back to Work! Berikut 10 Cara Meningkatkan Produktivitas Setelah Libur – Tasty Snack Indonesia

Back to Work! Berikut 10 Cara Meningkatkan Produktivitas Setelah Liburan

Apakah kamu salah satu orang yang mengambil cuti panjang selama lebaran? Kembali bekerja pasti akan terasa lebih berat setelah libur panjang, jadi Tasty Snack sudah menyiapkan 10 tips cara meningkatkan produktivitas setelah berlibur supaya kamu lebih siap menyambut hari kerja yang baru. Let’s check it out!


1 | Cek Kalender

Periksa kembali kalender kerja pada malam sebelum kamu kembali bekerja, sehingga kamu bisa menjalani hari esok lebih terorganisir dengan membuat planning. Dengan mengecek kalender, kamu bisa mempersiapkan diri jikalau ada meeting atau acara penting lainnya.


2 | Lakukan Satu per Satu

Jangan memaksakan diri untuk melakukan semuanya sekaligus. Hanya karena kamu mengambil cuti panjang bukan berarti semua tugas harus dikerjakan terburu-buru dan menargetkan semuanya selesai dalam satu hari. Sebaiknya kamu lebih fokus dan mengerjakan satu per satu tugasnya, baru kemudian pindah ke tugas yang lain.


3 | Membersihkan Ruang Kerja

Setelah tiba di kantor dan beristirahat sebentar, segera bersihkan meja kerja kamu. Membersihkan ruang kerja bisa membantumu untuk fokus dan berpikir jernih sebelum mulai menyalakan laptop atau komputer untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.


4 | Periksa Pesan Suara

Sambil menunggu komputer menyala, periksa pesan suara kamu. Dengan mengeceknya sebelum mulai bekerja, kamu bisa membuat strategi mana tugas yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak.


5 | Mengecek Semua Email yang Masuk

Sudah jadi hal yang umum terjadi jika selepas liburan inbox email akan dipenuhi oleh email-email yang belum sempat terbaca, bahkan ada yang sampai ratusan email lho! Jika dibiarkan akan banyak pekerjaan yang ter-pending atau parahnya lagi ke-skip. Jadi untuk mencegah hal buruk terjadi, periksa email yang masuk selama liburan di pagi hari. Mulailah dengan email yang paling lama masuk dan respon terlebih dulu. Tipsnya sederhana, kamu cukup pakai earphone untuk fokus dan datang lebih pagi ya!


6 | Buat To-Do List

Setelah membaca semua email yang masuk, tentu planning yang kamu buat malam sebelumnya harus di-update. Kamu bisa membuat to-do list sesuai urutan kepentingannya dan mengerjakan tugas-tugas di daftar bagian atas terlebih dahulu.


7 | Makan Siang

Terlihat sederhana tapi sering diremehkan saat kerjaan menumpuk adalah makan siang.  Setelah libur panjang dan mengejar deadline, banyak pekerja yang sengaja tidak meluangkan waktu untuk makan siang karena merasa tidak punya banyak waktu.

Padahal dalam sebuah jurnal yang di-publish dalam National Library of Medicine dikatakan kalau makanan yang kita makan dapat mempengaruhi komposisi zat-zat kimia yang ada di otak, sehingga sangat berpengaruh pada suasana hati kita. Jadi kalau kamu tidak makan, kamu akan lebih cepat lelah, mudah tersinggung, stres, dan akhirnya jadi kurang produktif.

Kalau tidak bisa makan berat, kamu bisa stok makanan ringan yang mengenyangkan seperti granola; buah-buahan, seperti pisang dan alpukat; dan cemilan sehat lainnya yang bisa kamu order disini.


8 | Matikan Ponsel

Dalam sebuah studi yang dilakukan OpenMarket, 83% generasi milenial membuka pesan teks dalam waktu 90 detik setelah menerimanya. Artinya ponsel bisa menjadi gangguan terbesar dan menghambat produktivitas kamu di tempat kerja.

Jadi kalau kamu tidak benar-benar membutuhkan ponsel untuk bekerja, matikan saja! Atau jika tidak memungkinkan untuk mematikan ponsel, simpan di tempat yang jauh dari jangkauan kamu agar tidak terganggu oleh notifikasi WhatsApp, email dan media sosial.


9 | Bekerja Sesuai Jam Kerja

Cuti panjang bukan berarti kamu harus tetap bekerja sampai jam 10 malam selama seminggu penuh untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang tertunda. Belajarlah untuk bekerja sesuai dengan jam kerja dan ikuti jadwal atau rencana kerja yang sudah kamu buat. Jangan sampai lengah dan jangan menunda pekerjaan!


10 | Jangan Takut Minta Bantuan

Pernah mendengar pepatah ‘teamwork makes the dream work'? Jika ada pekerjaan yang penting dan harus diselesaikan saat kamu cuti, jangan takut untuk meminta bantuan, begitu pun sebaliknya kamu juga harus bersedia membantu rekan kerja yang sedang cuti jika ada tugas yang urgent.

Memiliki rekan kerja yang saling mendukung akan membuat segalanya menjadi lebih mudah, bukan hanya saat liburan tetapi juga saat kembali bekerja setelah berlibur. Jika memungkinkan selesaikan pekerjaan kamu sebelum pergi, supaya bisa bersantai saat kembali nanti.

 


Libur lebaran adalah momen yang paling dinanti. Jangan sampai momen spesial yang hanya datang setahun sekali ini justru jadi boomerang saat kembali bekerja. Good luck & jangan lupa beli cemilan kantor di Tasty Snack ya!