Manfaat Makan Coklat yang Jarang Orang Ketahui – Tasty Snack Indonesia

Manfaat Makan Coklat yang Jarang Orang Ketahui

Cokelat merupakan salah satu makanan yang menggiurkan dan selalu menggoda selera. Aroma dan rasanya yang ikonik membuat hampir semua orang menyukai cokelat.

Namun demikian, coklat sering diidentikkan dengan makanan tinggi gula dan dianggap kurang baik untuk kesehatan. Anggapan ini jelas kurang tepat. Jika dikonsumsi dengan benar, terdapat manfaat makan cokelat bagi kesehatan tubuhmu.

Wah, apa saja ya manfaat cokelat? Pelajari melalui ulasan di bawah ini bareng Tasty Snack, yuk!

 

Manfaat Makan Cokelat untuk Kesehatan

Cokelat terbuat dari biji buah pohon kakao. Dulunya, pohon kakao hanya tumbuh di Amerika Selatan dan Tengah. Sekarang cokelat sudah tersebar ke seluruh dunia dan dinikmati banyak orang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat cokelat yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Dilansir dari salah satu jurnal, flavanol yang tinggi pada cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal tersebut membuat kinerja otak semakin meningkat.

Dengan demikian, daya ingat dan konsentrasi dari seseorang yang sering mengonsumsi cokelat akan meningkat.

 

2. Mampu Menurunkan Lemak Jahat

Kandungan flavanol dalam cokelat rupanya tak hanya mampu meningkatkan kinerja otak, tetapi juga bisa membantu menurunkan lemak jahat (low density lipoprotein).

Flavanol pun mampu mengurangi resistensi insulin yang menjadi faktor penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

 

3. Melancarkan Aliran Darah

Tahukah kamu jika cokelat mampu melancarkan aliran darah?

Semua berkat kandungan antioksidan kuat yang dapat memperlancar aliran darah dan melindungi lipoprotein dari kerusakan oksidatif.

 

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi cokelat dalam jumlah yang cukup terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada seseorang.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi cokelat sebanyak 45 gram per minggu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 11%.

 

5. Sebagai Mood Booster

Cokelat merupakan makanan mood booster yang bisa menghalau rasa galau dari hidupmu, lho! Rasa cokelat yang khas dan enak memang cenderung disukai banyak orang.

Sebuah studi pun menunjukkan bahwa konsumsi dark chocolate mampu mengurangi risiko depresi klinis.

 

6. Meredakan Inflamasi

Cokelat kaya akan kandungan antioksidan yang memiliki efek anti inflamasi. Adanya antioksidan ini akan melawan peradangan dan radikal bebas. Sehingga tubuhmu terhindari dari penyakit.

Sementara itu, flavanol akan membantu mengurangi peradangan dan menjaga sel-sel yang melapisi arteri tetap sehat.

 

7. Bisa Menggantikan Kafein Pada Kopi

Apabila kamu tidak begitu suka kopi namun membutuhkan asupan kafein untuk membuatmu “bertenaga”, maka cokelat adalah solusinya. Dark chocolate mengandung stimulan seperti kafein dan teobromin dalam jumlah kecil.

Walau berada dalam jumlah kecil, takaran ini bisa membuatmu merasa lebih berenergi dan semangat menjalani aktivitas layaknya ketika kamu habis minum kopi.

 

Bagaimana Cara Menikmati Cokelat dengan Aman? 

makan cokelat

Ada berbagai macam cokelat yang tersedia di luar sana. Namun, apakah semua cokelat tergolong aman dan bisa kamu konsumsi? Faktanya, terdapat olahan cokelat yang mengandung gula tinggi.

Kamu tidak boleh mengonsumsi cokelat jenis ini terlalu sering, ya! Asupan gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan diabetes dan masalah pada gigimu.

Kamu dapat memilih dark chocolate yang mengandung sedikit gula dibandingkan cokelat jenis lain. Sayangnya, banyak orang yang kurang suka mengkonsumsi dark chocolate dibandingkan cokelat biasa.

Dark chocolate memang memiliki rasa yang sedikit pahit dibandingkan cokelat manis dengan campuran gula atau susu. Kamu tidak perlu langsung mencoba dark chocolate dengan tingkat konsentrasi paling tinggi.

Cobalah dari level 50% dark chocolate, lalu naik ke 65%. Jika sudah terbiasa, cobalah dark chocolate dengan persentase 70%.

Mengutip dari Cleveland Clinic, porsi dark chocolate yang disarankan adalah 30 hingga 60 gram.

Demikianlah ulasan tentang apa manfaat makan cokelat untuk kesehatan sampai bagaimana memilih cokelat yang baik untukmu. Selama dikonsumsi dengan benar, kamu tidak perlu khawatir akan dampak buruk yang sering dilekatkan pada cokelat.

Konsumsilah cokelat secukupnya dan jaga pola hidup supaya tubuh tetap sehat. Untuk cari makanan manis selain cokelat, yuk cek koleksi snack manis dari Tasty Snack!