7 Dekorasi Ramadhan Simple untuk Kantor Makin Meriah – Tasty Snack Indonesia

7 Dekorasi Ramadhan Simple untuk Kantor Makin Meriah

Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah, diisi dengan puasa, dan perayaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Momen yang hanya bisa dinikmati setahun sekali ini dimanfaatkan banyak orang untuk mendekorasi rumah, sekolah, pusat perbelanjaan, jalan-jalan, bahkan kantor mereka dengan dekorasi Ramadhan.

Untuk membuat suasana kerja semakin semarak di bulan puasa ini, berikut 7 ide dekorasi Ramadhan simple untuk menghias kantor kamu. Penasaran apa saja? Let’s check it out!


1 | Fanoos

Fanous atau Fanoos, juga dikenal sebagai Fanous Ramadan, adalah lentera tradisional yang berasal dari Mesir dan biasanya digunakan untuk menghiasi jalan dan rumah di bulan Ramadhan. Meskipun asalnya dari Mesir, dekorasi khas Ramadhan ini sudah banyak digunakan oleh umat Muslim di negara lainnya dan merupakan simbol bulan suci Ramadhan.

Tidak hanya di jalan-jalan dan rumah, lentera tradisional Mesir ini bisa kamu gunakan juga di kantor. Jika kesulitan mencari yang sama persis, kamu bisa menggunakan lampu hias seperti lampu dinding, lampu plafon, lampu hias LED, lampu string, floor lamp, dan lampu outdoor dengan warna hijau atau kuning.


2 | Lilin Aromaterapi

Selain karena cahayanya yang membuat suasana menjadi lebih meriah, lilin juga bisa membantu memperbaiki suasana hati seseorang. Baik itu aroma lavender segar atau aroma bunga mawar dan peony yang manis, lilin aromaterapi adalah cara sederhana untuk membuat kantor kamu jadi terasa hangat dan menambah kesan ‘spiritual’ selama Ramadan.

Kamu bisa meletakkan beberapa lilin aromaterapi di area kantor, seperti di meja kerja, pantry kantor, resepsionis dan area berkumpul para karyawan. Aroma yang menenangkan bisa sangat membantu para karyawan muslim yang berpuasa. Jadi gak gampang stres juga lho!


3 | Balon Foil

Sumber: Blibli

Salah satu dekorasi Ramadhan paling simple dan praktis adalah balon. Ada banyak pilihan balon bertema Ramadhan yang dijual di online marketplace, misalnya saja balon dengan gambar ketupat, balon angka atau balon huruf berbahan foil dengan banyak pilihan warna.

Kamu bisa menggantung atau menempel balon di dinding, plafon, pintu, pantry kantor dan tempat-tempat lain yang bisa dijangkau oleh seluruh karyawan. Contoh paling sederhananya adalah dengan menempelkan balon foil huruf dengan menyusun kata ‘Ramadhan Kareem’ di dinding pantry atau ruang kumpul. Mau coba?


4 | Karpet

Selain fanoos, dekorasi Ramadhan yang diambil dari Timur Tengah lainnya adalah permadani atau karpet. Sebagai salah satu kerajinan asal Timur Tengah dengan motif-motif khas yang membuat karyawan serasa sedang berjalan-jalan ke Arab.

Jika tidak memungkinkan untuk menambah karpet di seluruh area kantor, kamu bisa menggunakannya di area kumpul bersama. Dan jika dirasa biaya karpet cukup menguras dana, kamu bisa membeli taplak meja atau hiasan dinding bermotif Timur Tengah.


5 | Karangan Bunga

Selama bulan suci Ramadhan, karangan bunga yang indah banyak digunakan untuk menghiasi rumah-rumah mereka yang berpuasa. Tak ada salahnya jika meletakkan karangan bunga di meja resepsionis dan meja pantry kantor kamu. Karena beberapa studi menunjukkan bahwa meletakkan bunga atau tanaman di tempat kerja punya banyak manfaat positif, diantaranya meningkatkan mood, kreativitas, produktivitas dan bisa mencegah burnout lho.


6 | Dekorasi Pantry Kantor

Area pertama yang paling dicari karyawan saat berbuka puasa adalah pantry kantor. Alasannya sangat jelas, karena pantry kantor adalah sumber makanan. Itulah kenapa pantry kantor akan menjadi pusat perhatian di jam-jam menjelang berbuka puasa.

Selain menyiapkan makanan yang bervariasi, menghias pantry kantor juga sangat penting. Bisa dimulai dengan memilih taplak meja, peralatan makan dan lilin aromaterapi. Peralatan makan porselen adalah pilihan yang tepat untuk memberikan tampilan yang indah pada pantry. Pilihlah yang berwarna emas atau desain ukiran khas Arab.


7 | Snack Bernuansa Ramadhan

Berbuka puasa menjadi waktu yang paling dinanti-nanti para karyawan. Agar mereka tak kecewa, sebaiknya sediakan makanan khas bulan puasa, seperti kurma, kolak, es timun suri, kacang-kacangan dan buah-buahan kering agar lebih menarik.

Lebih seru lagi kalau snack-snack yang ada di pantry adalah makanan Timur Tengah yang populer, seperti kebab, nasi biryani atau martabak. Jika kesulitan mencari makanan ringan Arab, kamu bisa juga menyajikan snack lokal dengan dekorasi Timur Tengah, seperti menggunakan toples dengan ukiran khas mereka atau wadah lainnya yang identik dengan Ramadhan.

 

 

Nah, untuk kamu yang kesulitan dalam mendekorasi pantry kantor karena tak punya banyak waktu dan tak punya ide, kamu bisa berkonsultasi dengan kami. Mulai dari konsep, pemilihan snack, sampai dekorasi, kami siap membantu. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami via email ke askus@tastysnack.id .