10 Minuman Penghilang Ngantuk Ini Bisa Bikin Kamu Melek! – Tasty Snack Indonesia

Gak Cuma Kopi, 10 Makanan dan Minuman Penghilang Ngantuk Ini Bisa Bikin Mata Kamu Melek!

Memulai beraktivitas di pagi hari tak akan lengkap tanpa secangkir kopi agar kamu tetap fokus dan semangat bekerja. Umumnya kopi juga diminum ketika kamu sedang mengendarai kendaraan dalam waktu lama. Padahal, ada makanan dan minuman penghilang ngantuk selain kopi yang patut kamu cobain, lho! 

Ada apa saja ya? Simak rekomendasi makanan dan minuman penghilang rasa ngantuk Tasty Snack berikut ini! 

1. Dark Chocolate 

Sudah jadi rahasia umum kalau dark chocolate adalah salah satu sumber antioksidan terbaik dan bagus dalam memperlancar sirkulasi darah. Aliran darah yang lancar membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati kita secara keseluruhan.

Di samping itu, dark chocolate juga mengandung sedikit kafein, jauh lebih rendah daripada jumlah kafein yang ada di kopi. Mengonsumsi sedikit kafein dapat meningkatkan energi kita lebih stabil, dan mencegah kita merasa gelisah. Cari snack dark chocolate yang rendah gula? Ladang Lima - Blackthins adalah cemilan anti ngantuk yang pas buat kamu! Tidak mengandung telur dan terbuat dari campuran tepung singkong, dark chocolate, kacang almond panggang, gula aren dan minyak kelapa, rasa manisnya alami dan bebas pengawet.

 2. Air Kelapa

Air kelapa terkenal dengan banyak manfaatnya, salah satunya menetralkan racun. Tapi siapa sangka ternyata meminum air kelapa juga bisa mengusir ngantuk? Untuk mendapatkan rasa terbaik, air kelapa paling enak dinikmati saat dingin. Rasanya agak manis dan segar, yang membuat kita tetap terjaga. 

Air kelapa mengandung kalium, natrium, dan mangan, yang membuat kita tetap produktif sepanjang hari karena bisa membantu melawan rasa lelah. Paling pas air kelapa diminum di pagi hari sebelum sarapan untuk meningkatkan metabolisme.

3. Green Tea 

Rupanya, teh hijau atau green tea mengandung kafein yang bisa menjadi minuman penghilang ngantuk saat bekerja. Green tea atau teh hijau adalah minuman pengganti kopi terbaik, karena mengandung lebih sedikit kafein dan kalori namun tetap bisa membuat kita tetap terjaga dan aktif. 

Green tea juga dianggap sebagai minuman super karena memiliki sifat pembakar lemak dan meningkatkan fungsi otak, yang bisa mempengaruhi suasana hati dan produktivitas.

4. Apel

Apel tidak mengandung kafein tetapi mengandung sekitar 13 gram gula alami. Gula ini memicu respon serupa terhadap kafein karena vitamin dari apel dilepaskan secara perlahan ke seluruh tubuh, membuat kita merasa lebih terjaga. Tidak seperti kafein, tidak ada efek samping, perubahan suasana hati, kecemasan, rasa gugup dan efek lainnya saat mengonsumsi apel.

Mau dapat manfaat apel tapi gak mau ribet? Ada minuman yang terbuat dari buah apel asli dari Korea: Haitai - Crushed Apple Juice. Jus apel yang dikemas dalam kaleng mini, praktis dan ukurannya pas untuk dinikmati pagi hari. Rasa manis dan asam yang segar sempurna untuk memulai hari.

5. Snack Kacang 

Almond adalah salah satu snack kacang paling sempurna untuk melawan rasa lelah karena mengandung magnesium. Magnesium membantu pembuluh darah arteri kita rileks dan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. 

Umumnya kelelahan disebabkan dengan sirkulasi yang buruk, sehingga tambahan magnesium yang masuk ke tubuh lewat kacang almond dapat membuat kita lebih bertenaga. Selain itu, kacang almond sangat tinggi protein yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari.

6. Lemon Water 

Jika kamu ingin tetap fokus selama jam kerja, pilihan paling mudah dan sederhana adalah lemon water atau air lemon. Dengan minum air lemon, kulit kita jadi lebih sehat dan bebas ngantuk meskipun tak konsumsi kafein. Pektin yang terkandung di dalam lemon bisa membuat kita merasa kenyang, jadi kita tidak perlu ngemil terlalu banyak. 

Lemon juga kaya akan vitamin C, yang bisa meningkatkan energi kita sepanjang hari. Kalium dalam lemon meningkatkan fungsi otak dan juga meningkatkan konsentrasi. Lemon water juga bisa mengatasi sembelit jika diminum dalam kondisi hangat.

Karena salah satu penyebab mengantuk adalah kurangnya asupan cairan.  Kamu wajib coba Sunkist - Blue Hawaii, minuman segar yang terbuat dari rasa lemon, jeruk dan nanas yang bisa mengusir rasa haus dalam sekejap. Kantuk hilang, kamu pun bisa fokus beraktivitas.

7. Buah Berry 

Buah berry, seperti blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah cemilan yang sempurna untuk membantu kita tetap bertenaga sepanjang hari. Belum lagi, rasa manis alaminya bisa mencegah kita untuk konsumsi cemilan manis lainnya. 

Mengandung antioksidan, karbohidrat sebagai sumber energi, folat, kalium, magnesium, dan serat, semua nutrisi ini membantu tubuh dan pikiran kita terbebas dari stres. Karena sebenarnya kecemasan dan stres dapat menyebabkan kelelahan, jadi dengan ngemil buah berry dapat membantu membebaskan pikiran kita dari hal-hal negatif.

8. Makanan Pedas 

Mau tahu cara cepat menghilangkan rasa kantuk? Makan makanan pedas jawabannya. Senyawa capsaicin yang ditemukan makanan pedas, dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga tidak mungkin kamu tertidur. Meskipun kamu pecinta makanan pedas, hati-hati makan berlebihan karena bisa menyebabkan mulas di pagi hari.

Tasty Snack punya koleksi makanan pedas, nih! Bagi kamu yang ingin mencoba ramen dengan rasa anti-mainstream, Doori Doori - Hot Spicy Ramen Rice dan Goodpoki - Topokki Hot Cup tepat untukmu! Kedua makanan instan asal Korea Selatan ini mempunyai rasa pedas yang bisa membuatmu langsung terjaga.

9. Tiramisu

tiramisuMakanan penghilang ngantuk berikutnya adalah tiramisu. Tahukah kamu jika tiramisu mengandung sedikit kafein? Inilah yang membuatmu bisa terjaga lebih lama setelah mengonsumsinya. Kalau kamu lebih suka kue dibandingkan minuman, maka tiramisu ini bisa kamu cobain.

10. Milk Tea

teh susu

Milk tea bisa menjadi minuman penghilang ngantuk saat berkendara yang dapat kamu andalkan. Cita rasa milk tea yang unik dengan campuran susu dan teh ini bisa menemani kamu beraktivitas. Kamu tidak perlu capek-capek membuat milk tea sendiri, Tasty Snack merekomendasikan Tominaga - Cafe Drip Milk Tea. Kandungan 100% black tea dan susu yang lembut dijamin membuatmu fokus. 

Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi jika terpaksa harus begadang atau membutuhkan fokus tinggi. Ada banyak minuman penghilang ngantuk selain kopi yang bisa kamu coba.  Kamu bisa temukan berbagai macam snack lain untuk menemani beraktifitas di Tasty Snack. Ada cemilan manis sampai pedas dengan cita rasa unik, lho!